Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MGMP PAI SMA/SMK MGMP PAI SMA/SMK Kab. Jombang Kab. Jombang Zakat, Haji dan Wakaf Memahami Perundang-undangan Zakat, Haji dan Wakaf Pendidikan Agama Islam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MGMP PAI SMA/SMK MGMP PAI SMA/SMK Kab. Jombang Kab. Jombang Zakat, Haji dan Wakaf Memahami Perundang-undangan Zakat, Haji dan Wakaf Pendidikan Agama Islam."— Transcript presentasi:

1

2 MGMP PAI SMA/SMK MGMP PAI SMA/SMK Kab. Jombang Kab. Jombang Zakat, Haji dan Wakaf Memahami Perundang-undangan Zakat, Haji dan Wakaf Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA

3 MGMP PAI Kab. Jombang Main Menu Identitas Peta Konsep Materi Pokok Latihan & Tugas

4 MGMP PAI Kab. Jombang KOMPETENSI DASAR Menjelaskan perundang- undangan tentang pengelolaan zakat, haji dan wakaf Undang-undang Zakat, Haji, Wakaf IDENTITAS INDIKATOR 1.Menyebutkan pengertian zakat, haji 2.Menyebutkan dasar,hukum zakat, haji dan wakaf 3.Menjelaskan macam-macam dan ketentuan zakat. 4.Menjelaskan pengelolaan zakat, Haji, dan Wakaf di Indonesia.

5 MGMP PAI Kab. Jombang PETA KONSEPZAKATHAJIWAKAF PENGERTIAN DASAR HUKUM HUKUM MACAM-MACAM DAN KETENTUAN HUKUM PELAKSANAANRUKUN PENGELOLAANPENYELENGGARAANPENGELOLAAN

6 MGMP PAI Kab. Jombang Materi Pokok HAJI WAKAF ZAKAT

7 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi ZAKAT  Zakat bersal dari bahasa arab Zakka yang artinya : berkembang, tumbuh, bertambah, menyucikan, membersihkan. Lihat Q.S At Taubah(9): 103, Q.S Asy Syam(91): 9.  Sedangkan menurut istilah syariat Islam zakat adalah mengeluarkan sebagian harta tertentu yang diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan beberapa syarat.

8 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi DASAR DAN HUKUM ZAKAT 1.Q.S Al Baqoroh (2) : 43 Artinya : Dirikanlah sholat dan tunaikan zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’ ( Q.S Al Baqoroh (2) ; 43). 2.Hadits Rasulullah yang ditujukan kepada Mu’adz bin Jabal agar ke Yaman untuk memberitahu : Artinya : Beritahukanlah kepada mereka bahwasanya Allah telah mewajibkan kepada mereka shodaqoh ( zakat ) yang diambil dari orang- orang kaya dan dikembalikan lagi kepada orang- orang fakir diantara mereka.( H.R.Jama’ah ) 3.Hukum zakat adalah fardlu ‘ain.

9 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi MACAM-MACAM DAN KETENTUAN ZAKAT 1.Zakat fitrah ( zakat pribadi ) sebanyak 2.5 kg bahan makanan pokok bagi setiap muslim-muslimat yang memiliki kelebihan bahan makanan pada malam hari raya fitrah dan siangnya 2.Zakat maal meliputi :

10 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi NoNAMA BARANGNISOBNYAZAKATYAHAUL 1.Emas20 dinar (93,6 gram )2.5 %1 tahun 2.Perak200 dirham (672 gram )2,5 %1 tahun 3.Uang kontanSenilai emas2,5 %1 tahun 4.Harta perniagaanSenilai emas2,5 %1 tahun 5.Sapi/kerbau 30 s/d 39 sapi/kerbau 40 s/d 59 sapi/kerbau 1 ekor anak sapi umur 1 tahun 1 ekor sap/kerbau umur 2 tahun 1 tahun 6.Kambing/domba 40 s/d 120 ekor 121 s/d 200 ekor 1 ekor 2 ekor 1 tahun 7.Petanian/perkebunan kg gabah atau 750 kg beras 5 % dg. Irigasi bayar. 10 % dg. Irigasi air hujan Tiap panen Zakat Maal Meliputi :

11 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi PENGELOLAAN ZAKAT DI INDONESIA  Untuk kepentingan pengumpulan, pengelolaan dan pembagian zakat di Indonesia dilakukan oleh Badan Amil Zakat ( BAZ ) atau Lembaga Amil Zakat ( LAZ ) yang dibentuk masyarakat dan pemerintah.

12 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi H A J I  Haji artinya menyengaja, bermaksud.  Umrah artinya ziarah, kunjungan.  Menurut istilah Haji adalah menyengaja mendatangi Ka’bah ( Baitullah ) untuk menunaikan amalan- amalan tertentu dengan syarat, rukun, tempat dan waktu tertentu ( 9, 10, 11, 12, 13 Dzul hijjah ).  Sedangkan Umrah menurut istilah ialah sengaja mendatangi Ka’bah untuk melaksanakan amalan tertentu yang terdiri dari towaf, sa’i dan tahallul. Umrah dapat dilakukan setiap saat.

