Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

adalah pendekatan yang digunakan organisasi dalam mentransformasikan/mengubah sumber daya yang ada menjadi suatu barang atau jasa. Tujuan strategi proses.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "adalah pendekatan yang digunakan organisasi dalam mentransformasikan/mengubah sumber daya yang ada menjadi suatu barang atau jasa. Tujuan strategi proses."— Transcript presentasi:

1

2 adalah pendekatan yang digunakan organisasi dalam mentransformasikan/mengubah sumber daya yang ada menjadi suatu barang atau jasa. Tujuan strategi proses adalah untuk menemukan suatu cara memproduksi barang dan jasa yang memenuhi keinginan konsumen dan spesifikasi produk yang berada dalam batasan biaya atau hambatan manajerial lainnya.

3 JENIS STRATEGI PROSES 1. Fokus Pada Proses 2. Fokus Berulang 3. Fokus Pada Produk 4. Mass Customization

4 1. Fokus Pada Proses Proses produksi dilakukan dengan terputus-putus (intermitten process) Cirinya peralatan produksi diatur di seputar proses Jumlah produk sedikit dan bervariasi Contoh: bengkel kerja atau job shop.

5 2. Fokus Berulang Menggunakan modul yaitu suku cadang atau komponen yang sebelumnya sudah disiapkan. Cirinya fleksibilitas lebih rendah dari pada fokus proses. Contoh: perakitan mobil dan fast-food.

6 3. Fokus Pada Produk Proses produksi dilakukan terus-menerus (continuous). Cirinya peralatan produksi diatur di seputar produk, produksi memakan waktu lama, jumlah produk besar dan variasinya sedikit. Contoh: bola lampu, gelas, gulungan kertas dll.

7 4. Mass Customization Merupakan pembuatan produk dan jasa yang dapat memenuhi keinginan pelanggan yang semakin unik, secara cepat dan murah

8 Gambar Macam Strategi Proses Dikaitkan Dengan Volume Dan Varietas Produk Volume rendah tinggi V tinggi fokus proses customisasi masa A R I berulang E T A fokus produk S rendah

9 Menurut jenis pesanan pelanggan 1.Membuat produk untuk persediaan (make to stock) 2.Membuat produk untuk pesanan (make to order)

10 Perbedaan antara membuat produk untuk persediaan (make to stock) dan membuat produk untuk pesanan (make to order), yaitu: KarakteristikMembuat Untuk PersediaanMembuat Untuk Pesanan Produk Sasaran Masalah utama operasi Ditentukan produsen Variasi rendah Murah Keseimbangan persediaan, kapasitas dan pelayanan Perkiraan/forecasting Perencanaan produksi Pengendalian persediaan Ditentukan pemesan Variasi tinggi Mahal Pengaturan waktu penyerahan dan kapasitas Janji penyerahan Waktu penyerahan

11 Analisis Dan Desain Proses Diagram Alir Merupakan sebuah gambar yang digunakan untuk menganalisis pergerakan orang atau bahan Pemetaan Fungsi Waktu Merupakan sebuah diagram alir tetapi dengan waktu ditambahkan pada sumbu horizontal Diagram Proses Merupakan sebuah diagram yang menggunakan simbol untuk menganalisis pergerakan orang dan bahan Perencanaan Pelayanan Merupakan teknik analisis proses yang memusatkan perhatian pada pelanggan dan interaksi penyedia layanan dengan pelanggannya

12 Desain Proses Pada Sektor Jasa Interaksi Pelanggan dan Desain Proses Peluang untuk Meningkatkan Proses Jasa

13 DISAIN PROSES JASA TINGKAT CUSTOMISASI I RENDAH TINGGI N T TINGGI E N S I T A S RENDAH SERVIS FACTORY penerbangan hotel resort dan rekreasi SERVICE SHOP rumah sakit bengkel MASS SERVICE retail pedagang besar sekolah bank PROFESIONAL SERVICE dokter pengacara akuntan arsitek

14 Teknologi Produksi Teknologi Mesin Sistem Identifikasi Otomatis (Automatic Identification System / AIS) Pengendalian Proses Sistem Penglihatan Robot Sistem Penyimpanan dan Perolehan Kembali Secara Otomatis (Automated Storage and Retrieval System / ASRS) Kendaraan Terpandu Otomatis (Automated Guided Vehicles / AGV) Sistem Manufaktur Fleksibel (Flexible Manufacturing System / FMS) Manufaktur Terintegrasi Komputer (Computer Integrated Manufacturing / CIM)

15 REKAYASA ULANG PROSES (PROCESS REENGINEERING) Artinya memikirkan kembali secara mendasar dan merancang kembali secara radikal proses bisnis untuk menghasilkan perbaikan yang dramatis pada kinerja. Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam rekayasa ulang adalah: Apakah proses didesain untuk menciptakan nilai konsumen? Apakah kita mencapai keuntungan kompetitif dalam hal mutu, produk, kecepatan pengiriman atau harga? Apakah proses itu membantu memenangkan order? Apakah proses itu memaksimalkan persepsi konsumen tentang nilai?

16


Download ppt "adalah pendekatan yang digunakan organisasi dalam mentransformasikan/mengubah sumber daya yang ada menjadi suatu barang atau jasa. Tujuan strategi proses."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google