Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Laba Investa si Laba ditahan Dividen Capital Gain Dividen Capital Gain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Laba Investa si Laba ditahan Dividen Capital Gain Dividen Capital Gain."— Transcript presentasi:

1

2 Laba Investa si Laba ditahan Dividen Capital Gain Dividen Capital Gain

3  Dividen berasal dari bahasa Latin yaitu divendium yang artinya sesuatu untuk dibagi.  Berdasarkan Kamus Bahasa Indonesia dividen diartikan sejumlah uang sebagai hasil keuntungan yang dibayarkan kepada pemegang saham (dalam suatu Perseroan).  Menurut Bapepam dividen adalah porsi keuntungan perusahaan yang dibayarkan kepada para pemegang saham.

4 Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan:

5  Menurut Sundjaja dan Barlian (2003: 390) kebijakan dividen adalah rencana tindakan yang harus diikuti dalam membuat keputusan dividen.  Menurut Wetson dan Brigham (1990: 198) kebijakan dividen adalah keputusan untuk membagikan laba atau menahannya guna diinvestasikan kembali di dalam perusahaan.

6 Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan: “kebijakan dividen adalah kebijakan pembagian pendapatan yang harus diikuti dalam membuat keputusan dividen (dibagikan/ditahan)”.

7

8 MM menyatakan bahwa dividen tidak relevan berdasarkan asumsi-asumsi di bawah ini: Pasar modal sempurna, di mana para investor mempunyai kesamaan informasi, tidak ada biaya transaksi dan tidak ada pajak. Para investor bersifat rasional. Semua peserta pasar bersifat price-taker. Adanya unsur ketidakpastian bagi arus pendapatan masa datang dan para investor mempunyai informasi yang sama. Manajer dalam pengambilan keputusannya mengenai produksi dan investasinya disesuaikan dengan informasi tersebut.

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18 Dividend Payout Ratio industri di mana perusahaan itu berada. Kesempatan investasi. Profitabilitas dan Likuiditas. Akses ke pasar keuangan. Pertumbuhan pendapatan perusahaan. Stabilitas pendapatan. Prefensi pemegang saham. Ketersediaan dan biaya alternatif sumber dana. Pembatasan-pembatasan yang diberikan kreditur. Harapan mengenai kondisi bisnis pada umumnya.

19

20

21

22

23


Download ppt "Laba Investa si Laba ditahan Dividen Capital Gain Dividen Capital Gain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google