Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEJARAH PERKEMBANGAN DAN TIPE-TIPE TRAKTOR DI BIDANG PERTANIAN A. SEJARAH PERKEMBANGAN TRAKTOR Tahun 1858: Traktor motor uap beroda besi oleh JW. Fawkes.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEJARAH PERKEMBANGAN DAN TIPE-TIPE TRAKTOR DI BIDANG PERTANIAN A. SEJARAH PERKEMBANGAN TRAKTOR Tahun 1858: Traktor motor uap beroda besi oleh JW. Fawkes."— Transcript presentasi:

1 SEJARAH PERKEMBANGAN DAN TIPE-TIPE TRAKTOR DI BIDANG PERTANIAN A. SEJARAH PERKEMBANGAN TRAKTOR Tahun 1858: Traktor motor uap beroda besi oleh JW. Fawkes dg alat luku 8 singkal dan kec. 4,5 km/jam. Tahun 1868: “Standisk Steam Plow” dg bajak putar dan alat tanam. Kronologis perkembangan: Tahun 1873: Traktor beroda rantai pertama dari Parvin. Tahun 1876: NA Otto memperoleh paten untuk motor bakar internal (bensin). “ Tahun 1889: Telah ada sedikitnya satu perusahaan yang memproduksi traktor dengan MB internal di USA. Tahun : Telah ada perusahaan yang memproduksi traktor dengan MB internal di USA. Traktor pertanian dilengkapi gigi/gear transmisi tertutup dan bantalan anti gesekan. Traktor kecil dan besar diperkenalkan. Traktor tanpa kerangka landasan dibuat pertama kali. Introduksi PTO (Power Take Off). Undang- undang pengujian traktor di Nebraska.traktor dengan MB internal di USA.

2 Tahun : Penggunaan traktor serbaguna (all purpose traktor). Tahun : Penggunaan motor diesel pada traktor ukuran besar. Penggunaan ban karet pada traktor dengan kecepatan lebih besar. Tahun : Penggunaan tiga titik gandeng (three-point-linkage/hitch) dan kontrol hidrolik yang automatis pada alat-alat yang ditarik. Sistem penyundutan/penyalaan dengan memanfaatkan sumber daya batterei mulai populer. Penggunaan PTO yang hidup mulai digunakan. Penggunaan traktor tangan dan kebun berkembang pesat. Tahun : Traktor dengan daya lebih besar berkembang pesat. Traktor dengan motor diesel berkembang pesat dan menggantikan traktor bermotor bakar bensin. Traktor dengan “power steering”, “transmisi otomatis” dengan gigi-gigi (gears) lebih banyak tersedia. Tahun : Daya Traktor dengan daya lebih besar meningkat pemakaiannya. Semua traktor berukuran besar telah menggunakan motor diesel. Penyempurnaan desain dan peningkatan efisiensi serta usaha-usaha penyeragaman (standardization) telah dilakukan. Perkembangan traktor terfokus ke arah kenyamanan dan keamanan. Tahun : Penggunaan “turbo charger” pada motor diesel dengan pendinginan sendiri. Penggunaan “cab” pada traktor-traktor besar. Penggunaan traktor “4-wheels drive” meningkat.4-wheels drive” meningkat.

3 Perkembangan selanjutnya lebih mengarah pada tingkat kenyamanan, keamanan serta pengontrolan jarak jauh. B. TIPE-TIPE TRAKTOR Berdasarkan sistem traksi dan putaran roda: a. Traktor roda ban:  Traktor roda satu  Traktor roda dua  Traktor roda tiga  Traktor roda empat  Traktor beroda lebih dari empat. b. Traktor dengan roda rantai (crawler tractor)Traktor dengan roda rantai c. Traktor dengan kombinasi roda ban dan rantaiTraktor dengan kombinasi

4 Berdasarkan penggunaan di lapang: a. Traktor standar/tujuan umum (general purpose) b. Traktor serba guna (all purpose) c. Traktor untuk kebun buah-buahan (orchads) d. Traktor untuk industri (industrial) e. Traktor tangan untuk kebun kecil (garden) Berdasarkan daya yang tersedia: 1. Traktor kecil (daya < 15 kW), terdiri atas: a.Traktor tangan (2 roda)Traktor tangan (2 roda Klas A: ≤3,5 kW, Klas B: 3,5 – 5,5 kW, Klas C: 5,5 – 9,5 kW.

5 b. Traktor mini (4 roda), daya 10 – 15 kW. 2. Traktor sedang (4 roda), daya 22 – 34 kW.Traktor sedang (4 roda), daya 22 – 34 kW. 3. Traktor besar (4 roda), daya ≥50 kW.Traktor besar (4 roda), daya ≥50 kW. Untuk budidaya pertanian, Traktor besar (4 roda) dapat digolongkan sbb.: a.Traktor dg daya kW; b.Traktor dg daya kW; c.Traktor dg daya ≥ 90 kW. Untuk traktor beroda rantai yg digunakan untuk pembukaan dan penyiapan lahan dapat digolongkan sbb.:beroda rantai a.Traktor dg daya ≤ 60 kW, umumnya untuk pengolahan tanah; b.Traktor dg daya kW, untuk pembukaan & penyiapan lahan dg keadaan hutan sekunder; c.Traktor dg daya 150 – 275 kW, untuk pembukaan hutan primer terganggu; d.Traktor dg daya ≥ 275 kW, untuk pembukkan hutan belantara (primer) & proyek-proyek besar.


Download ppt "SEJARAH PERKEMBANGAN DAN TIPE-TIPE TRAKTOR DI BIDANG PERTANIAN A. SEJARAH PERKEMBANGAN TRAKTOR Tahun 1858: Traktor motor uap beroda besi oleh JW. Fawkes."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google