Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JENJANG DATA. Jenjang data Characters : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter- karakter khusus (special.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JENJANG DATA. Jenjang data Characters : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter- karakter khusus (special."— Transcript presentasi:

1 JENJANG DATA

2 Jenjang data

3 Characters : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter- karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data / field. Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.

4 Record : Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan. File: File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.

5 Database : Kumpulan dari file / tabel membentuk suatu database

6

7 Tipe File File Induk (master File) -file induk acuan (reference master file) : file induk yang recordnya relatif statis, jarang berubah nilainya. Misalnya file daftar gaji, file mata pelajaran. -file induk dinamik (dynamic master file): file induk yang nilai dari record-recordnya sering berubah atau sering dimutakhirkan (update) sebagai hasil dari suatu transaksi. Misalnya file induk data barang, yang setiap saat harus di up-date bila terjadi transaksi.

8 File Transaksi (transaction file) File ini bisa disebut file input; digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. Misalnya file penjualan yang berisi data hasil transaksi penjualan. File Laporan (Report file) File ini bisa disebut output file, yaitu file yang berisi informasi yang akan ditampilkan.

9 File Sejarah (history file) File ini bisa disebut file arsip (archival file), merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip. File Pelindung (backup file) File ini merupakan salinan dari file- file yang masih aktif di dalam database pada suatu saat tertentu. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan bila file database yang aktif mengalami kerusakan atau hilang.

10 Redundansi (Kelebihan) :  Penyimpanan data yang sama secara berulang  Jika data yang diperoleh dari data lain disimpan tersendiri  Data yang sama disimpan dalam banyak table yang berbeda

11 Akibat redundansi (kelebihan) : Redundansi menyebabkan masalah pada waktu memperbarui ( update ) data, ruang penyimpanan yang boros, dan dapat menimbulkan tidak konsistennya data. Untuk membuat suatu basis data yang memberikan manfaat optimal, suatu inventory data harus dibuat, data dan informasi yang diperlukan harus dianalisa, file basis data yang diperlukan harus dirancang, dan prosedur untuk memelihara basis data harus diadakan

12 Redundansi 1. Penyimpanan data yang sama secara berulang NIMKODE_MKSKSNILAI A10MK_013A A10MK_022B A11MK_013A A12MK_013A A12MK_022B A12MK_033B Terjadi pengulangan penulisan pasangan KODE_MK dan SKS yang sama. Misalnya untuk MK_01 (ditulis 3 kali), dan MK_02 (ditulis 2 kali)

13 Redundansi Duplikasi data NIMKODE_MKNILAI A10MK_01A A10MK_02B A11MK_01A A12MK_01A A12MK_02B A12MK_03B Duplikasi terjadi karena penulisan KODE_MK untuk MK_01 dan MK_02, yang berturut-turut diulang sebanyak 3 dan 2 kali. Duplikasi penulisan seringkali tidak dapat dihindarkan dalam penyimpanan data

14 Redundansi 2. Penyimpanan data yang dapat diperoleh dari data lain NIMNIP_WALI NAMA_W ALI A10ADN_011 MAX A11AND_012 ROBERT NAMA_WALITELP_WALINIMTELP_WALI MAX(024)001A10(024)001 ROBERT(024)002A11(024)002 Tabel a)Tabel b) Tabel c) Tabel d)

15 Dengan mengamati keempat tabel di atas, ternyata Tabel d) berisi data yang dapat diperoleh dari tabel lain, yaitu dengan meng- hubungkan Tabel a), b), dan c). Dengan demikian untuk menghilangkan redundansi, Tabel d) perlu dihilangkan.

16 Redundansi 3. Data yg sama disimpan dalam banyak table yg berbeda NimNama_MhsKd_M K Nm_M K SKS A10MAXMK_0 1 Pancas ila 2 A11ROBERTMK_0 2 Agama2 NimNama_M hs Kd_MKNm_M K SKS Nilai A10MAXPancasil a 2MK_01A A11ROBERTAgama2MK_02B Tabel MahasiswaTabel Matakuliah Tabel Nilai

17 Dengan mengamati ke tiga table diatas, terdapat redundansi, yaitu atribut(data) Nama_mhs, Nm_MK dan SKS tersimpan pada beberapa table yang berbeda. Hal ini harus dihindari dengan jalan menghilangkan atribut Nama_mhs, Nm_MK dan SKS pada table Nilai


Download ppt "JENJANG DATA. Jenjang data Characters : merupakan bagian data yang terkecil, dapat berupa karakter numerik, huruf ataupun karakter- karakter khusus (special."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google