Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB I PENDAHULUAN. Keuntungan pembangunan Jaringan Komputer di Perusahaan Resource sharing yaitu penggunaan bersama-sama selurun program, peralatan, dan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB I PENDAHULUAN. Keuntungan pembangunan Jaringan Komputer di Perusahaan Resource sharing yaitu penggunaan bersama-sama selurun program, peralatan, dan."— Transcript presentasi:

1 BAB I PENDAHULUAN

2 Keuntungan pembangunan Jaringan Komputer di Perusahaan Resource sharing yaitu penggunaan bersama-sama selurun program, peralatan, dan data yang terdapat pada jaringan. Reliabilitas tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persedian. Menghemat uang. Komputer mainframe kira-kira memiliki kecepatan 10 kali lipat kecepatan komputer pribadi tetapi 1000 x lebih mahal. Skalabilitas, yaitu kemampuan untuk meningkatkan secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambahkan sejumlah prosesor.

3 Tujuan Pengguanaan Jaringan Komputer Kepada Perorangan Akses informasi yang berada di tempat yang jauh (misal membayar tagihan, home shopping, surat kabar online) Komunikasi orang ke orang (misal: , videoconference, kelompok diskusi) Hiburan interaktif (misal : game online, siaran langsung televisi)

4 Jaringan dengan 2 client dan 1 server

5 Komunikasi model client server

6 Hubungan perorangan pada jaringan

7 Masalah Sosial Jaringan Masalah Politik Masalah Agama Masalah Sex

8 Jenis Teknologi Transmisi Jaringan Broadcast Saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama dalam jaringan. Jaringan Point – to – point terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin.

9 Jaringan Broadcast dan point to point

10 Klasifikasi prosesor terinterkoneksi berdasarkan jarak

11 Local Area Network (LAN) Two broadcast networks (a) Bus (b) Ring

12 Metropolitan Area Networks

13 Wide Area Networks Hubungan antara host-host dengan subnet

14 Aliaran paket data pada WAN

15 Wireless network (1) (a) Bluetooth configuration (b) Wireless LAN

16 Wireless network (2)

17 Wireless network (3) (a) Individual mobile computers (b) A flying LAN

18 Protokol  Sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer  Memungkinkan 2 atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama

19 Fungsi Protokol Fragmentasi dan Reassembly : membagi paket data yang dikirim dan menggabungkan lagi pada sisi penerima Encaptulation : melengkapi berita dengan address, kode-kode koreksi dan lain-lain Connection control : membangun hubungan koneksi Flow control : mengatur perjalanan data Error control : mengontrol terjadinya kesalahan pengiriman data Transmision service : memberi pelayanan komunikasi data khususnya pada prioritas dan keamanan data

20 Hierarki Protokol Jaringan

21 Hierarki Protokol Arsitekstur filsuf – penerjemah - sekretaris B. Inggris B. Belanda B. Perancis

22 Hierarki Protokol Contoh Aliran Informasi yang mendukung komunikasi virtual pada layer 5

23 Sevice Primitif (operasi) Primitif (Operasi)Arti RequestSuatu entity meminta layanan untuk mengerjakan sesuatu IndicationSuatu entity perlu diinformasikan mengenai suatu kejadian ResponseSuatu entity ingin memberikan tanggapan terhadap suatu kejadian ConfirmTanggapan terhadap permintaan sebelumnya telah kembali

24 Contoh layanan primitif 1.CONNECT.request : meminta koneksi untuk di mulai 2.CONNECT. Indication : Signal entity yang dipanggil 3.CONNECT.response : digunakan oleh si pemanggil untuk menerima atau menolak panggilan 4.CONNECT.confirm : memberikan si pemanggil bahwa panggilannya telah di terima 5.DATA.request : meminta data untuk di kirimkan 6.DATA. Indication : Signal sampainya data 7.DISCONNECT. Request : meminta koneksi untuk di putuskan 8.DISCONNECT.indication : Signal peer tentang permintaan

