Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teks Eksposisi Oleh: Belinda Alifa. Pengertian Teks Eksposisi Teks Eksposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teks Eksposisi Oleh: Belinda Alifa. Pengertian Teks Eksposisi Teks Eksposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi."— Transcript presentasi:

1 Teks Eksposisi Oleh: Belinda Alifa

2 Pengertian Teks Eksposisi Teks Eksposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi.

3 Struktur Teks Eksposisi 1.Pernyataan pendapat (Tesis) Pada bagian ini, berisikan pendapat atau prediksi sang penulis yang tentunya berdasarkan sebuah fakta. 2.Argumentasi Alasan penulis yang berisikan fakta-fakta yang dapat mendukung pendapat atau prediksi sang penulis. 3.Penegasan Ulang (Reiterasi) Ini merupakan bagian akhir dari sebuah teks eksposisi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi.

4 Ciri-ciri Umum Teks Eksposisi 1.Berusaha menjelaskan tentang sesuatu. 2.Gaya tulisan bersifat informatif. 3.Fakta dipakai sebagai alat kontribusi. 4.Fakta dipakai sebagai alat konkritasi (Perwujudan). 5.Tidak bermaksud mempengaruhi. 6.Bersifat nonfiksi/ilmiah.

5 Ciri-ciri Kebahasaan Teks Eksposisi 1.Penggunaan Pronomina Pronomina ini biasanya digunakan dalam menyatakan pendapat. Pronomina yang sering digunakan seperti kita, kami, dan saya. Terlebih kata pronomina saya banyak digunakan ketika menyatakan pendapat pribadi. 2.Menggunakan konjungsi Konjungsi yang banyak digunakan adalah “pada kenyataannya”, “kemudian”, dan “lebih lanjut”. Konjungsi tersebut digunakan untuk menghubungkan fakta-fakta supaya fakta-fakta yang disajikan runtut. 3.Argumentasinya satu sisi Yaitu sisi yang mendukung atau sisi yang menolak. 4. Terdapat kata kerja (verba) Kata yang menyatakan perbuatan atau tindakan, proses, dan keadaan yang bukan merupakan sifat. 5. Terdapat kata sifat (adjektiva) Kata yang menerangkan sifat, keadaan watak, dan tabiat orang/binatang/ benda. 6. Terdapat kata keterangan (adverbia) Kata yang memberikan keterangan kepada kata lain. 7. Terdapat kata benda (nomina) Kata yang mengacu kepada sesuatu benda (konkret maupun abstrak).

6 Contoh Teks Eksposisi “Wortel” 1.Wortel merupakan salah satu sayuran yang paling populer di dunia. Wortel sering dilibatkan dalam berbagai masakan seperti sup ayam atau salad. Wortel mengandung sekitar 88% air, 7% gula, 1% protein, 1% serat, 1% abu, dan 0,2% lemak. Wortel kaya akan antioksidan, mineral, dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh. 2.Sayuran wortel ini ternyata juga sangat nikmat jika dibuat jus. Manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh antara lain menjaga kesehatan mata, mencegah rabun senja, mencegah penyakit kanker, dan menghilangkan racun dalam tubuh. Selain dibuat jus, wortel juga berguna untuk obat tradisional, adapun manfaatnya yaitu mengobati demam pada anak, menghilangkan nyeri haid, dan menyembuhkan luka bakar. 3.Manfaat jus wortel yang paling utama adalah memberikan asupan vitamin A untuk tubuh sehingga kesehatan mata dapat terjaga. Selain itu manfaat wortel juga bisa digunakan sebagai obat tradisional.

7 1.Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional, salah satunya adalah liberalisasi perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi. 2.Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal ini. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia. 3.World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antar negara. Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara- negara anggota. Contoh Teks Eksposisi “Peran dan Manfaat WTO”

8 Pengertian Interpretasi Interpretasi atau penafsiran adalah proses komunikasi melalui lisan atau gerakan antara dua atau lebih pembicara yang tak dapat menggunakan simbol- simbol yang sama, baik secara simultan atau berurutan.

9 Langkah-Langkah Interpretasi 1.Membaca teks eksposisi secara berulang-ulang. 2.Memahami teks. 3.Mencari makna kata atau istilah sulit yang digunakan dalam teks. 4.Membuat interpretasi dalam paragraf.

10 TERIMA KASIH


Download ppt "Teks Eksposisi Oleh: Belinda Alifa. Pengertian Teks Eksposisi Teks Eksposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google