Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kuliah Sistem Pakar Pertemuan III “Sistem Pakar”.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kuliah Sistem Pakar Pertemuan III “Sistem Pakar”."— Transcript presentasi:

1 Kuliah Sistem Pakar Pertemuan III “Sistem Pakar”

2 Sistem Berbasis Pengetahuan Sistem Berbasis Pegetahuan Sistem Pakar Games Robotik Sistem Komputer

3 Sistem Pakar berasal dari istilah knowledge-based expert system Menggunakan human knowledge yang dimasukkan ke dalam komputer untuk memecahkan masalah yang umumnya memerlukan keahlian seorang Pakar Domain yang sempit

4 Inference Engine USER Knowledge Base Fact Expertise

5 Hubungan Problem Domain dan Knowledge Domain Knowledge Domain Problem Domain Knowledge Domain

6

7 Structure of an Expert System Consultation Environment (Use) Development Environment (Knowledge Acquisition) User Expert User Interface Inference Engine Explanation Facility Working Memory Facts of the Case Recommendation, Explanation Facts of the Case Knowledge Engineer Knowledge Acquisition Facility Knowledge Base Domain Knowledge (Elements of Knowledge Base)

8 Definisi Sistem Pakar Sistem komputer yang dapat melakukan penalaran terhadap persoalan tertentu seperti penalaran yang dilakukan manusia (Michael P. Geografi) Sistem Komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar (Giarratano dan Riley) Program komputer yang dimanfaatkan untuk meniru proses pengambilan keputusan seorang pakar dalam bidang tertentu (Michael W. Parks) Etc.

9 Tujuan Dan Fungsi Sistem Pakar Memasyarakatkan Pengetahuan dan Pengalaman seorang Pakar Dapat digunakan non-expert untuk meningkatkan kemampuan pemecah- an masalah dan oleh expert sebagai knowledgeable assistant Menyederhanakan pekerjaan dan memperbaiki kualitas Memecahkan masalah (sederhana) tanpa kehadiran seorang pakar

10 Expertise atau Kepakaran Meliputi pengetahuan tentang : Fakta-fakta dan teori-teori tentang bidang permasalahan Aturan-aturan (heuristic) tentang apa yang harus dikerjakan dalam situasi tertentu Strategi global untuk memecahkan perma-salahan semacam ini Pengetahuan tentang pengetahuan (meta knowledge)

11 PAKAR Melibatkan kegiatan : Mengenali dan memformulasikan permasa- lahan Memecahkan permasalahan secara cepat dan tepat Menerangkan pemecahannya Belajar dari pengalaman Merestrukturisasi pengetahuan Memecahkan aturan-aturan Menentukan relevansi

12 PENGETAHUAN YANG TERDO- KUMENTASIKAN ALAT BANTU, BAHASA SISTEM PAKAR PEMBANGUN ALAT BANTU PENJUAL PAKAR INSINYUR PENGETAHUAN PEMBANGUN SISTEM STAF PENDUKUNG PENGGUNA AKHIR Membangun Memberikan Pengguna Bekerja sama Memperoleh pengetahuan Memba- ngun Membangun Menghubung kan Menggunakan Menguji Mendukung tugas PARTISIPAN DALAM MEMBANGUN SISTEM PAKAR DAN ATURAN-ATURANNYA

13 Keuntungan dan Kelemahan Sistem Pakar Keuntungan ? Kelemahan ?

14 Bahasa-bahasa Pemrograman Sistem Pakar LisPInsight 2 + ProLogAmzy Logic ExSysJESS PC +CLIPS Expert Ease Etc.

15 Beberapa contoh aplikasi Sistem Pakar Mysin, identifikasi penyakit infeksi bakterial dan rekomendasi obat anti biotiknya Dendral, analisa struktur molekular suatu senyawa yang belum diketahui Etc.

16 KATEGORI GENERIK DARI SISTEM PAKAR KategoriMasalah yang Diselesaikan Interpretasi Prediksi Diagnosis Perancangan Perencanaan Monitoring Debugging Reparasi Instruksi Kontrol Menduga gambaran situasi dari observasi Menduga akibat yang mungkin dari situasi tertentu Menduga kegagalan sistem dari observasi Mengatur konfigurasi obyek dari konstrain Mengembangkan rencana-rencana untuk mencapai tujuan-tujuan Membandingkan observasi terhadap rencana- rencana, tanda gagal/berhasil (flagging), dan perkecualian-perkecualian (exceptions) Memberi “obat” bagi kegagalan fungsi Mengeksekusi rencana untuk menjalankan “obat penyembuhan” Mendiagnosa, mendebug, dan membetulkan unjuk kerja siswa Menginterpretasikan, memprediksi, mereparasi, dan memonitor perilaku sistem

17 Ciri-ciri Sistem Pakar Terbatas pada domain keahlian tertentu Memiliki fasilitas informasi yang handal Berdasar “rule-rule”tertentu Mudah dimodifikasi Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer Dirancang untuk dapat dikembangkan secara bertahap Output bersifat anjuran

18 PERBANDINGAN SISTEM KONVENSIONAL DENGAN SISTEM PAKAR Sistem KonvensionalSistem Pakar Informasi dan pemrosesannya biasanya digabungkan dalam satu program sekuen- sial Program tidak membuat kesalahan (yang membuat kesalahan : pemrogram) Biasanya tidak menerangkan mengapa data masukan diperlukan atau bagaimana kesimpulan ditarik Perubahan program sangat menyulitkan (tedious) Sistem hanya beroperasi setelah lengkap / selesai Eksekusi dilakukan langkah demi langkah (algoritmik) Perlu informasi lengkap agar bisa Beroperasi Basis Pengetahuan dipisahkan secara jelas dengan mekanisme pemrosesan / inferensi (yaitu, aturan-aturan pengetahuan dipisah- kan dari kontrol) Program dapat berbuat kesalahan Keterangan biasanya merupakan bagian dari hampir semua Sistem Pakar Perubahan dalam aturan-aturan mudah untuk dilaksanakan Sistem dapat beroperasi hanya dengan aturan-aturan yang sedikit (prototipe awal) Eksekusi dilakukan dengan Menggunakan heuristik dan logika Dapat beroperasi dengan informasi yang tidak lengkap atau tidak tentu

19 PERBEDAAN (Lanjutan..) Sistem Konvensional Sistem Pakar Manipulasi efektif dari basis data yang besar Manipulasi efektif dari basis pengetahuan yang besar Representasi dan penggunaan data Representasi dan penggunaan pengetahuan Tujuan utama : efisiensiTujuan utama : efektivitas Mudah berurusan dengan data kuantitatif Mudah berurusan dengan data kualitatif Menangkap, membesarkan, dan mendistribusikan akses ke data numerik atau informasi Menangkap, membesarkan, dan mendistribusikan akses ke pertimbangan dan pengetahuan

20 Sampai Jumpa di Pertemuan IV Selamat Belajar


Download ppt "Kuliah Sistem Pakar Pertemuan III “Sistem Pakar”."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google