Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG"— Transcript presentasi:

1 LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG

2 BANGUN RUANG Bangun Ruang Sisi Datar Bangun Ruang Sisi Lengkung Kubus Balok Prisma Limas Tabung Kerucut Bola

3 KUBUS A H E F D C B G VOLUM = a 3 LUAS PERMUKAAN = 6 a 2 Adalah benda ruang yang dibatasi oleh enam bidang datar yang masing-masing berbentuk persegi yang sama dan sebangun atau kongruen.

4 BALOK A H E F D C B G VOLUM = p x l x t LUAS PERMUKAAN = 2 (p x l + p x t + l x t) Adalah benda ruang yang dibatasi oleh enam bidang datar yang masing-masing berbentuk persegi panjang.

5 PRISMA adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang yang sejajar (bidang alas dan bidang atas) dan oleh bidang-bidang lain (bidang- bidang sisi) yang saling berpotongan menurut rusuk-rusuk yang sejajar. Prisma segi-n miring VOLUM PRISMA = luas alas x tinggi prisma LUAS PERMUKAAN PRISMA = (n x luas sisi tegak) + (2 x luas alas)

6 Prisma segi-n tegak Prisma segi-n beraturan

7 LIMAS Adalah bangun ruang yang dibatasi oleh sebuah bidang alas yang berbentuk segi-n dan oleh bidang-bidang sisi yang berbentuk segitiga. Limas Sebarang

8 Limas Beraturan Bidang empat (Tetrahedron)

9 VOLUM LIMAS A B C D H E F G Kubus ABCD.EFGH tersusun dari 6 buah limas yang masing-masing volumnya sama. Yaitu limas-limas O.ABCD, O.EFGH, O.ABFE, O.CDHG, O.BCGF, dan O.ADHE.. O S S t

10 LUAS PERMUKAAN LIMAS Limas yang terbentuk dari sebuah kubus terdiri dari alas berbentuk persegi, dan 4 buah segitiga sama luas Luas limas : = L. alas + 4. L. segitiga = (s x s) + (4.½ at) = S 2 + 2at

11 TABUNG adalah bangun ruang yang dibatasi oleh bidang alas dan bidang atas yang masing-masing berbentuk lingkaran dengan jari-jari yang sama dan oleh sebuah bidang lengkung. r t Sebuah tabung mempunyai alas berbentuk lingkaran. Volum tabung: V = L. alas x tinggi =  r 2 x t Jadi, V =  r 2 t Luas Permukaan: L = 2 x L. alas + L. selimut = 2  r  rt = 2  r ( r + t )

12 KERUCUT adalah bangun ruang yang dibatasi oleh bidang alas berbentuk lingkaran dan sebuah bidang lengkung atau selimut berbentuk juring.

13 BOLA

14 SELAMAT BELAJAR


Download ppt "LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google