Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DATA DAN BASIS DATA TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 5 NAMA: PUTRI ARIESTA AYU KINASIH NIM: 41812120188 FAKULTAS: ILMU KOMPUTER PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DATA DAN BASIS DATA TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 5 NAMA: PUTRI ARIESTA AYU KINASIH NIM: 41812120188 FAKULTAS: ILMU KOMPUTER PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI."— Transcript presentasi:

1 DATA DAN BASIS DATA TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 5 NAMA: PUTRI ARIESTA AYU KINASIH NIM: FAKULTAS: ILMU KOMPUTER PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI

2  Pengertian Data Dan Informasi Kegiatan pengolahan data sudah dimulai sejak dahulu sejalan dengan perkembangan sistem catat mencatat, yaitu disaat kegiatan manusia sudah semakin banyak sehingga sukar bagi manusia untuk mengingatnya. Kegiatan catat mencatat ini dilakukan diberbagai bidang pekerjaan baik oleh perorangan, perusahaan atau pemerintahan. Dengan semakin bertambahnya jumlah dan arti. Data bagi manusia maka mereka berusaha untuk membuat alat yang dapat menggantikan manusia dalam hal catat mencatat atau administrasi ini. Hal ini terjawab oleh kemajuan teknologi manusia dengan diciptakannya KOMPUTER sebagai alat pengganti tersebut. Kegiatan catat mencatat inilah yang sekarang disebut orang dengan istilah DATA PROCESSING. Pada saat ini kegiatan Data Processing ini sudah makin luas, baik dalam kegiatan yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan. komersil/bisnis maupun kegiatan pemerintahan, sehingga data yang diolahpun akan bermacam-macam jenisnya sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut. Data yang diolah di sini bisa berupa dokumen, surat, kata, bagan, grafik, kondisi, situasi, ide, objek dan lain-lain yang bisa kita tata. Jadi data tersebut bisa berupa kartu pegawai, daftar mahasiswa, daftar persediaan barang, catatan pemakai listrik, daftar penjualan barang. absensi murid dan lain sebagainya.

3 Dari keterangan di atas dapat diambiI kesimpulan bahwa data tersebut merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk, yang Iebih berguna dan lebih mempunyai arti, Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data atau hasil proses dari Data tersebut. Setelah dilakukan pengolahan. maka sifat data akan berubah sehingga bertambah kegunaannya yang dapat dipakai untuk suatu tujuan tertentu atau untuk analisa dan pengambilan keputusan. Biasanya informasi terdiri dari "Selected Data" yaitu data yang terpilih, tergabung dan disusun sesuai dengan kebutuhan dari pemakai data, masalah waktu. tempat dan fungsinya. Proses perubahan dari data menjadi informasi merupakan fungsi utama dari pengolahan data. Cara pengolahan data menjadi informasi tersebut bisa bermacam- macam, misalnya secara manual dengan menggunakan alat hitung sempoa, secara mekanis dengan menggunakan register, secara elektris dengan menggunakan mesin hitung listrik atau dengan cara elektronis dengan menggunakan komputer

4  Dari Bit Ke Informasi Sejak diciptakan pertama kali, komputer bekerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut dengan istilah bit (binary digit), berupa 0 dan 1. Hanya dengan dua kemungkinan bilangan inilah komputer dapat menyajikan informasi yang begitu berguna bagi peradaban manusia. Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti: 1. Huruf, misalnya A dan z. 2. Digit, seperti 0,1, 2,3,4,5,6,7,8, Selain huruf maupun digit, seperti tanda +, - serta & dan bahkan simbol-simbol seperti β.

5  Satuan Data Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer. Yaitu berupa byte, megabyte, gigabyte, terabyte dan petabyte. SatuanEkivalenKeterangan BitTerdiri dari nilai 0 atau 1 Nible4 bit Byte8 bit Untuk menyimpan sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC Kilobyte (KB)1024 byte Awal PC hanya memiliki memori sebesar 640 kilobyte Megabyte (MB)1024 kilobyte Memori PC pada saat ini berkisar antara 64 – 256 megabyte Gigabyte (GB)1024 megabyte Ukuran hard disk yang digunakan berkisar antara 20 – 40 gigabyte Terabyte (TB)1024 gigabyteDatabase yang sangat besar Petabyte (PB)1024 terabytePenggunaan di masa mendatang Tabel Satuan Data

