Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Keunggulan Absolut (Absolut Advantages) Teori keunggulan absolut dibangun oleh Adam Smith sebagai perbaikan atas teori merkantilisme. Smith yakin bahwa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Keunggulan Absolut (Absolut Advantages) Teori keunggulan absolut dibangun oleh Adam Smith sebagai perbaikan atas teori merkantilisme. Smith yakin bahwa."— Transcript presentasi:

1 Keunggulan Absolut (Absolut Advantages) Teori keunggulan absolut dibangun oleh Adam Smith sebagai perbaikan atas teori merkantilisme. Smith yakin bahwa perdagangan akan meningkatkan kemakmuran bila dilaksanakan melalui mekanisme perdagangan bebas. Melalui perdagangan bebas para pelaku ekonomi diarahkan untuk melakukan spesialisasi dalam peningkatan efisiensi. Menurut Smith spesialisasi sebaiknya dilakukan berdasarkan keunggulan absolut, yaitu keunggulan yang dilihat dari kemampuan produksi dengan biaya lebih rendah. Perhatikan ilustrasi berikut:

2 Tabel produksi per unit s. motor dan beras diukur dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan memproduksi 1 unit output di Indonesia dan Jepang NegaraMotor (M)Beras (B)Rasio Tukar Domestik Indonesia Jepang M : 4 B 1 M : ½ B Dari tabel di atas nampak bahwa Indonesia unggul (lebih efisien) dalam memproduksi beras sedangkan Jepang unggul dalam memproduksi Motor. Misalkan Indonesia dan Jepang mempunyai tenaga kerja maSing- masing sebanyak 1200 orang dan setengahnya untuk memproduksi masing masing barang maka hasilnya LIHAT TABEL DIBUKU

3


Download ppt "Keunggulan Absolut (Absolut Advantages) Teori keunggulan absolut dibangun oleh Adam Smith sebagai perbaikan atas teori merkantilisme. Smith yakin bahwa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google