Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Company LOGO KARAKTERISTIK OPERASIONAL SURVEY ANGKUTAN UMUM OLEH SUBARTO,,ATD,,MM SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT STTD ASPEK PRINSIP ANGKUTAN UMUM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Company LOGO KARAKTERISTIK OPERASIONAL SURVEY ANGKUTAN UMUM OLEH SUBARTO,,ATD,,MM SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT STTD ASPEK PRINSIP ANGKUTAN UMUM."— Transcript presentasi:

1 Company LOGO KARAKTERISTIK OPERASIONAL SURVEY ANGKUTAN UMUM OLEH SUBARTO,,ATD,,MM SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT STTD ASPEK PRINSIP ANGKUTAN UMUM

2 TUJUAN PEMBELAJARAN 1. SETELAH PEMBELAJARAN TARUNA /i DIHARAPKAN DAPAT MEINDENTIFIKASI PRINSIP PELAYANAN ANGKUTAN UMUM 2. SETELAH PEMBELAJARAN TARUNA/i DIHARAPKAN MAMPU MERUMUSKAN/MELAKSANAKAN PRINSIP PELAYANAN ANGKUTAN UMUM 3. SETELAH PEMBELAJARAN TARUNA/I DIHARAPKAN MAMPU MENGANALISA PRINSIP PELAYANAN ANGKUTAN UMUM

3 MENU SPECIAL PENGANTAR PRODUKSI ANGKUTAN ENGERTIAN ASPEK PRINSIP AU Penutup Tips EVALUASI Lagu

4 Company LOGO KONSEP DASAR KINERJA ANGKUTAN UMUM Efektifitas : Penilaian terhadap hasil dari suatu sistem pelayanan. Ukuran efektifitas digunakan untuk membandingkan hasil akhir dan dampak pelayanan terhadap obyektif yang telah ditetapkan Efisiensi: Ukuran penilaian terhadap cara atau alat untuk mencapai hasil tersebut. Ukuran efisiensi digunakan untuk mengevaluasi suatu sistem dengan cara membandingkan hasil dengan usaha yang dilakukan untuk memperoleh hasil tersebut.(cost) CONTOH

5 Logo PRODUKSI ANGKUTAN PERLU SURVEY YANG BAIK KOMBINASI EFEKTIF DAN EFISIEN TIDAK TERPAKAI LANGSUNG HILANG JASA TIDAK BISA DSIMPAN JASA PENGANTARAN ORANG DAN BARANG JASA ANGKUTAN

6 ASPEK UTAMA ANGKUTAN UMUM HARGA PRINSIP ANGKUTAN UMUM KUALITAS KUANTITAS BIAYA

7 Logo KUANTITAS PELAYANAN SDM JUMLAH TEMPAT HENTI KAPASITAS PELAYANAN FREKWENSI JUMLAH ARMADA KUANTITAS PELAYANAN AU

8 Logo KUANTITAS PELAYANAN KERAMAHAN/INFORMASI KEYAMANAN KEMUDAHAN KEAMANAN/KESELAMATAN KEHANDALAN KUALITAS PELAYANAN AU

9 BIAYA NoPerformanceKebutuhan Data 1CostTotal operating cost Biaya pemeliharaan (tenaga kerja, material) Running cost (fuel, oil, tyres) Jam bekerja awak Operasi kendaraan-jam Total upah Tenaga kerja (operator kendaraan, staf pemeliharaan, staf administrasi)

10 KEHANDALAN Kehandalan pelayanan dapat di ukur dari kinerja 7 indikator yaitu:  1. Rencana Headway  2. Ketepatan Headway  3. Waktu Penaikan dan Penurunan Penumpang  4. Jarak Antara Pintu Bus dan Halte  5. Kecepatan Perjalanan  6. Kehandalan Armada  7. Konsistensi Jam Pelayanan.