6  Data Data adalah obyek yang diproses. Untuk memproses maka data harus dibawa dari storage (tempat menyimpan) ke ALU (tempat proses). Data dapat dibagi 2 golongan besar, yaitu: 1.Character Adalah data yang tidak akan mengalami perhitungan-perhitungan arithmetic Misalnya : Nama pegawai, nomor pegawai. Data tersebut terdiri dari kombinasi semua karakter yang dikenal komputer (huruf Alphabetik, angka 0 – 9, symbol-simbol = + ? !, dll ). Contoh : Ratna, KJ Di dalam komputer data ini disimpan dalam bentuk karakter mode. 2.Numerik Adalah data yang akan mengalami perhitungan arithmetic. Misalnya : bilangan-bilangan. Cara menyimpan data ini bisa secara zoned decimal, packed decimal, binary maupun floating point. Contoh : ,

7  Hirarki Data a)Bit (Binary Digit) Adalah pembentuk data yang paling elementer dalam storage. Ada 2 macam kombinasi bit, yaitu 0 (nol) dan 1 (satu). b)Character (byte) Adalah unit data terkecil dalam storage yang mempunyai address (alamat). Macam-macam character : - Angka: Huruf : A - Z - Special character : + - * / =., dsb Character ini terbentuk dari kombinasi 8 bit. c)Field / Item Adalah kumpulan dari karakter-karakter yang membentuk suatu arti, Misalnya : No. Mahasiswa, Nama Mahasiswa d)Record / Rekaman / Tupel Adalah kumpulan dari field-field yang lengkap. Misalnya : record pegawai, akan memuat data-data (field) dari seseorang pegawai e)File Adalah kumpulan dari record-record yang sejenis. Misalnya : File pegawai akan memuat semua record-record pegawai didalam perusahaan itu. f)Basis Data Adalah kumpulan dari bermacam-macam file yang disimpan didalam satu disk.

8 Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sistem basis data (database system) adalah suatu sistem informasi yang mengintegrasikan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan membuatnya tersedia untuk beberapa aplikasi yang bermacam-macam di dalam suatu organisasi. Sistem basis data merupakan perpaduan antara basis data dan sistem manajemen basis data. Database yang kompleks dan disertai dengan teknik pendokumentasian dan prosedur manipulasinya akan membentuk Sistem Manajemen Basis Data (DataBase Management System – DBMS).  Basis Data

9 Basis data mempunyai beberapa criteria penting, yaitu: Berorientasi data dan bukan berorientasi program. Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu menguah basis datanya. Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya. Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah. Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda. Komponen-komponen sistem basis data adalah Hardware, sebagai pendukung operasi pengolahan data. Software sistem operasi (Windows 9x, Windows 2000/XP, Linux, UNIX). Software pengelola basis data (DBMS) seperti MS-Access, SQL, Oracle). Software program aplikasi misalnya Visual Basic, Delphi, Visual Foxpro). Basis data (semua data yang diperlukan, dipelihara, dikelola oleh Sistem Basis Data). Pemakai/pengguna basis data (user).

10 Pengguna (user) basis data meliputi : Database Administrator pengguna yang memiliki kewenangan sebagai pusat pengendali seluruh sistem basis data maupun program-program yang mengaksesnya, menentukan pola struktur basis data, memodifikasi, membagi tugas pengolahan dan memberikan otoritas tertentu, dan sebagainya. Aplication programmers yaitu programmer aplikasi yang berinteraksi dengan sistem melalui pemanggilan Data Manipulation Language (DML) yang dimasukkan ke dalam program yang tertulis. Sophisticated Users Yaitu pengguna yang berinteraksi dengan sistem tanpa harus menuliskan sendiri programnya diganti dengan melakukan permintaan (request) dalam bentuk bahasa query basis data. Seperti menggunakan MS-Access, SQL dan sebagainya. Specialized Users Yaitu pengguna yang menuliskan program aplikasi basis data khusus yang tidak sesuai dengan framework pemrosesan data tradisional. Contoh: Sistem pakar, multimedia dan sebagainya. Naive Users Yaitu pengguna yang berinteraksi dengan sistem dengan cara memanggil salah satu program aplikasi yang telah disediakan. Contoh: operator pada bagian teller, gaji, personalia, dan sebagainya.

