Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Adinda Adiwarman P Albis Ya Albi Audra Delsi Syafira Dodi Saputra Fachril Dedy Irawan Jladri Qobus Dorojatun M Muhammad Iqbal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Adinda Adiwarman P Albis Ya Albi Audra Delsi Syafira Dodi Saputra Fachril Dedy Irawan Jladri Qobus Dorojatun M Muhammad Iqbal."— Transcript presentasi:

1

2 Adinda Adiwarman P Albis Ya Albi Audra Delsi Syafira Dodi Saputra Fachril Dedy Irawan Jladri Qobus Dorojatun M Muhammad Iqbal

3

4 Spesiasi adalah pembentukan dua atau lebih spesies dari satu spesies yang telah ada atau yang telah punah. Spesies dalam bahasa latin berarti “jenis” atau “penampakan” dan menurut bahasa spesies adalah anggota suatu populasi yang mampu mengadakan pertukaran gen atau melakukan perkawinan secara alami untuk menghasilkan keturunan yang fertil.

5 Spesiasi dapat disebabkan oleh beberapa mekanisme yaitu Mekanisme Pengisolasian Mutasi Seleksi Alam Poliploidi (pada Tanaman)

6  Mekanisme pengisolasian adalah beberapa macam penghalang yang secara efektif mencegah terjadinya pertukaran gen antar populasi.  Didalam mekanisme ini terdapat dua tipe spesiasi yaitu spesiasi alopatrik dan spesiasi simpatrik.

7  Terjadinya spesiasi ini berhubungan dengan isolasi geografis yang disebabkan oleh adanya penghalang-penghalang geografis (sungai, gurun, gunung).  Contohnya yaitu sejumlah kecil anggota suatu populasi berpindah melewati gunung dan menjadi terisolasi secara permanen.

8

9  Spesiasi simpatrik terjadi diantara dua kelompok dalam lingkungan yang sama.  spesiasi tipe ini terjadi melalui beberapa cara,yaitu Isolasi tingkah laku, isolasi ekologi, isolasi musiman, isolasi mekanis, isolasi gamet, isolasi hibrid.

10  Isolasi tingkah laku adalah isolasi yang disebabkan karena adanya perilaku tertentu sebelum terjadinya perkawinan isolasi ini dapat mencegah terjadinya reproduksi jika suatu anggota populasi aktif pada malam hari(noktural) dan anggota populasi lainnya aktif di siang hari(diurnal).

11  Isolasi yang disebabkan karena dua spesies yang berkerabat dekat terdapat di daerah geogarafi yang sama namun berbeda habitat.  Contohnya jika suatu anggota populasi hidup di puncak pohon sedangkan anggota populasi lainnya hidup di dasar hutan.  Kedua anggota populasi tersebut menempati daerah yang sama tetapi tidak dapat melakukan reproduksi karna berbeda habitat.

12  Isolasi yang disebabkan karena masa kawin atau kematangan gamet yang berbeda  Isolasi ini terjadi karena ketika dua subspesies di silangkan secara buatan untuk menghasilkan keturunan atau hibrid, tetapi di alam keduanya menghasilkan gamet-gamet pada waktu yang berbeda dalam satu tahun.Akibatnya walaupun berada di wilayah yang sama anggota populasi tersebut tidak dapat melakukan reproduksi

13  Isolasi yang disebabkan karena perbedaan morfologi atau anatomi kelamin sehingga menghalangi terjadinya perkawinan  Contohnya sangat tidak mungkin bagi seekor anjing great dane untuk melakukan perkawinan dengan seekor anjing chihuahua

14  Isolasi gamet adalah isolasi yang disebabkan karena perbedaan susunan kimiawi dan molekul antara dua sel gamet sehingga menghalangi terjadinya pembuahan.  Sebagai contoh sperma bertahan hidup di dalam oviduk atau buluh serbuk sari gagal tumbuh pada kepala putik.

15  Isolasi hibrid terjadi ketika dua organisme yang berbeda melakukan perkawinan tetapi zigot hibrid yang terbentuk gagal berkembang mencapai tingkat kematangan seksual.  Sebagai contoh yaitu zebronkey yang dihasilkan dari persilangan antara zebra dan keledai.

16

17 Mutasi Mutasi merupakan perubahan materi genetik yang bersifat menurun. mutasi dapat terjadi pada semua organisme dan merupakan sumber dari adanya variasi hereditas.

18 Seleksi Alam Kekuatan yang dapat mengubah frekuensi alela dan mendorong spesiasi dalam lingkungan tertentu. contoh :Biston Betularia

19 Biston Betularia PeriodeBiston Betularia Berayap Cerah Biston Betularia Sayap Gelap Sebelum revolusi industriPopulasi lebih besarPopulasi lebih kecil Sesudah revolusi industriPopulasi lebih kecilPopulasi lebih besar

20 Terjadinya mutasi diikuti oleh seleksi alam yang memungkinkan adaptasi dengan kondisi setempat. Dengan adanya mutasi dan seleksi, dua populasi makin berbeda secara genetik.Tiap populasi menjadi teradaptasi dengan kondisi lingkungan yang berbeda pada tahap ini perkawinan tidak akan terjadi karena berbeda secara genetik individu-individu tersebut menjadi spesies yang berbeda dan terjadilah spesiasi.

21  Poliploidi adalah suatu individu atau spesies dengan jumlah kromosom lebh dari dua kali dari jumah kromosom haploid. Organisme yang memiliki keadaan demikian disebut sebagai organisme poliploid. Usaha-usaha yang dilakukan orang untuk menghasilkan organisme poliploid disebut sebagai poliploidisasi.

22  Tipe poliploid dinamakan tergantung banyaknya set kromosom. Jadi, triploid (3n), tetraploid (4n), pentaploid (5n), heksaploid (6n), oktoploid, dan seterusnya. Dalam kenyataan, organisme dengan satu set kromosom (haploid, n) juga ditemukan hidup normal di alam.  Poliploidi umum terjadi pada tumbuhan. Ia ditemukan pula pada hewan tingkat rendah (seperti cacing pipih, lintah, atau beberapa jenis udang), dan juga fungi. Di alam, poliploid dapat terjadi karena kejutan listrik (petir), keadaan lingkungan ekstrem, atau persilangan yang diikuti dengan gangguan pembelahan sel.

23


Download ppt "Adinda Adiwarman P Albis Ya Albi Audra Delsi Syafira Dodi Saputra Fachril Dedy Irawan Jladri Qobus Dorojatun M Muhammad Iqbal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google