Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sifat advertorial Sifat Advertorial dapat dibedakan dari gaya penulisan dalam menyampaikan isi pesan. Sifat yang terkandung dalam advertorial antara lain:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sifat advertorial Sifat Advertorial dapat dibedakan dari gaya penulisan dalam menyampaikan isi pesan. Sifat yang terkandung dalam advertorial antara lain:"— Transcript presentasi:

1 Sifat advertorial Sifat Advertorial dapat dibedakan dari gaya penulisan dalam menyampaikan isi pesan. Sifat yang terkandung dalam advertorial antara lain: 1. Informatif Lebih banyak memberitahu (menginformasikan) atau memperkenalkan produk, jasa, kegiatan dan lainnya yang ditawarkan. Misalnya, apa nama merek produk, kapan pertama kali dibuat, dan dijual ke pasaran, harga dan sebagainya. Advertorial informatif biasanya disajikan dalam bentuk straight news. Memaparkan produk yang ditawarkan tanpa memberikan penjelasan detail atau informasi tambahan lainnya. Fokusnya kepada pengenalan yang berkaitan dengan eksistensi produk.

2 3. Advertorial Korporat Banyak menyajikan pembahasan tentang eksistensi suatu perusahaan swasta atau pemerintah, topik pembahasannya mengenaik kegiatan yang perusahaan ybs. Misalnya bakiti sosial yang membantu warga miskin. 4. Advertorial pemerintahan Banyak menyajikan aktivitas pemerintah. Seperti potensi investasi pariwisata, bisnis atau keberhasilan yang telah dicapai di bidang tertentu.

3 2.Eksplanatif Pesan yang disampaikan lebih banyak menjelaskan, meyakinkan khalayak bahwa produk itu memiliki kualitas yang baik. 3. Interpretatif Pesan banyak yang bersifat komentar, uraian dan berhubungan dengan informasi produk, jasa atau kegiatan yang diungkapkan. Bilakurang jelas arti dan maksudnya, penulis membuat pengertian atas informasi yang kurang jelas tersebut,. Pengertian itu bisa saja dari wawasan si penulis sendiri, atau kamus umum. Pesan yang disampaikan dalam advertorial interpretatif banyak menggunakan tafsiran penulisnya.

4 4. Persuasif Advertorial persuasif membujuk khalayak mengambil tindakan atau membentuk pendapat umum. Pesan secara halus berupaya mempengaruhi pendapat umum, sikap khalayak untuk bertindak tanpa paksaan. 5. Infulentatif Sifat ini kebalikan dari persuasif. Sifat ini mendorong adanya tindakan, aksi dari khalayak dan mengarah tindakan secara cepat. Karena pesan dalam advertorial ini cenderung provokatif. 6. Memuji Advertorial ini kelanjutan dari jenis adv. Persuasif dan influentif. Pesan yang disampaikan banyak memberikan pujian pada khalayak yang telah terbujuk dan terdorong melakukan tindakan.

5 7. Argumentatif Advertorial ini bersifat membuktikan suatu dengan cara memberikan argumentasi dan uraian analitis. Biasanya argumen berisi penjelasan yang terkait dengan hubungan sebab akibat. 8. Eksploratif. Bersifat mengangkat dan mengungkapkan masalah di masyarakat. Pesan terkesan mempunyai kepekaan dalam menjaring aspirasi masyarakat. Pada dasarnya, sifat informatif selalu tercantum dalam penulisan advertorial. Informasi dasar menjadi sayarat penting dalam kelengkapan penulisan advertorial. Tanpa informasi dasar akan menimbulkan kebingungan di masyarakat karena tidak semua masyarakat memahami apa yang disampaikan, meski produk itu telah lama beredar atau diketahui masyarakat.

6 MODUL 3 c. Fungsi dan Tujuan Advertorial Advertorial dalam surat kabar, majalah atau tabloid berfungsi sebagai pendaping dan penerjemah/penafsir iklan. Penyajian informasi dan pesan dalam iklan kerap hanya sepotong dan terkadang sulit dipahami khalayak. Advertorial berfungsi untuk menyatukan informasi dan pesan ke dalam suatu bentuk informasi yang utuh dan enak dibaca. Pembahasanya disampaikan secara jelas dan mudah dipahami pembaca.

7 Sering kali sebuah perusahaan mengirimkan siaran pers (press release) kepada media massa, namun tidak dimuat/dipublikasikan. Padahal siaran pers itu berisi informasi yang perlu diketahui masyarakat luas. Mengapa hal itu terjadi ?.


Download ppt "Sifat advertorial Sifat Advertorial dapat dibedakan dari gaya penulisan dalam menyampaikan isi pesan. Sifat yang terkandung dalam advertorial antara lain:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google