Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENENTUKAN GRADIEN DENGAN MENGHITUNG SATUAN Oleh: Ziadatus Sha’adhah (080210191026)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENENTUKAN GRADIEN DENGAN MENGHITUNG SATUAN Oleh: Ziadatus Sha’adhah (080210191026)"— Transcript presentasi:

1 MENENTUKAN GRADIEN DENGAN MENGHITUNG SATUAN Oleh: Ziadatus Sha’adhah ( )

2 MENU :  Menentukan Gradien dengan Menggunakan Satuan Menentukan Gradien dengan Menggunakan Satuan  Contoh soal Contoh soal  Menghitung Suatu Garis jika Gradien dan Suatu titik yang Dilaluinya Diketahui Menghitung Suatu Garis jika Gradien dan Suatu titik yang Dilaluinya Diketahui  Contoh soal Contoh soal

3 Pada materi yang sebelumnya telah dijelasan cara menentukan gradien suatu garis dengan menggunakan koordinat, yaitu dengan cara memilih dua titik sebarang pada garis tersebut misalkan titik A(x 1, y 1 ) dan B(x 2, y 2 ). Selanjutnya gradien garis tersebut diperoleh dari gradien garis AB. CARA MENENTUKAN GRADIEN DENGAN MENGGUNAKAN SATUAN

4 Ada cara lain untuk menentukan gradien suatu garis yaitu dengan cara menghitung satuan. Besarnya perbedaan tinggi dipandang negatif bila garis dari kiri turun ke kanan. Misalnya : gradien = m Besarnya perbedaan tinggi = y Besarnya perbedaan datar = x maka,

5 Contoh Soal ! Carilah gradien masing-masing garis berikut!

6 Jawab : a.Diketahui titik A(-1, 1) dan titik B(4, 3) Maka gradiennya : b. Diketahui titik A(-1, 5) dan titik B(4, 2) Maka gradiennya :

7 Menghitung Suatu Garis jika Gradien dan Suatu titik yang Dilaluinya Diketahui Untuk mencari gradien suatu garis bila diketahui grafiknya adalah LLangkah 1. Tentukan sebarang dua titik pada grafik. LLangkah 2. Ukurlah perbedaan tinggi dan perbedaan datarnya LLangkah 3. Tentukan gradien dengan rumus.

8 Contoh Soal ! Diketahui gradien suatu garis adalah 1/3, dan melalui titik (-2, -6). a.Gambarlah titik (-2, -6) pada koordinat cartesius! b.Carilah titik lainnya pada garis dengan menggunakan gradien 1/3 dari titik (-2, -6) c.Tariklah sebuah garis yang melalui kedua titik tersebut!

9 Jawab : a.

10 b. Mencari titik lainnya pada garis dengan menggunakan gradien 1/3 dari titik (-2, -6) Titik yang diperoleh : (-2, -6) (-1, -3) (1, 3) (2, 6)

11 C.

12 Terima Kasih


Download ppt "MENENTUKAN GRADIEN DENGAN MENGHITUNG SATUAN Oleh: Ziadatus Sha’adhah (080210191026)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google