Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BRAIN STORMING 1. Apa yang dimaksud dengan keluarga? 2. Apakah keluarga mempunyai arti yang sama dengan rumah tangga? 3. Sebutkan fungsi atau peran keluarga!

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BRAIN STORMING 1. Apa yang dimaksud dengan keluarga? 2. Apakah keluarga mempunyai arti yang sama dengan rumah tangga? 3. Sebutkan fungsi atau peran keluarga!"— Transcript presentasi:

1 BRAIN STORMING 1. Apa yang dimaksud dengan keluarga? 2. Apakah keluarga mempunyai arti yang sama dengan rumah tangga? 3. Sebutkan fungsi atau peran keluarga!

2 Banyak definisi tentang keluarga. Nah, ciri-ciri pokoknya adalah: 1.Keluarga merupakan kelompok atau persekutuan sosial yang paling kecil.

3 2.Keluarga terbentuk apabila ada ikatan darah, perkawinan atau adopsi. 3.Keluarga merupakan suatu persekutuan yang berawal dari dua orang yang berbeda jenis kelamin.

4 Dua Bentuk Keluarga a.Keluarga batih (nuclear family, conjugal family, basic family), yaitu kelompok yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anak.

5 b.Keluarga besar (extended family, consanguine family), yaitu keluarga batih ditambah kerabat lain yang memiliki hubungan erat (hubungan darah) dan senantiasa dipertahankan, misalnya kakek, nenek, paman, bibi, sepupu, kemenakan, dan sebagainya.

6 FUNGSI KELUARGA 1.Fungsi biologis yang berkaitan dengan pemenuhan yang bersifat biologi, misalnya makan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga, serta memelihara dan merawat anggota keluarga secara fisik.

7 2.Fungsi sosialisasi yang berhubungan dengan pembentukan kepribadian anak.

8 3.Fungsi afeksi yang berhubungan dengan kasih sayang, keintiman, perhatian dan rasa aman yang tercipta dalam keluarga.

9 4.Fungsi edukatif yang berkaitan dengan mendidik anak dan menyekolahkan anak.

10 5.Fungsi religius yang mendorong dikembangkannya anggota keluarga menjadi insan-insan agama yang penuh ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

11 6.Fungsi protektif yang memberikan tempat yang nyaman bagi anggota keluarga dan memberikan perlindungan secara fisik, ekonomis maupun psikologis.

12 7.Fungsi rekreatif dengan tujuan untuk mencari hiburan, memberikan suasana yang segar dan gembira dalam lingkungan keluarga.

13 8.Fungsi ekonomis yang berkaitan dengan orang tua yang mencari sumber- sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dan pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga

14 9.Fungsi status sosial yakni kedudukan atau status yang diwariskan kepada anakanaknya.


Download ppt "BRAIN STORMING 1. Apa yang dimaksud dengan keluarga? 2. Apakah keluarga mempunyai arti yang sama dengan rumah tangga? 3. Sebutkan fungsi atau peran keluarga!"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google