11 Keamanan dan Keselamatan Subtansi inti dari Keamanan dan Keselamatan adalah menjamin keamanan dan keselamatan pengguna saat menikmati layanan,dapat di ukur dari kinerja 5 indikator yaitu:  1. Keamanan di dalam Halte  2. Keamanan di dalam Bus  3. Keselamatan di dalam Halte  4. Keselamatan di dalam Bus  5. Keselamatan di terminal.

12 Kemudahan Subtansi inti dari Kemudahan adalah menjamin pengguna bisa mendapat berbagai kemudahan dalam menikmati jasa layanan umum. Kemudahan dapat di ukur dari 5 indikator yaitu:  1. Kemudahan mendapatkan informasi.  2. Kemudahan mendapatkan Tiket,  3. Kemudahan melaporkan kehilangan  4. Kemudahan menyampaikan pengaduan.  5. Kemudahan akses menuju/dari Halte.

13 Kenyamanan  Subtansi inti dari Kenyamanan adalah menjamin bahwa jasa layanan akan dinikmati pelanggan secara nyaman. Kenyamanan dapat di ukur dari 6 indikator yaitu:  1. Kebersihan di dalam Halte /bus  2. Suhu di dalam Halte / bus  3. Penerangan di dalam Halte/bus  4. Kepadatan Penumpang di dalam Halte/bus  5. Waktu tunggu  6. Pelayanan Petugas.

14 HOT TIPs

15 TRANSPORTASI PERKOTAAN Kenyataan vs HarapanKENYATAAN(SEKARANG) SEPERTI BENANG KUSUT:  Hirarki fungsi jalan tidak terjadi di lapangan (mixed traffic)  Jaringan trayek tumpang tindih (tak terhirarki)  Jaringan lintas angkutan barang belum terkonsep SEPERTI BENANG KUSUT:  Hirarki fungsi jalan tidak terjadi di lapangan (mixed traffic)  Jaringan trayek tumpang tindih (tak terhirarki)  Jaringan lintas angkutan barang belum terkonsep HARAPAN (MASA DATANG) AKIBATNYA: Fungsi PELAYANAN tidak optimal (macet, boros, polutif, dll)AKIBATNYA: Fungsi PELAYANAN tidak optimal (macet, boros, polutif, dll) TERATUR & EFISIEN:  Jaringan jalan terhirarki (lalulintas commuter dan antar kota terpisah)  Jaringan trayek terhirarki (saling mendukung, sesuai konsep hub-and-spoke) TERATUR & EFISIEN:  Jaringan jalan terhirarki (lalulintas commuter dan antar kota terpisah)  Jaringan trayek terhirarki (saling mendukung, sesuai konsep hub-and-spoke) HARAPANNYA: Fungsi PELAYANAN berjalan optimal (lancar, efisien, ramah lingkungan, dll)HARAPANNYA: Fungsi PELAYANAN berjalan optimal (lancar, efisien, ramah lingkungan, dll)

16 Menuju Sustainable Mobility ( Mobilitas yang berkelanjutan) Solusi 1 Meningkatkan peran angkutan umum 2 Membatasi penggunaan kendaraan bermotor pribadi 3 Mendorong penggunaan kendaraan tidak bermotor 4 Menggunakan kendaraan bermotor dan BBM ramah lingkungan 5 Meningkatkan disiplin mengemudi dan konsistensi pengawasan serta penegakan hukum Sustainable Mobility “the ability to meet the needs of society to move freely, gain access, communicate, trade, and establish relationships without sacrificing other essential human or ecological values, today or in the future” (UN)

17 Bila hari sudahlah jum’at Senang di hati datang Saat bertemu keluarga Saat berbahagia.... Kita duduk berlingkar lingkaran Lingkaran persaudaraan Tak ada mula akhirnya Kita kuat eratkan.... denk 3x Persaudaraan

18 Company LOGO Add your company slogan


Download ppt "Company LOGO KARAKTERISTIK OPERASIONAL SURVEY ANGKUTAN UMUM OLEH SUBARTO,,ATD,,MM SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT STTD ASPEK PRINSIP ANGKUTAN UMUM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google