Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

-Mempunyai saluran ginjal dan kelamin bermuara di urogenital(belakang anus) -Mengeluarkan zat sisa berbentuk cairan -Urine dikeluarkan lewat kloaka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "-Mempunyai saluran ginjal dan kelamin bermuara di urogenital(belakang anus) -Mengeluarkan zat sisa berbentuk cairan -Urine dikeluarkan lewat kloaka."— Transcript presentasi:

1

2

3 -Mempunyai saluran ginjal dan kelamin bermuara di urogenital(belakang anus) -Mengeluarkan zat sisa berbentuk cairan -Urine dikeluarkan lewat kloaka atau porus urogenitalis (pada ikan yg bernafas dg insang) -Urine dikeluarkan melalui kloaka dan karbon dioksida melalui paru paru(pada ikan yag bernafas dg paru paru)

4 Konsentrasi kadar garam lebih tinggi dari lingkungan Air dari lingkungan masuk ke dalam & garam ke luar tubuh Untuk menjaga kestabilan garam tubuh,mengeluark an kelebihan air lewat ginjal Glomerulus ikan air tawar berkembang Urin yang dihasilkan Encer

5 Kadar garam yang lebih rendah dari lingkungan Ikan kehilangan cairan,sehingga minum air laut Mendapat garam dari lingkungan & akan dibuang ke lingkungan karena berlebih melalui feses Urin yang dihasilkan sangat sedikit Glomerolus tidak berkembang & bahkan ada yang tidak memiliki (ex:Antennarus multicellatus)

6 Alat ekskresi berupa nefridium. Metanefridium terdapat sepasang pada tiap segmen kecuali segmen terakhir. Metanefridium memiliki dua lobang saluran yaitu nefrostom di anterior dan nefrostom di posterior. Cairan tubuh mengalir melalui nefridium, zat yang diperlukan tubuh seperti air, zat makanan dan ion-ion diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran dan zat sisa (sampah nitrogen ) diekskresikan melalui nefridioifor.

7 Mempunyai organ nefridium yang disebut sebagai protonefridium Di dalam protonefridium terdapat sel api yang dilengkapi dengan silia. Tiap sel api mempunyai beberapa flagela yang gerakannya seperti gerakan api lilin. Air dan beberapa zat sisa ditarik ke dalam sel api. Gerakan flagela juga berfungsi mengatur arus dan menggerakan air ke sel api pada sepanjang saluran ekskresi. Pada tempat tertentu, saluran bercabang menjadi pembuluh ekskresi yang terbuka sebagai lubang di permukaan tubuh (nefridiofora). Air dikeluarkan lewat lubang nefridiofora ini. Sisa nitrogen lewat dari sel ke sistem pencernaan dan diekskresikan lewat mulut. Beberapa zat sisa berdifusi secara langsung dari sel ke air.

8 Insekta Insekta bereksresi dengan Pembuluh Malphigi Pembuluh Malphigi terletak di antara usus tengah dan usus belakang. Pembuluh malpighi berfungsi sebagai ginjal. Serangga juga mempunyai sistem trakea yang berfungsi sebagai paru-paru dan pengeluaran zat sisa berupa CO 2. Darah (hemolimfa) mengalir melalui pembuluh malpighi. Bahan yang mengandung nitrogen diendapkan sebagai asam urat, sedang air dan garam diserap kembali secara osmosis dan transpor aktif. Asam urat dan sisa air masuk ke usus halus dan sisa air diserap kembali. Kristal asam urat dieksresikan bersama feses melalui anus.

9

10

11 Unggas Unggas berekskresi dengan sepasang Ginjal Metanefros. Tidak punya vesika urinaria. Hasil ekskresi langsung ke kloaka melalui ureter. Burung laut mengekskresikan zat berupa asam urat dan garam. Kelebihan larutan garam akan mengalir ke rongga hidung dan keluar melalui Nares (lubang hidung) karena burung laut banyak meminum air laut. Kelenjar pensekresi garam terdapat di atas mata.

12 Anelida dan Mollusca Anelida dan mollusca mempunyai organ nefridium yang disebut metanefridium. Pada cacing tanah yang merupakan anggota anelida, setiap segmen dalam tubuhnya mengandung sepasang metanefridium, kecuali pada tiga segmen pertama dan terakhir.

13 Metanefridium memiliki dua lubang. Lubang yang pertama berupa corong, disebut nefrostom (di bagian anterior) dan terletak pada segmen yang lain. Nefrostom bersilia dan bermuara di rongga tubuh (pseudoselom). Rongga tubuh ini berfungsi sebagai sistem pencernaan.Corong (nefrostom) akan berlanjut pada saluran yang berliku-liku pada segmen berikutnya.

14 PROSES Bagian akhir dari saluran yang berliku-liku ini akan membesar seperti gelembung. Kemudian gelembung ini akan bermuara ke bagian luar tubuh melalui pori yang merupakan lubang (corong) yang kedua, disebut nefridiofor. Cairan tubuh ditarik ke corong nefrostom masuk ke nefridium oleh gerakan silia dan otot. Saat cairan tubuh mengalir lewat celah panjang nefridium, bahan-bahan yang berguna seperti air, molekul makanan, dan ion akan diambil oleh sel-sel tertentu dari tabung. Bahan-bahan ini lalu menembus sekitar kapiler dan disirkulasikan lagi. Sampah nitrogen dan sedikit air tersisa di nefridium dan kadang diekskresikan keluar. Metanefridium berlaku seperti penyaring yang menggerakkan sampah dan mengembalikan substansi yang berguna ke sistem sirkulasi.

15

16


Download ppt "-Mempunyai saluran ginjal dan kelamin bermuara di urogenital(belakang anus) -Mengeluarkan zat sisa berbentuk cairan -Urine dikeluarkan lewat kloaka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google