Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : M. Rais amin 4113100006 Wisnu Adi Pratama 4113100020 Ardianus 4113100034 Adam Patria Gumelar 4113100064 Niko Maqbulyani 4113100070.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : M. Rais amin 4113100006 Wisnu Adi Pratama 4113100020 Ardianus 4113100034 Adam Patria Gumelar 4113100064 Niko Maqbulyani 4113100070."— Transcript presentasi:

1 Oleh : M. Rais amin Wisnu Adi Pratama Ardianus Adam Patria Gumelar Niko Maqbulyani

2 Tak bisa dipungkiri pada masa sekarang orang-orang suka bermain game digital. Sudah menjadi kebiasaan untuk duduk didepan komputer bagi kebanyakan orang Latar Belakang

3 Anak-anak

4 Remaja

5 Ayah dan anak

6 Keluarga

7 Kakek Nenek

8 Game sudah menjadi hiburan yang sangat di gemari di seluruh dunia bagi sebagian besar orang.

9 Kehidupan gaming teknologi digital yang berkembang akhir-akhir ini, membuat perubahan signifikan melahirkan suatu permainan yang berbasis visual display yang kualitasnya semakin mendekati kenyataan.

10 Kualitas grafis, gameplay, maupun cerita sebuah game dalam beberapa tahun terakhir ini memang berkembang jauh lebih baik dibanding 5 sampai 10 tahun lalu. Banyak penemuan, penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam dunia game. Salah satunya adalah penemuan adalah Oculus Rift

11 Teknologi ini lahir dari tangan seorang remaja berusia 20 tahun bernama Palmer Luckey yang juga dropout dari California State University Long Beach jurusan jurnalisme

12 Apa itu Oculus Rift ??

13 OCULUS RIFT Oculus Rift dikategorikan sebagai head-mounted display (HMD) 3D. Perangkat tersebut dikenakan di kepala (seperti kacamata). Namun, di dalamnya ada layar selebar 7 inci. Layar tersebut memberikan pengguna pengalaman stereoskopik (3D), memberi kesan ruang. Mata kiri melihat area lebih di kiri, dan begitupun sebaliknya. Sehingga, kedua mata tidak saling overlapping

14

15

16 Meskipun kontrol masih dilakukan lewat joystick, namun Oculus dapat mendeteksi gerakan kepala. Perangkat tersebut merespon ketika pengguna menoleh ke kanan, kiri, atau atas, memungkinkan user melihat 90 derajat horizontal dan 110 derajat diagonal.

17

18 Dengan memakai Oculus Rift pengguna seakan-akan masuk kedalam game yang dia mainkan.

19 Doom 4 Hawken Minecraft Team Fortress 2 Left 4 Dead 2 Half-Life 2 Portal 2 Skyrim Mirror's Edge Unreal Tournament 3 Dan masih banyak lagi. Game-game yang sudah memiliki dukungan untuk Oculus Rift headset antara lain

20

21 Prototype Prototip pertama Oculus dikembangkan tak lama setelah Palmer masuk kuliah. Maka, ia nekad dropout untuk berkonsentrasi total mengembangkan Oculus dan membuat startup- nya sendiri.

22 Prototip Oculus developer kit seharga USD300 (Rp3 juta)—beserta application programming interface (API)— sudah disebar ke developer untuk di uji coba.

23 Oculus Rift memang belum sempurna. Salah satunya adalah screen door effect, yakni efek bayangan atau garis yang cukup mengganggu

24

25 Semua startup tentu butuh dana untuk mengembangkan produk mereka lebih jauh, atau setidaknya membawa produk tersebut ke tahap produksi. Maka Palmer menggunakan situs crowd founding Kickstarter.com untuk mencari dana sekaligus mengetes respon pasar terhadap Oculus Rift. Hasilnya, luar biasa. Oculus Rift mendapat pendanaan hingga USD2.5 juta (Rp25 miliar). Tak hanya itu, tambahan USD16 juta (Rp160 miliar) di dapat dari investor.

26 Contoh pengembangan Oculus Rift Popularitas Oculus Rift menginspirasi perusahaan lain untuk membawa lebih jauh eksperiens virtual reality(VR). Salah satunya Omni, yang di desain oleh Virtuix. Omni—dipasangkan dengan Oculus—akan membuat pengguna benar-benar berada dalam sebuah game

27 Omni adalah hardware semacam treadmill. Pemain game bisa berjalan atau berlari diatasnya. Permukaannya di desain khusus dengan bentuk octagonal. Sedangkan pengguna memakai sepatu dengan sensor. Ada sabuk yang menjaga agar pengguna tidak terjatuh saat bergerak dan tetap stabil.

28

29 Di pameran game E3, demo Omni ditunjukkan dengan Oculus Rift, game Half Life 2, dan perangkat senjata yang kompatibel dengan game tersebut. Hasilnya, pemain seolah-olah berada dalam medan perang.

30 Tapi, Omni ternyata tidak hanya menargetkan game. Dikombinasikan dengan perangkat VR yang tepat, di masa depan Omni bisa menjadi media untuk latihan, simulasi, fitness, virtual tourism, virtual tradeshows,event, multi-person adventures, virtual workplaces, museum, arsitektur VR, konser VR. Kemungkinannya tidak terbatas.

31 Kelebihan dan kekurangan

32 Kelebihan : -Meminimalisir dampak vertigo,pusing atau mual

33 - Kontrol dapat dilakukan lewat gerakan tubuh

34 kekurangan : -Pengguna tidak peka dengan lingkungan sekitar -Harga cenderung mahal -Persebaran belum merata diseluruh dunia -Belum semua game yang di support Oculus rift

35 Oculus Rift di masa depan Cara kerja Oculus rift ini dapat dikembangkan dan diaplikasikan dalam berbagai pengoperasian alat jarak jauh seperti kontrol pesawat tempur tak berawak, kontrol robot dan yang lainnya. Dikombinasikan dengan perangkat VR yang tepat, di masa depan Omni bisa menjadi media untuk latihan, simulasi, fitness, virtual tourism, virtual tradeshows,event, multi-person adventures, virtual workplaces, museum, arsitektur VR, konser VR. Kemungkinannya tidak terbatas.

36


Download ppt "Oleh : M. Rais amin 4113100006 Wisnu Adi Pratama 4113100020 Ardianus 4113100034 Adam Patria Gumelar 4113100064 Niko Maqbulyani 4113100070."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google