Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk, yaitu masyarakat yang memiliki berbagai keberagaman. Faktor penyebab keberagaman tersebut antara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk, yaitu masyarakat yang memiliki berbagai keberagaman. Faktor penyebab keberagaman tersebut antara."— Transcript presentasi:

1

2

3 Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk, yaitu masyarakat yang memiliki berbagai keberagaman. Faktor penyebab keberagaman tersebut antara lain: 1)Letak strategis wilayah IndonesiaLetak strategis wilayah Indonesia 2)Kondisi negara kepulauanKondisi negara kepulauan 3)Perbedaan kondisi alamPerbedaan kondisi alam 4)Keadaan transportasi dan komunikasiKeadaan transportasi dan komunikasi 5)Penerimaan masyarakat terhadap perubahanPenerimaan masyarakat terhadap perubahan

4 Letak Indonesia yang strategis, yaitu di antara dua Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, serta dua benua Asia dan Australia mengakibatkan wilayah kita menjadi jalur perdagangan internasional. Lalu lintas perdagangan tidak hanya membawa komoditas dagang, namun juga pengaruh kebudayaan mereka terhadap budaya Indoenesia. Kedatangan bangsa asing yang berbeda ras, kemudian menetap di Indonesia mengakibatkan perbedaan ras. Juga agama dan kepercayaan mereka.

5 Negara Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau yang secara fisik terpisah-pisah. Keadaan ini menghambat hubungan antarmasyarakat dari pulau yang berbeda- beda. Setiap masyarakat di kepulauan mengembangkan budaya mereka masing- masing. Hal ini mengakibatkan perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, peran laki-laki dan perempuan, dan juga kepercayaan serta agama.

6 Kondisi alam yang berbeda sepeti daerah pantai, pegunungan, dataran rendah, padang rumput, dan laut mengakibatkan perbedaan masyarakat. Masyarakat di daerah pantai berbeda dengan masyarakat pegunungan, seperti perbedaan bentuk rumah, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, bahkan kepercayaan.

7 Keadaan Transportasi dan Komunikasi Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Kemudahan saran ini membawa masyarakat mudah berhubungan dengan masyarakat lain, meskipun jarak dan kondisi alam yang sulit.

8

9 1. Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Ciri-ciri suku bangsa adalah memiliki kesamaan kebudayaan, bahasa, adat istiadat, sistem kekerabatan, kesenian daerah, dan tempat asal. 2. Keberagaman Agama dan Kepercayaan Agama Hindu dan Budha  Bangsa India; Agama Islam  Bangsa Gujarat; Agama Kristen dan Katolik  Bangsa Eropa; Agama Kohnghucu  Bangsa Cina. Animisme dan Dinamisme.

10 Lanjutan Keberagaman Ras Beberapa ras yang ada dalam masyarakat Indonesia terdiri dari ras Malayan-Mongoloid (Sumatera, Jawa, Bali, NTB, Kalimantan, dan Sulawesi). Melanesoid (Papua, Maluku, NTT). Asiatic Mongoloid (Orang Tionghoa, Jepang, Korea). Kaukasoid (Orang India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika). 4. Keberagaman Gender perilaku yang disebabkan oleh jenis kelamin. Memberikan tugas-tugas tertentu berdasarkan jenis kelamin. 3. Keberagaman Ras 4. Keberagaman Gender

11

12 Tempat Ibadah Agama di Indonesia Kepercayaan

13

14 Pejuang Wanita dalam Kemerdekaan Pejuang Wanita dalam Pemerintahan

15 Dampak positif  Memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan negara Indonesia. Keberagaman suku bangsa, budaya, ras agama, dan gender menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Dampak negatif  Keberagaman masyarakat Indonesia dapat mengakibatkan kondisi ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara melalui sifat etnosentrisme terhadap sosial budaya.

16 Perbedaan itu adalah anugerah yang harus disyukuri. Mengapa ? Karena dengan keberagaman, kita menjadi bangsa yang besar dan arif dalam bertindak. Perilaku Toleran dalam Kehidupan Beragama Pemerintah Indonesia mengakui 6 agama yang ada di Indonesia: Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Jaminan negara terhadap warga negara untuk memeluk dan beribadah diatur dalam UUD 1945 pasal 29 ayat (2), “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing- masing dan untuk beribadah menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

17 Lanjutan....

18

19

20 T e r i m a K a s i h


Download ppt "Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat majemuk, yaitu masyarakat yang memiliki berbagai keberagaman. Faktor penyebab keberagaman tersebut antara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google