13 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi  Dasar, hukum haji dam umrah. 1.Q.S A Haj (22) : 27 – 28 2.Q.S Ali Imran (3) : 97 3.Q.S Al Baqoroh (2) : 196 – 197  Hukum menunaikan ibadah haji, ulama’ fiqih sepakat fardlu ‘ain bagi muslim muslimat yang telah memenuhi syarat wajibnya, sedangkan umrah hukumnya sunnah.

14 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi Penyelenggara haji dan umrah di Indonesia. 1.Penyelenggara : Pemerintah dan/atau masyarakat dibawah koordinasi Menag yang bertanggung jawab sebagai tugas nasional. 2.Koordinasi haji tingkat pusat oleh Menag 3.Koordinasi haji tingkat Propinsi oleh Gubernur 4.Koordinasi haji tingkat Kab,/Kodya oleh Bupati/Wali kota 5.Di Saudi Arabia oleh Kepala Perwakilan Republik Indonesia.

15 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi Pemerintah menetapkan besarnya BPIH setelah mendapatkan persetujuan DPR RI BPIH yang dikenal juga dengan ONH itu ditetapkan dengan kurs dollar Amerika pada waktu pembayaran. Untuk kepentingan BPIH itu pemerintah menetapkan zona –zona : 1.Zona I meliputi : Embarkasi Banda Aceh, Embarkasi Medan, Embarkasi Batam. 2.Zona II meliputi : Embarkasi Jakarta, Embarkasi Solo, Embarkasi Surabaya. 3.Zona III meliputi : Embarkasi Makasar, Embarkasi Balikpapan, Embarkasi Banjarmasin.

16 MGMP PAI Kab. Jombang GELOMBANG 1 INDONESIA MADINATUL HUJAJ MADINAH BANDARA KING ABD AZIZ MAKKAH MINA MUZDALIFAH ARAFAH BIR ALI MADINAH

17 MGMP PAI Kab. Jombang GELOMBANG 2 INDONESIA MADINATUL HUJAJ MADINAH BANDARA KING ABD AZIZ MAKKAH MINA MUZDALIFAH ARAFAH MADINAH

18 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi PENDAFTARAN  Muslim – muslimat Indonesia yang akan berangkat menunaikan ibadah haji wajib mendaftarkan diri ke Depag Kabupaten/Kota madya dengan membawa persyaratan – persyaratan yang ditetapkan.

19 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi WAKAF Banyak cara yang dilakukan muslim – muslimat untuk menyerahkan hartanya kepada seseorang atau badan hokum ( lembaga ) dengan motivasi pengabdian kepada Allah SWT, diantaranya dengan wakaf.  Secara bahasa wakaf artinya berhenti atau menahan.  Secara istilah wakaf adalah menyerahkan suatu benda yang kekal zatnya untuk diambil manfaatnya oleh umum (masyarakat)  Wakaf termasuk amaliah shodaqoh yang sangat berat untuk dilaksanakan sebab biasanya berupa menyerahkan harta yang disenangi seperti tanah, sawah atau pekarangan. Dalam hal ini Allah berfirman : Artinya : “Kamu sekali–kali tidak sampai kepada kebajikan (sempurna) sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (Q.S Ali Imran : 92).

20 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi HUKUM WAKAF  Wakaf sebagai amaliyah sunnah yang sangat besar manfaatnya bagi wakif yaitu sebagai shodaqoh jariyah. Rosulullah bersabda : Artinya : Apabila anak Adam meninggal dunia maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mau mendo’akan. ( HR Muslim )

21 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi RUKUN WAKAF. 1.Wakif (orang yang wakaf), syaratnya : 1)Atas kehendak sendiri, bukan dipaksa. 2)Berhak berbuat kebaikkan. 2.Mauquf (barang yang diwakafkan), syaratnya : 1)Kekal zatnya. 2)Jelas barangnya dan milik wakif sendiri. 3.Mauquf alaih atau nadlir (sekelompok orang atau badan hukum yang disertai tugas mengurus dan memelihara barang wakaf), syaratnya : 1)Berhak memiliki sesuatu. 2)Tidak boros dan berakal sehat. 3)Tidak dibawah pengampunan. 4.Sighat atau ikrar wakaf, syaratnya : 1)Tidak memakai ta’lik ( persyaratan ). 2)Tidak dibatasi dengan waktu.

