Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 CREATIVE STRATEGY Introduksi Sesi 01 1.Strategi Kreatif untuk Kegiatan PR (BTL = Below The Line) dalam Komunikasi Korporasi. 2.Strategi Kreatif untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 CREATIVE STRATEGY Introduksi Sesi 01 1.Strategi Kreatif untuk Kegiatan PR (BTL = Below The Line) dalam Komunikasi Korporasi. 2.Strategi Kreatif untuk."— Transcript presentasi:

1 1 CREATIVE STRATEGY Introduksi Sesi 01 1.Strategi Kreatif untuk Kegiatan PR (BTL = Below The Line) dalam Komunikasi Korporasi. 2.Strategi Kreatif untuk Advertising (ATL = Above The Line) dalam Komunikasi Korporasi. Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.

2 2 STRATEGY Strategi (Strategy): Suatu perencanaan menyeluruh secara komprehensif, terpadu (integrated) dalam jangka menengah hingga panjang. Taktik (Tactic): Bagian dari strategi, dalam jangka pendek, untuk menyiasati suatu persoalan parsial (bagian-bagian). Rencana (Plan): suatu penjadualan program kerja (janji) untuk diwujudkan. Tujuan (Objective): bagian dari goal (sasaran) yang hendak dicapai secara spesifik dan jangka pendek. Sasaran (goal): Kumpulan tujuan secara umum dalam jangka pendek (1 tahun). Visi  Misi  Goals  Objectives  Program Aksi. Teknik (Technique): suatu metode, cara, kiat untuk melakukan kegiatan atau program agar berhasil baik. Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.

3 3 KREATIF (CREATIVE) Kreatif (Creative) : Suatu idea/gagasan yang memperlihatkan adanya terobosan, inovasi, keunikan yang berbeda dari kebanyakan sehingga mampu menarik perhatian. Jadi elemen atau konsep-konsep yang tercakup antara lain: 1.Keterampilan 2.Keunikan 3.Idea/gagasan 4.Inovasi (innovation) 5.Berbeda (different) 6.Upaya (Effort) 7.Terobosan (Unusual) 8.Menarik perhatian (eye catching) 9.Sensitif (untuk menemukan idea) Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.

4 4 CREATIVE STRATEGY Adalah suatu perencanaan menyeluruh dan terpadu mengenai idea/gagasan dalam periklanan dan Humas (khususnya) dan komunikasi pemasaran (pada umumnya) agar pesan yang disampaikan benar-benar mampu menarik perhatian dan minat audiens dengan menampilkan keunikan, perbedaan, inovasi dalam gagasan dan eksekusi pesan yang terkandung di dalamnya. Term (istilah) “eksekusi” dalam dunia iklan dan PR activities maksudnya penyusunan dan delivery pesan kepada audiens. Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.

5 5 TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS 1.Menguasai seluruh elemen Komunikasi Pemasaran (IMC) dari sisi kreatif idea/gagasan. 2.Menguasai sisi kreatif pesan dalam proses produksi iklan (semua media). 3.Memadukan konsep kreatif dari satu jenis media ke jenis media lain. 4.Memadukan konsep kreatif iklan dengan konsep kreatif kegiatan (event) dalam Public Relations.  Activation = BTL untuk mendukung (supporting) ATL. Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.

6 6 5.Menggagas secara kreatif berbagai event PR dan Periklanan untuk memadukan straqtegi pencitraan korporasi secara menyeluruh. 6.Membangun merek (brand building) sebagai aset perusahaan melalui program sinergis. Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.

7 7 OBJEKTIF KELAS Total: 14 Sesi Sesi 1 s/d 8 UTS, objektifnya adalah: 1. Mahasiswa harus mampu menyusun gagasan mengenai kreatif sebuah Advertorial (Korporatorial atau iklan bercerita untuk media cetak). 2. Mahasiswa harus mampu menyusun Storyline (sinopsis/plot) untuk kreatif Advertorial (Infomercial) Televisi. Sesi 9 s/d 14 UAS, objektifnya adalah: 1. Mahasiswa harus mampu menyusun skenario On Air Wawancara dan diskusi di Radio (dari sisi tamu/perusahaan/sponsorship) 2. Mahasiswa harus mampu menyusun naskah sandiwara radio (iklan) suatu produk (barang atau jasa). Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.

8 8 Penentuan Produk Dipilih sendiri oleh mahasiswa, usahakan produk itu berkaitan dengan karier saat ini atau yang diinginkan (preferensi di masa depan) Lakukan pendalaman pemahaman produk tersebut, kumpulkan product knowledge-nya, pesaing-pesaingnya, keunggulan produk itu sendiri dan selling point-nya (Product Brief) Tentukan suatu PR event yang special untuk produk bersangkutan, seolah-olah telah berlangsung dan kegiatan itu sukses sehingga harus diketahui oleh khalayak. Kumpulkan bank data mengenai visual—berupa foto dan atau grafis—berkaitan dengan produk bersangkutan, tetapi tulisan tidak boleh terlalu ilmiah, namun sifatnya populer. Enak dibaca dan perlu bagi khalayak. Tulislah naskah tersebut dlam format Word terlebih dahulu dan diperiksa dosen, kemudian jika OK dipindahmlayoutnya ke dalam Pagemaker atau Adobe Photoshop, dengan tata letak dan desain grafis yang menarik. Ukuran Advertorial Cetak: 5 kolom x 210 mm (lihat Kompas), finalnya dicetak di atas Artpaper 100 gr, colour. Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.

9 9 Langkah-langkah Pengerjaan Tugas 1.Mengumpulkan semua informasi mengenai merek bersangkutan. Kemudian disusun keunggulannya, dan selling point yang akan menjadi titik tolak pencetusan idea kreatif.  COMMUNICATOR 2.Menganalisa sejauhmana brand bersangkutan dalam persaingan, termasuk posisinya, market share (jika ada), apa saja yang dilakukan pihak pesaing. 3.Menganalisa media yang cocok dengan karakter produk di atas, dan sesuai dengan audiens (target pasar), mulai dari media cetak, tv dan radio.  MEDIA COMMUNICATOR  MEDIA  MESSAGE  RECEIVER Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.

10 10 4.Menganalisis audiens (target pasar) melalui segmentasi, targeting, dan positioning (STP), sehingga audiens yang dituju benar-benar jitu. Lakukan melalui segmentasi demografis, psikografis, dst.  RECEIVER 5.Memulai menyusun strategi kreatif (message strategy), idea cerita YANG MENGANDUNG KONOTASI, storyline, visual (ilustrasi gambar), copywriting (penulisan naskah), tata letak (layout) dan desain grafis. Strategi Kreatif, Sesi 01, Prepared by Z. Hidayat, M.Si.


Download ppt "1 CREATIVE STRATEGY Introduksi Sesi 01 1.Strategi Kreatif untuk Kegiatan PR (BTL = Below The Line) dalam Komunikasi Korporasi. 2.Strategi Kreatif untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google