Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fill Area dan Teks Grafis. Fill Area Fill Area (pengisian daerah) adalah mengisi daerah kosong yang dibatasi oleh frame polygon suatu bentuk geometri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fill Area dan Teks Grafis. Fill Area Fill Area (pengisian daerah) adalah mengisi daerah kosong yang dibatasi oleh frame polygon suatu bentuk geometri."— Transcript presentasi:

1 Fill Area dan Teks Grafis

2 Fill Area Fill Area (pengisian daerah) adalah mengisi daerah kosong yang dibatasi oleh frame polygon suatu bentuk geometri Ada dua pendekatan yang dapat dilakukan dalam mengisi area pada raster system : - Menentukan overlap internal untuk scan line yang melintasi area - Memulai dari titik tertentu pada posisi dalam polygon dan menyebar ke sisi polygon

3 Algoritma Fill Area Algoritma Scan line pengisian area dilakukan menurut arah scan line (garis scan) yang melintasi polygon kemudian posisi yang berhubungan antara sepasang titik tertentu diberi warna

4 Algoritma Scan line

5 Fill Area Algoritma Boundary Fill Metode ini dapat digunakan apabila titik dalam suatu bangun geometri sudah diketahui, algoritma boundary fill memerlukan titik koordinat (x,y), pola isi, dan pola batas void boundaryFill(int x.int y,int fill,int boundary) { Int current; current = getPixel(x,y); If ( (current != boundary) && (current != fill)) { setcolor(fill); putpixel(x,y,fill); boundaryFill(x+1,y,fill,boundary); boundaryFill(x-1,y,fill,boundary); boundaryFill(x,y+1,fill,boundary); boundaryFill(x,y-1,fill,boundary); }

6

7

8 Fill Area Algoritma Flood fill Metode ini dimulai dengan satu titik koordinat dalam satu bangun geometri, selanjutnya mendefinisikan seluruh bagian yg akan difill dengan warna yang sama. Apabila bagian yg akan di fill terdiri dari beberapa warna maka yg pertama harus dilakukan adalah membuat nilai pixel baru sehingga semua bagian yg akan difill mempunyai warna pixel yang sama Daerah dengan 2 warna berbeda

9 void floodFill( int x,int y,int fillColor,int oldColor){ if (getPixel(x,y) = =oldcolor ){ putPixel(x,y,fillcolor); floodFill(x+1,y, fillColor, oldColor); floodFill(x-1,y, fillColor, oldColor); floodFill(x,y+1, fillColor, oldColor); floodFill(x,y-1, fillColor, oldColor); }

10 Fill area dengan BGI BGI menyediakan fungsi untuk memilih corak dan mengisi suatu bangun geometri tertutup Untuk memilih corak setFillStyle(pola,warna) Pola : emptyFill,solidFill,lineFill,ltSlashFill,bkSlashFill,ltBkSlashFill,hatchFill,xHatchFill,interLeaveFill,wideDotFill,closeDotFill,userFill Cth: setfillstyle(1,14);

11 Fill Area dengan BGI Mengisi area floodfill (int x,int y,int warnabatas); x,y = koordinat titik dalam suatu bangun geometri tertutup warnabatas = batas daerah pengisian Cth: floodfill (200,100,14)

12 Teks Grafis dalam BGI Pembangkitan Karakter Grafis - Bitmap - Stroke (goresan) Bitmap  karakter tersimpan sebagai pola pixel Stroke  karakter tersimpan sebagai segmen garis

13 4 hal yg perlu diperhatikan dalam penulisan teks grafis 1. daftarkan font yg akan digunakan 2. style text, arah penulisan, ukuran 3. justifikasi teks BGI mempunyai 4 file built in utk stroke font GOTH.CHR  font gothic LITT.CHR  font kecil (small font) SANS.CHR  font Sans Serif TRIP.CHR  font Triplex

14 Menentukan style teks Menentukan teks style yg digunakan settextstyle (nama font,arah, ukuran) nama font : defaultfont:0,triplexfont:1,smallfont:2,sansserif:3 gothicfont:4 arah: horizontal dir=0, vertikal dir=1 ukuran : integer

15 mengatur justifikasi teks settextjustify(mendatar,tegak) mendatar: lefttext:0 centertext:1 righttext:2 tegak : bottomtext :0 centertext:1 toptext:2

16 menulis text outtext(teks) teks: var char[] outtextxy(int x,int y,teks) x,y : koordinat awal teks teks: var char[]

17 Bahan Lanjut Grafik penyajian


Download ppt "Fill Area dan Teks Grafis. Fill Area Fill Area (pengisian daerah) adalah mengisi daerah kosong yang dibatasi oleh frame polygon suatu bentuk geometri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google