11 Manfaat yang diperoleh dari penyusunan database adalah: Mengatasi kerangka (redundancy) data. Menghindari terjadinya inkonsistensi data. Mengatasi kesulitan dalam mengakses data. Menyusun format yang standar dari sebuah data. Penggunaan oleh banyak pemakai (multiple user). Melakukan perlindungan dan pengamanan data (data security). Menyusun integritas dan independensi data.

12  Database Management System (DBMS) Sistem manajemen basis data (DataBase Management Systems – DBMS) berisi kumpulan data yang saling berelasi dengan set program untuk mengakses data tersebut. Jadi DBMS terdiri dari database dan set program untuk menambah data, menghapus data, mengubah, mengambil dan membaca data. DBMS merupakan software yang mengatur proses pengelolaan basis data. Pengelolaannya meliputi pembuatan database, akses terhadap database serta penyimpanan data dalam database. Manfaat penggunaan DBMS adalah Untuk mengorganisasikan dan mengelola data dalam jumlah besar. Untuk membantu dalam melindungi data dari kerusakan yang disebabkan penggunaan atau pengaksesan yang tidak sah. Memudahkan dalam pengambilan kembali data (data retrieval) Untuk memudahkan dalam penggunaan atau pengaksesan data secara bersamaan dalam suatu jaringan. Keunggulan DBMS adalah Praktis Cepat Mengurangi kejenuhan Terbaru (up to date)

13  Bahasa-bahasa yang terdapat dalam DBMS: 1.Data Definition Language (DDL) Mempunyai fungsi utama untuk mendefinisikan data dalam database secara logika, diantaranya yaitu Digunakan untuk mendefinisikan karakteristik dari record (meliputi nama, tipe dan lebar dari field). Untuk menentukan kunci field. Menyediakan cara untuk menentukan hubungan dengan data di file lain. Untuk merubah struktur dari record. Untuk menampilkan struktur dari record. 2.Data Manipulation Language (DML) Digunakan untuk memanipulasi basisdata yang telah didefinisikan dengan DDL. DML menyediakan beberapa commad, diantaranya adalah USE untuk menggunakan file database tertentu APPENDuntuk menambahkan atau mengisikan data ke file database EDITuntuk mengoreksi data REPLACEuntuk menggantikan data suatu field LISTuntuk menampilkan data DISPLAYuntuk menampilkan data SORTuntuk mengurutkan data FINDuntuk mencari data tertentu yang telah diindeks

14 Tipe-tipe file yang digunakan dalam DBMS dibedakan menjadi: 1.File induk (master file) Di dalam aplikasi, file ini merupakan file yang penting, karena berisi record-record yang sangat perlu didalam organisasi. File ini akan tetap terus ada selama hidup dari sistem. File induk dapat dikategorikan lagi menjadi: a.File induk acuan (reference master file) yaitu file induk yang recordnya relative statis, jarang berubah nilainya. Misalnya adalah file daftar gaji, file daftar matakuliah. b.File induk dinamik (dynamic master file) yaitu file induk yang nilai dari record-recordnya sering berubah atau sering dimutakhirkan (up-dated) sebagai hasil dari suatu transaksi. Misalny: file induk data barang, yang setiap saat field unitnya harus dimutakhirkan bila terjadi transaksi.  Tipe File

15 2.File transaksi (transaction file) File transaksi disebut juga nama input file. File digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. Contoh: file penjualan, yang berisi data hasil transaksi penjualan. 3.File Laporan ( report file) File ini disebut juga dengan nama output file, yaitu file yang berisi informasi yang akan ditampilkan. Isi dari file biasanya diambilkan dari field di satu atau lebih master file untuk mempersiapkan pembuatan laporan. 4.File Sejarah (history file) File sejarah disebut juga file arsip (archival file) merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip. 5.File pelindung (backup file) Merupakan salinan dari file-file yang masih aktif didalam basisdata pada suatu saat tertentu. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan bila file basisdata yang aktif mengalami kerusakan atau hilang.

16 By: Putri Ariesta Ayu Kinasih_


Download ppt "DATA DAN BASIS DATA TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 5 NAMA: PUTRI ARIESTA AYU KINASIH NIM: 41812120188 FAKULTAS: ILMU KOMPUTER PROGRAM STUDI: SISTEM INFORMASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google