Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Soal Latihan No. 1 Bila tekanan pada tangki tertutup adalah 140 kPa di atas tekanan atmosfir dan head loss akibat kehilangan energi yang terjadi pada saat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Soal Latihan No. 1 Bila tekanan pada tangki tertutup adalah 140 kPa di atas tekanan atmosfir dan head loss akibat kehilangan energi yang terjadi pada saat."— Transcript presentasi:

1 Soal Latihan No. 1 Bila tekanan pada tangki tertutup adalah 140 kPa di atas tekanan atmosfir dan head loss akibat kehilangan energi yang terjadi pada saat melewati nozzle (sudden contraction) diperkirakan sebesar h L = 2 m a). Tentukan debit air yang keluar. [0.033 m 3 /s] b). Head loss dapat dinyatakan dengan koefisien tahanan K kali velocity head Tentukan koefisien tahanan untuk sudden contraction [0,14] Jawab : a).

2 b).

3 Soal Latihan No. 2 Perangkat peralatan pada gambar di bawah ini digunakan untuk menentukan koefisien tahanan dari suatu katup. Bila kecepatan aliran minyak adalah 1,2 m/s tentukan koefisien tahanan dari katup yang sedang diukur. [83] Jawab : h1h1 h2h2 x

4 h1h1 h2h2 x

5 Soal Latihan No. 3 Pompa menerima minyak (sg = 0,85) pada tekanan -20 kPa dan mengeluarkannya dengan debit sebesar 75 liter/menit sehingga tekanan di titik B adalah 275 kPa. Bila head loss yang terjadi adalah 2,5 kali velocity head tentukan daya yang diberikan oleh pompa kepada minyak. [390,4 W] Jawab :

6

7 Menghitung velocity head : Menghitung pressure head : Menghitung head loss :

8 Menghitung daya pompa :

9 Soal Latihan No. 4 Tentukan daya output yang dihasilkan oleh motor fluida dengan efisiensi sebesar 75 % bila debitnya sebesar 0,25 m 3 /s. Head loss yang terjadi diperkirakan sebesar 1, 4 m. [12,595 kW Jawab :

10 Menentukan luas penampang pipa : Menghitung velocity head : Menghitung daya output :


Download ppt "Soal Latihan No. 1 Bila tekanan pada tangki tertutup adalah 140 kPa di atas tekanan atmosfir dan head loss akibat kehilangan energi yang terjadi pada saat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google