Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 KOMUNIKASI DATA Di Susun Oleh : Muh. Syarifudin 2112R0505 Teknik Informatika Semester IV

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 KOMUNIKASI DATA Di Susun Oleh : Muh. Syarifudin 2112R0505 Teknik Informatika Semester IV"— Transcript presentasi:

1 1 KOMUNIKASI DATA Di Susun Oleh : Muh. Syarifudin 2112R0505 Teknik Informatika Semester IV komunikasi-data-data-communication/

2 2 TUJUAN PENULISAN MAKALAH  Mengetahui pengertian komunikasi data.  Mengetahui tentang keuntungan dari komunikasi data dan tujuan komunikasi data.  Mengetahui tentang komponen system komunikasi data.  Menambah wawasan tentang komunikasi data.

3 3 PERUMUSAN MASALAH Bagaimana pengertian dari komunikasi data. Manfaat komunikasi data. Bagaimana proses komunikasi data dapat dilakukan, serta jenis-jenis media yang diperlukan dalam komunikasi data.

4 4 Definisi Komunikasi Data Komunikasi berasal dari bahasa Inggris ‘Communication’, secara etimologis berasal dari bahasa Latin ‘Commicatus’, dan perkataan ini bersumber dari kata ‘Communis’ yang memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi miliki bersama’. Komunikasi berarti suatu proses membangun saling pengertian dengan menciptakan dan menggunakan informasi agar tehubung satu sama lain. Data berasal dari kata ‘datum’ yang berarti materi atau kumpulan fakta yang dipakai untuk keperluan suatu analisa. Data merupakan sesuatu yang masih belum mempunyai arti bagi penerimanya dan memerlukan suatu pengolahan untuk menjadi informasi. Data bisa berwujud suatu kedaan, gambar, huruf, angka, bahasa, simbol matematika dan simbol lainnya yang bisa digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupun suatu konsep.

5 5 Definisi Komunikasi Data (cont’d) Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data secara elektronik dari dua atau lebih alat yang terhubung kedalam sebuah jaringan (network) melalui suatu media.

6 6 Perangkat Keras Komunikasi Data a.Terminal (Alat Input) : keyboard, telepon tombol, titik penjualan (point of sale), terminal pengumpulan data. b.Cluster Control Unit berfungsi untuk membangun hubungan antara terminal yang dikendalikan dengan peralatan- peralatan dan saluran-saluran. c.Modem yaitu peralatan khusus yang digunakan agar sirkuit telepon dapat digunakan sebagai komunikasi data.

7 7 Perangkat Keras Komunikasi Data (con’t) d.Multiplexer adalah alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan pesan secara serentak. e.Saluran berfungsi untuk melaksanakan fungsi transmisi dalam berbagai cara. Contoh: kabel, fiberoptik, dll. f.Front-End Processor menangani lalulintas data yang masuk dan keluar bagi host komputer. Berfungsi sebagai unit input/output dari host dengan menerima pesan-pesan dari terminal. g.Host berfungsi mengerjakan pemrosesan data untuk jaringan.

8 8 Perangkat Lunak Komunikasi Data 1. Perangkat Lunak dalam Host TCM ( Telecommuncation Monitor ) berfungsi sebagai: –Menempatkan pesan dalam suatu urutan titik berdasarkan prioritasnya. Melaksanakan fungsi keamanan dengan mempertahankan catatan (log) kegiatan dari setiap terminal dan memeriksa apakah suatu terminal berwenang untuk mengerjakan tugas atau tidak. –Menghubungkan jaringan data komputer dengan sistem manajemen database. –Menangani gangguan-gangguan kecil dalam pemrosesan.

9 9 2. Perankat Lunak dalam Front-End Processor NCP ( Network Control Program ) berfungsi sebagai: –Menentukan jika terminal ingin menggunakan saluran. –Memelihara catatan kegiatan saluran dengan memberikan tanggal dan waktu, nomor pada setiap pesan. –Mengubah kode-kode yang digunakan oleh satu jenis peralatan. Misalnya: IBM ke DEC. –Melaksanakan fungsi editing pada tiap data yang masuk dengan memeriksa kesalahan dan mengatur lagi formatnya. –Menambahkan dan menghapus kode-kode routing. –Memelihara file historis dari pesan-pesan yang masuk. –Memelihara statistik atas penggunaan jaringan. Perangkat Lunak Komunikasi Data

10 10 Jaringan Komunikasi Data 1. Jaringan Luas / WAN ( Wide Area Network ) Meliputi area geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi seperti telepon, transmisi satelit dan kabel bawah laut. Melibatkan host computer, hardware/software komputer. Contoh: jaringan perbankan antar daerah, sistem pemesanan tiket pesawat. 2. Jaringan Setempat / LAN ( Local Area Network ) Meliputi area yang terbatas, menghubungkan hingga ratusan komputer mikro yang berlokasi di area yang relatif kecil seperti gedung dan beberapa gedung yang berdekatan. Memungkinkan beberapa pemakai berbagi software, data dan peralatan.

