Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN-5 5. BENTUK KEPEMILIKAN BISNIS Fakultas Teknik Jurusan teknik Industri Universitas esa unggul Fakultas Teknik Jurusan teknik Industri Universitas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN-5 5. BENTUK KEPEMILIKAN BISNIS Fakultas Teknik Jurusan teknik Industri Universitas esa unggul Fakultas Teknik Jurusan teknik Industri Universitas."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN-5 5. BENTUK KEPEMILIKAN BISNIS Fakultas Teknik Jurusan teknik Industri Universitas esa unggul Fakultas Teknik Jurusan teknik Industri Universitas esa unggul

2 ALTERNATIF BENTUK KEPEMILIKAN BISNIS Apabila wiraswasta mendirikan suatu bisnis, mereka harus menentukan bentuk kepemilikan bisnis. Bentuk kepemilikan bisnis : a.Perusahaan Perseorangan b.Perusahaan Kemitraan c.Korporasi d.Waralaba

3 Lanjutan… A. Perusahaan Perseorangan  Perusahaan Perseorangan adalah suatu bisnis yang dimiliki oleh pemilik tunggal, dan pemilik perusahaan tersebut disebut pengusaha.  Karakteristik Perusahaan Perseorangan yang berhasil : -Pengusaha perseorangan harus mau menerima tanggung jawab penuh atas kinerja perusahaan. -Tanggung jawab untuk keberhasilan bisnisnya mendorong mereka untuk selalu terus-menerus memonitot operasional bisnisnya  mere

4 Lanjutan…  Keuntungan Perusahaan Perorangan : 1.Semua laba hanya untuk pengusaha peorangan. 2.Organisasi sederhana 3.Pengendalian seutuhnya  Kerugian Perusahaan Perseorangan : 1.Pengusaha perseorangan bertanggungjawab atas semua kerugian. 2.Tanggung jawab tdk terbatas 3.Dana terbatas 4.Ketrampilan terbatas

5 Lanjutan… B. Perusahaan Kemitraan Perusahaan kemitraan adalah Bisnis yang dimiliki oleh dua orang atau lebih secara bersama. Ada dua jenis perusahaan kemitraan : 1.Perusahaan kemitraan Umum (general partner) 2.Perusahaan kemitraan terbatas (limited partner)

6 Lanjutan… 1. Perusahaan Kemitraan Umum semua mitra pengusaha mempunyai tanggung jawab yang tidak terbatas, yaitu mitra pengusaha secara pribadi bertanggungjawab atas kewajiban perusahaan. 2. Perusahaan Kemitraan Terbatas - Mempunyai beberapa mitra pengusaha terbatas -Mitra pengusaha yang tanggung jawabnya terbatas pada modal atau properti yang dikontribusikan pada perusahaan kemitraan tersebut. -Mitra pengusaha tidak berpartisipasi dalam manajemen Keuntungan Perusahaan Kemitraan :

7 Lanjutan…  Keuntungan Perusahaan Kemitraan :  Dana tambahan  Kerugian ditanggung bersama  Lebih asa spesialisasi  Kerugian Perusahaan Kemitraan  Berbagi Pengandalian  Tanggung jawab yang tidak terbatas  Berbagi Laba

8 Lanjutan… B. Perusahaan Korporasi  Suatu badan hukum (terdaftar pada negara) yang membayar pajak dan secara hukum terpisah dari pemiliknya.  Untuk mendirikan sebuah korporasi, seorang individu atau kelompok harus memakai akta pendirian perusahaan, dimana di dalam akta pendirian menunjukkan aspek penting dari korporasi, misalnya nama perusahaan, informasi mengenai saham yang diterbitkan dan deskripsi operasi perusahaan.

9 Lanjutan…  Pemegang saham mempunyai tanggung jawab terbatas, artinya mereka tidak harus menanggung secara pribadi kegiatan perusahaan, tapi menanggung kerugian sebatas modal yang ditanamkan.  Pemegang saham korporasi memilih dewan direksi yang bertanggungjawab untuk menciptakan kebijakan umum perusahaan, diantaranya adalah memilih seorang presiden direktur dan wakil presiden direktur, untuk menjalankan bisnis sehari- hari.

10 Lanjutan…  Keuntungan dari Korporasi o Tanggung jawab terbatas o Akses terhadap dana o Transfer kepemilikan  Kerugian dari korporasi o Biaya keorganisasian yang tinggi o Pajak tinggi

11 Lanjutan… D. Perusahaan Waralaba (Franchice)  Suatu pengaturan perjanjian di mana seorang pemilik bisnis (franchisor) memperbolehkan pemilik bisnis lain (franchisee) memakai merek dagangnya, nama dagangnya atau hak ciptanya, dalam kondisi tertentu.  Setiap waralaba menjalankan operasi bisnisnya secara mandiri dan biasanya dimiliki oleh pengusaha perseorangan.

12  Jenia Waralaba : 1.Waralaba Distributor (Distributorship), seorang dealer boleh menjual produk yang dihasilkan oleh sebuah manufaktur. Misalnya dealer honda, ford, dll 2.Bisnis Gaya-Rantai (Chain-Style Business), suatu perusahaan diperbolehkan menggunakan nama dagang suatu perusahaan lain dengan mengikuti petunjuk yang berhubungan dengan harga dan penjualan produk tersebut. Contoh : Mc Donald, Pizza Hut.

13 Lanjutan… 3. Pengaturan Manufaktur (Manufacturing Arrangement), sebuah perusahaan diperkenankan menghasilkan produk pemakai formula yang diberikan oleh perusahaan lain. Misalnya Microsoft memperbolehkan perusahaan asing untuk menghasilkan perangkat lunak sejauh perangkat lunak tersebut dijual hanya dalam negara tersebut. Microsoft akan menerima suatu porsi dari penerimaan yang dihasilkan perusahaan tersebut.

14 Lanjutan… Keuntungan Waralaba : 1.Gaya pengelolaan yang telah terbukti 2.Nama yang telah dikenal 3.Dukungan Dana Kerugian Waralaba: 1.Berbagi keuntungan 2.Pengendalian Keuntungan

15 Lanjutan… Membandingkan bentuk-bentuk Kepemilikan Bisnis Tidak ada satupun dari bentuk kepemilikan yang ideal bagi semua pemilik. Seorang individu yang mendirikan bisnis kecil mungkin memilih perusahaan perseorangan. Beberapa orang mungkin memutuskan untuk perusahaan kemitraan, namun demikian apabila lebih suka tanggung jawab terbatas, mereka mungkin memutuskan untuk memilih korporasi dengan kepemiikan kelompok terbatas.


Download ppt "PERTEMUAN-5 5. BENTUK KEPEMILIKAN BISNIS Fakultas Teknik Jurusan teknik Industri Universitas esa unggul Fakultas Teknik Jurusan teknik Industri Universitas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google