25 Analogi layanan primitif 1.CONNECT.request : Memutar telepon bibi millie 2.CONNECT. Indication : telpon bibi millie 3.CONNECT.response : bibi millie mengangkat telpon 4.CONNECT.confirm : Anda mendengar bunyi nada panggil berhenti 5.DATA.request : anda mengundang bibi millie minum the 6.DATA.indication : Bibi millie mendengar undangan anda 7.DATA.reques : bibi millie berkata bahwa dia ingin memenuhi undangan anda 8.DATA.indication : Anda mendengar perkataan menerima undangan itu 9.DISCONNECT. Request : anda memutuskan hubungan telepon 10.DISCONNECT.indication : bibi millie mendengar anda telah memutuskan hubungan, maka diapun menyimpan gagang teleponya juga

26 Model-model referensi Model Referensi OSI Model Referensi TCP/IP

27 Model referensi OSI (Open System Interconnection) Dikembangkan oleh ISO (International Standards Organization). Suatu sistem jaringan yang memiliki arsitektur yang berbeda tetap dapat saling berkomunikasi dengan sistem lainnya.

28 Model referensi OSI (Open System Interconnection)

29 Kegunaan layer (1) Layer Aplikasi – Berurusan dengan program komputer yang digunakan oleh user (program yang hanya mengakses jaringan).

30 Kegunaan layer (2) Layer Presentasi – Bertugas mengurusi format data yang dipahami oleh berbagai macam media

31 Kegunaan layer (3) Layer Sesi (Session) – Bagaimana memulai, mengontrol dan mengakhiri suatu komunikasi

32 Kegunaan layer (4) Layer Transport – Pemilihan protokol yang mendukung error-recovery atau tidak. – Melakukan multiplexing, mengurutkan data – Melakukan segmentasi pada layer atasnya – Melakukan koneksi end-to-end – Mengirimkan segmen dari 1 host ke host yang lain – Memastikan reliabilitas data

33 Kegunaan layer (5) Layer Transport (Segmentasi pada layer atasnya)

34 Kegunaan layer (6) Layer Transport (Melakukan koneksi end-to- end)

35 Kegunaan layer (7) Layer Transport (Melakukan koneksi end-to- end)

36 Kegunaan layer (8) Layer Transport (Mengirim segmen dari satu host ke host yang lain)

37 Kegunaan layer (9) Layer Transport (Memastistikan reliabilitas data)

38 Konsep dan kegunaan layer (10) Layer Transport (Memastikan reliabilitas data)

39 Konsep dan kegunaan layer (11) Layer Network – Pengalamatan dan routing (IP)

40 Konsep dan kegunaan layer (12) Layer Datalink – Arbitration, pemilihan media fisik – Addressing, pengalaman fisik – Error Detection, menentukan apakah data telah berhasil terkirim. – Identify Data Encapsulation, menentukan pola header pada suatu data.

41 Interaksi antar layer pada OSI Tiap layer memberikan pelayanan pada layer di atasnya sesuai dengan spesifikasi protokolnya Tiap layer mengirim informasi komunikasi melalui software yang sama antar komputer

42 Model Referensi TCP/IP (1) (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) TCP bertugas menerima pesan elektronik dengan panjang sembarang dan membaginya ke dalam bagian-bagian. Apabila suatu bagian mengalami kerusakan selama transmisi, maka program pengirim hanya perlu mengulang transmisi bagian yang rusak

43 Model Referensi TCP/IP (2) (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Tugas IP – mengambil bagian – bagian – memeriksa ketepatan bagian-bagian, – pengalamatan ke sasaran yang dituju – memastikan apakah bagian-bagian tersebut sudah dikirm sesuai dengan urutan yang benar

