Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AKUNTANSI KEUANGAN dan STANDAR AKUNTANSI BAB 1. Apa itu AKUNTANSI? Sebagai aktivitas jasa-> memberikan informasi kuantitatif untuk pihak-pihak yang berkepentingan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AKUNTANSI KEUANGAN dan STANDAR AKUNTANSI BAB 1. Apa itu AKUNTANSI? Sebagai aktivitas jasa-> memberikan informasi kuantitatif untuk pihak-pihak yang berkepentingan."— Transcript presentasi:

1 AKUNTANSI KEUANGAN dan STANDAR AKUNTANSI BAB 1

2 Apa itu AKUNTANSI? Sebagai aktivitas jasa-> memberikan informasi kuantitatif untuk pihak-pihak yang berkepentingan yang membantu mereka untuk mengambil keputusan mengenai penggunaan sumber daya didalam kesatuan bisnis atau bukan bisnis. Sebagai suatu disiplin ilmu analisis -> mengidentifikasi sejumlah besar kejadian dan transaksi yang merupakan ciri dari aktivitas ekonomi

3 Sebagai suatu sistem informasi -> mengumpulkan dan mengkomunikasikan informasi ekonomi mengenai suatu perusahaan bisnis atau kesatuan lain kepada beraneka ragam pihak yang berkepentingan dengan aktivitas tersebut. Tiga karakteristik identifikasi, pengukuran dan komunikasi informasi keuangan mengenai kesatuan ekonomi kepada pihak yang berkepentingan

4 Definisi Akuntansi menurut AICPA (Accounting Institute of Certified Public Accountant) no. 4: Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah menyediakan data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memilih alternatif-alternatif dari suatu keadaan

5 Laporan Keuangan VS Pelaporan Keuangan Pelaporan keuangan meliputi laporan keuangan dan cara lain untuk melaporkan informasi. Pelaporan keuangan terdiri dari laporan keuangan + prospektus, peramalan manajemen, penjelasan mengenai dampak lingkungan & sosial yang diakibatkan. Pelaporan keuangan memiliki arti yang lebih luas dari laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan unsur utama pelaporan keuangan terdiri dari neraca, laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan perubahan posisi keuangan laporan arus zas.

6 Tujuan Laporan Keuangan (FASB 1) Memberikan informasi yang berguna bagi investor dan kreditur yang ada dan yang potensial serta pemakai lainnya dalam pengambilan keputusan rasional mengenai investasi, kredit dan keputusan lainnya.

7 Memberikan informasi guna membantu investor dan kreditur yang ada dan yang potensial dalam menaksir jumlah, waktu, dan ketidakpastian penerimaan kas di masa yang akan datang dari dividen atau bunga dan hasil dari penjualan, pelunasan, atau jatuh tempo dari sekuritas atau pinjaman.

8 Memberikan informasi mengenai sumber daya ekonomi perusahan dan klaim atas sumber daya itu (kewajiban untuk mentransfer sumber daya kepada kesatuan lain dan ekuitas pemilik) dan dampak dari transaksi, kejadian dan situasi yang akan memperngaruhi sumber daya dan klaim terhadap sumber daya itu.

9 Mengapa membutuhkan standar? Agar dapat dibandingkan dengan laporan keuangan perusahaan yang berbeda. Untuk mengurangi penyimpangan (bias), salah penafsiran (misinterpretation), ketidaktepatan (inexactness) dan arti mendua (ambiguity)


Download ppt "AKUNTANSI KEUANGAN dan STANDAR AKUNTANSI BAB 1. Apa itu AKUNTANSI? Sebagai aktivitas jasa-> memberikan informasi kuantitatif untuk pihak-pihak yang berkepentingan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google