11 11 Bentuk Sistem Komunikasi Data 1. off-line communication system Suatu bentuk sistem komunikasi data yang sederhana dapat berbentuk off-line communication system,yaitu data yang ditransmisikan tidak langsung diproses oleh CPU penerima. 2. On-Line Communication System Suatu on-line communication system, data yang dikirimkan akan langsung diterima oleh komputer pusat untuk diolah. On-Line Communication System dapat berbentuk a.remote job entry (RJE) system b.realtime system c.time sharing system d.client server system e.distributed data processing system.

12 12 Model Komunikasi Data Ada 3 macam model komunikasi data dilihat berdasarkan tipe channel transmisi, Simplex atau One Way Transmission Tipe channel transmisi ini hanya dapat membawa informasi data dalam bentuk satu arah saja, tidak bolak-balik. Misalnya siaran radio atau televisi. Half Duplex atau Either Way Transmission Half Duplex atau Either Way Transmission biasa disingkat HDX, dalam tipe channel transmisi ini informasi data dapat dikirim dan diterima namun tidak secara serentak (bergantian). Artinya bila satu mengirimkan maka yang lainnya menerima dan sebaliknya. Radio CB Walkie- talkie merupakan contoh dari two-way transmission. Full Duplex atau Both Way Transmission Full Duplex atau Both Way Transmission biasa disingkat FDX merupakan channel transmisi dimana informasi data dapat mengalir dalam dua arah serentak atau dapat mengirim dan menerima data dalam waktu yang bersamaan. Komunikasi lewat telepon merupakan contoh dari tipe channeltransmisi ini

13 13 Model komunikasi data berdasarkan jalur transmisinya 1.Unicast Unicast merupakan kontak data informasi pada suatu alat dengan alat yang lain, sedangkan ketika kontak tersebut terjadi, alat tersebut tidak dapat melakukan kontak dengan alat lainnya diluar kontak yang terjadi 2.Multicast Berbeda dengan Unicast, dalam multicast ketika proses kontak terjadi, masing-masing alat tetap dapat terhubung dengan alat lainnya. 3.Broadcast Dalam proses ini alat yang menerima data informasi tidak dapat memberikan respon balik terhadap alat pengirim data informasi. Akan tetapi pengirim dapat mengirim kelebihan dari satu alat sekaligus.

14 14 Berdasarkan konfigurasi jalur transmisi data a.Point to Point Dalam konfigurasi ini media atau peralatan saling terhubung antara satu peralatan dengan peralatan lain tanpa terbagi. Konfigurasi ini biasanya digunakan pada beberapa peralatan komputer seperti printer yang terhubung langsung dengan komputer. b.Point to Multipoint Dimana suatu alat atau media dapat terhubung dengan beberapa alat lainnya. Proses transmisi data yang menggunakan konfigurasi ini misalnya penyiaran radio yang mana sebuah pemancar dapat diakses atau terhubung dengan beberapa radio sekaligus. model komunikasi data terbagi menjadi:

15 15 Berdasarkan mode transmisi data a.Mode Transmisi Paralel Pada mode transmisi ini, semua bit dari karakter yang diwakili oleh suatu kode, ditransmisikan secara serentak satu karakter setiap saat. Bila digunakan kode ASCII, maka dibutuhkan sebanyak 8 channel untuk mentransmisikan sekaligus ke 8 buah bit 1 karakter kode ASCII. Perhatikan, bahwa yang ditransmisikan secara paralel adalah bit-bit dalam 1 karakter, sedangkan masing-masing karakternya ditransmisikan secara seri (berurutan). b.Mode Transmisi Serial Mode transmisi serial merupakan mode transmisi yang umum dipergunakan. Pada mode ini, masing-masing bit dari satu karakter dikirimkan secara berurutan, yaitu bit per bit, satu diikuti oleh bit berikutnya. Penerima kemudian merakit kembali arus bit-bit yang datang ke dalam bentuk karakter.

16 16 Manfaat Komunikasi Data 1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar efisien tanpa kesalahan dan ekonomis dari suatu tempat ke tempat yang lain. 2. Memunginkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remote computer use). Contohnya: seperti yang Bapak lakukan pada saat mengajar di kelas, yaitu tanpa menggunakan kabel interface dapat langsung menghubungkan antara projector dengan Laptop yang kita gunakan. 3. Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi. 4. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer. 5. Mengurangi waktu untuk pengelolaan data. 6. Mendapatkan data langsung dari sumbernya. 7. Mempercepat perluasan informasi

17 17 SEKIAN MATUR SUWUN


Download ppt "1 KOMUNIKASI DATA Di Susun Oleh : Muh. Syarifudin 2112R0505 Teknik Informatika Semester IV"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google