44 Referensi model TCP/IP Tugas internet layer adalah mengirimkan paket-paket IP yang berisi informasi tujuan paket tersebut Terdapat 2 buah protokol : TCP (Transmission Control Protocol) : mengijiinkan sebuah aliran byte untuk di kirimkan tanpa error, memecah aliran byte data menjadi pesan-pesan diskrit dan meneruskan ke internet layer, sedangkan pada TCP penerima merangkai kembali pesan-pesan yang di terimananya UDP (User Datagram Protocol) : mengatur pengiriman byte data yang cepat di utamakan dari pada keakurantannya. Terdapat protokol tingkat tinggi yaitu: Protokol terminal virtual (TELNET) : mengijinkan pengguna log dan bekerja pada mesin dengan jarak jauh Protokol Transfer File (FTP) : pengiriman data dari mesin yang satu ke mesin yang lain secara efisien Surat Elektronik (SMTP) : penanganan masalah surat elektronik Domain Name Server (DNS) : memetakan nama-nama host ke alamat-alamat jaringan. Dll Pada layer ini harus terhubung ke jaringan dengan menggunakan protokol, sehingga host dapat mengirim paket IP melalui layer ini

45 Perbedaan model OSI dan TCP/IP OSITCP/IP Jumlah Layer7 layer4 layer Komunikasi Pada network layer menunjang komunikasi connectionless dan connection-oriented Pada transport layer hanya menunjang connection oriented Pada network layer hanya menunjang komunikasi connectionless saja Pada transport layer menunjang komunikasi connectionless dan connection-oriented

46 Contoh Jaringan : ARPANET Desain ARPANET orisinil Interface message processor

47 Pertumbuhan jaringan ARPANET (a) December (b) July (c) March (d) April (e) September 1972.

48 Contoh jaringan: NSFNET The NSFNET backbone in 1988.

49 Aplikasi internet tahun (1970 – 1990) kemampuan menyusun, mengirim, dan menerima pesan. News : forum khusus membicarakan topik yang sama. Remote login : penguna di manapun dalam jaringan dapat log ke mesin lainnya dengan mempunyai Account File transfer : pennguna dapat menyalin file dari satu mesin ke mesin lainnya.

50 ATM Virtual Circuits ATM (Asynchronous Transfer Mode) : Teknologi B-ISDN dapat beroperasi B-ISDN (Broadband Integrated Digital Network) yaitu layanan jaringan berkecepatan tinggi Teknologi ATM adalah pengiriman seluruh informasi dalam paket berukuran kecil dan berukuran tetap yang disebut sel.

51 Sebuah sel ATM

52 Model referensi ATM Berhubngan dengan medium fisik seperti tegangan, bit timing dan masalah sejenis Berhubungan dengan sel-sel dan pengiriman sel Memecah paket-peket menjadi sel-sel dan menggabungkan lagi di tempat tujuan Berhubungan dengan transpor data, pengendalian aliran, perbaikan error, dan fungsi-fungsi pengguna lainnyaBerhubungan dengan manajemen koneksi Manajemen sumber daya dan koordinasi antar layer

53 Layer dan Sublayer ATM, serta fungsinya Phisical Medium Dependent Menangani timing bit Memindahkan bit-bit informasi Transmition Convergence Mengirimkan sel-sel dalam bentuk string bit-bit ke PMD layer Memperoleh aliran bit masuk dari PMD layer Mengkonversi aliran bit menjadi aliran sel untuk ATM layer Menentukan layout sebuah sel dan menyatakan arti dari header sel Membuat dan memutus rangkaian maya Pengendalian kemacetan Memecah paket menjadi sel-sel pada sisi transisi dan menggabungkan kembali di tempat tujuan Menawarkan bentuk lain layanan bagi berbagai aplikasi Convergence sublayerSegmentation and reassembly


Download ppt "BAB I PENDAHULUAN. Keuntungan pembangunan Jaringan Komputer di Perusahaan Resource sharing yaitu penggunaan bersama-sama selurun program, peralatan, dan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google