Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN Topologi adalah Cara / Metode yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain ataupun dari Server ke.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN Topologi adalah Cara / Metode yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain ataupun dari Server ke."— Transcript presentasi:

1

2 PENGERTIAN Topologi adalah Cara / Metode yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain ataupun dari Server ke PC sehingga membentuk sebuah jaringan. Pada topologi Star, setiap komponen jaringan terhubung ke sebuah perangkat jaringan (hub, switch, router) yang menjadi pusat dari topologi sehingga membentuk sebuah segmen jaringan. Jika dua atau lebih topologi Star dihubungkan sehingga membentuk Star baru, topologi yang terbentuk disebut topologi Extended Star. Media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP (10/100/1000Base-T).

3 Karakteristik Topologi Star  Setiap komputer berkomunikasi langsung dengan konsentrator (Switch / Hub)  Sangat mudah dikembangkan  Jika salah satu ethernet card rusak, atau salah satu kabel pada terminal putus, maka keseluruhhan jaringan masih tetap bisa berkomunikasi atau tidak terjadi down pada jaringan keseluruhan tersebut.  Tipe kabel yang digunakan biasanya jenis UTP.

4 Kelebihan dan Kekurangan Kelebihan Dari Topologi Star Kekurangan Dari Topologi Star  Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.  Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak menggangu bagian jaringan lain.  Tingkat keamanan termasuk tinggi.  Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.  Akses Kontrol terpusat.  Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.  Paling fleksibel.  Perlu penanganan Khusus.  Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.  Boros dalam pemakaian kabel.  Switch/ HUB jadi elemen kritis karena kontrol terpusat.  Jaringan tergantung pada terminal pusat  Jika menggunakan hub dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan lambat.  Biaya jaringan lebih mahal dari pada bus atau ring

5  ALAT DAN BAHAN

6 1. Switch / HUB : 1. Komponen jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer yang mempunyai kebutuhan bandwidth yang besar. Kecepatan transfer data switch jauh lebih cepat dibanding HUB

7 2. Kabel LAN - UTP straight :  Kabel jaringan yang dipakai adalah Unshielded Twisted Pair (UTP) STRAIGHT. Setiap warna kabel untuk LAN straight sama antara ujung satu dan ujung lainnya. 3. PC atau Laptop

8 KONFIGURASI DAN PENGUJIAN


Download ppt "PENGERTIAN Topologi adalah Cara / Metode yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain ataupun dari Server ke."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google