22 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi WAKAF DI INDONESIA Perwakafan di Indonesia diatur dalam : 1.U.U RI No.41 Tahun 2004 tentang wakaf, tanggal 27 Oktober PP No.28 Tahun 1977, tentang Perwakafan Tanah Milik 3.Peraturan Menteri Dalam Negeri No.6 Tahun 1977, tentang Tata Cara Pendaftaran Tanah Mengenai Perwakafan Tanah Milik. 4.Perturan Menteri Agama No.1 Tahun 1998, tentang Peraturan Pelaksanaan PP No. 28 Tahun 1977 tentang Perwakafan Tanah Milik. 5.Untuk selanjutnya ditingkat masyararakat yang menangani langsung perwakafan diserahkan kepada Departemen Agama dan Departemen Dalam Negeri. 6.Ditingkat paling bawah, urusan wakaf dilayani oleh Kantor Urusan Agama yang dalam hal ini kepala KUA sebagai Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW ).

23 MGMP PAI Kab. Jombang Uraian Materi TATA CARA WAKAF DAN PENDAFTARANNYA 1.Calon wakif melengkapi surat–surat yang diperlukan untuk perwakafan tanah. 2.Wakif mengucapkan ikrar wakaf 3.Wakif yang tidak mampu hadir di hadapan PPAIW dapat membuat ikrar wakaf secara tertulis 4.PPAIW membuat Akta Ikrar Wakaf 5.PPAIW atas nama nadlir mengajukan permohonan pendaftaran tanah wakaf kepada bupati/walikota c.q Badan Pertanahan Nasional setempat untuk dicatat dan diterbitkan sertifikat tanah wakaf 6.Dengan telah didaftarkan dan dicatatkannya tanah wakaf tersebut dalam bentuk sertifikat, maka tanah wakaf itu telah mempunyai kekuatan hukum dan alat pembuktian yang kuat

24 MGMP PAI Kab. Jombang Latihan dan Tugas TUGAS 1 (ZAKAT) 1.Pak H. Hasan memiliki anggota keluarga terdiri dari bu Hj. Hasan, 2 putra, 3 putri dengan seorang pembantu. Pada malam ke 28 Romadlon lahir anak yang ke 6 dari pasangan pak H. Hasan dan bu Hj. Hasan. Pertanyaan : Berapa zakat fitrah yang harus dibayarkan oleh pak H. Hasan ? 2.Tahun ini paman panen : a.Jagung dengan hasil bersih seberat 3000 kg b.Kacang dengan hasil bersih seberat 800 kg c.Cabe dengan hasil bersih seberat 20 kg d.Kedelai dengan hasil bertsih seberat kg 1)Semuanya diairi dengan irigasi bayar. 2)Berapa masing-masing zakatnya ? 3)Bagaimana cara pembagiannya ? 3.Tuliskan Q.S at Taubah(9): 103 lengkap dengan terjemahnya, dan sebutkan 3 isi kandungan ayat tersebut !

25 MGMP PAI Kab. Jombang Latihan dan Tugas TUGAS 2 (HAJI) 1.Sebutkan 5 syarat wajib haji ! 2.Tanggal berapa pelaksanaan ibadah haji ? 3.Tuliskan ayat al Quran dan terjemahnya yang menjadi dasar pelaksanaan haji ! 4.Sebutkan instansi yang berwewenang menyelenggarakan ibadah haji ! 5.Jelaskan tentang KBIH ! 6.Jelaskan kewenangan KBIH ! 7.Sebutkan tugas – tugas KBIH ! 8.Bagaimana keterlibatan Bank dan DEPKES dalam penyelenggaraan ibadah haji?

26 MGMP PAI Kab. Jombang Latihan dan Tugas TUGAS 3 WAKAF 1.Buatlah kelompok maksimal 5 orang. 2.Cari atau mintalah contoh ikrar wakaf ke Kantor Urusan Agama,serta gali informasi tentang prosedur wakaf. 3.(Tulis dan buatlah laporan yang baik)

27 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban KembaliPemberangkatan

28 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Pembagian Paspor dan Pengecekan Bagasi

29 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Suasana dalam Pesawat

30 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Next Shalat Arba’in di Masjid Nabawi

31 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Next Shalat Arba’in di Masjid Nabawi

32 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Suasana Roudloh

33 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Next Suasana Thawaf

34 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Suasana Sa’i

35 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Suasana Wukuf di Arafah

36 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Suasana Mabit di Muzdalifah

37 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Mabit di Mina

38 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Suasana di Jamarat

39 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Pemotongan Qurban

40 MGMP PAI Kab. Jombang Perjalanan Haji Proses Haji Pemberangkatan Pembagian Pasport Menaiki Pesawat Arbain (Madinah) Makkah Arafah Muzdalifah Mina Jamarat Qurban Kembali Kembali ke daerah

41 MGMP PAI SMA/SMK MGMP PAI SMA/SMK Kab. Jombang Kab. Jombang Semoga Bermanfaat


Download ppt "MGMP PAI SMA/SMK MGMP PAI SMA/SMK Kab. Jombang Kab. Jombang Zakat, Haji dan Wakaf Memahami Perundang-undangan Zakat, Haji dan Wakaf Pendidikan Agama Islam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google