Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM Pertemuan 1. Tujuan Perkuliahan Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu memahami dan menjelaskan: – Konsep.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM Pertemuan 1. Tujuan Perkuliahan Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu memahami dan menjelaskan: – Konsep."— Transcript presentasi:

1 GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM Pertemuan 1

2 Tujuan Perkuliahan Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu memahami dan menjelaskan: – Konsep dasar SIG – Karakteristik SIG – Kemampuan SIG – Contoh pemanfaatan SIG

3 Konsep Sistem Informasi Sebelum melihat lebih jauh mengenai SIG mari kita lihat kembali konsep Sistem Informasi: – Sistem informasi adalah suatu sistem manusia – mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam organisasi. – Tujuan dari sistem informasi: menyediakan dan mensistematikakan informasi yang merefleksikan seluruh kegiatan atau kejadian yang diperlukan untuk mengendalikan operasi-operasi organisasi. – Kegiatan yang dilakukan oleh sebuah sistem informasi adalah mengambil, mengolah, menyimpan, dan menyampaikan informasi yang diperlukan untuk terjadinya komunikasi yang diperlukan untuk mengoperasikan seluruh aktifitas didalam organisasi.

4 KONSEP SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

5 Definisi Menurut Beberapa Sumber (1) Menurut Aronaff, Sistem Informasi Geografis, atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan Geographic Information System, adalah suatu sistem berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi yang bereferensi geografis. Menurut Barrough, SIG merupakan alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia. Menurut Marble et al, SIG merupakan sistem penanganan data keruangan.

6 Definisi Menurut Beberapa Sumber (2) Menurut Berry, SIG merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan. Menurut Calkin dan Tomlison, SIG merupakan sistem komputerisasi data yang penting. Menurut Linden, SIG adalah sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis dan penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi.

7 Terminologi (1) Beberapa terminologi lain yang memiliki pengertian kurang lebih sama adalah sebagai berikut: Geographical Information System, merupakan terminologi yang digunakan di Eropa. Geomatique, Terminologi yang dgunakan di Negara Kanada, utamanya negara bagian yang berbahasa Perancis.

8 Terminologi (1) Georelational Information system, Terminologi berdasar pada teknologi Natural Resources Information system, Terminologi berdasar pada disiplin ilmu pengelolaan sumberdaya alam Spatial Information System, Terminologi disiplin non-geography Multipurpose Geographic Data System, Terminologi umum yang digunakan dikalangan pemerintahan.

9 Definisi Berdasarkan Fokus (1) Berbagai definisi lain berdasarkan fokus pendekatannya adalah sebagai berikut : PENDEKATAN PROSES (process oriented approach); seperangkat fungsi dengankemampuan yang canggih yang dapat digunakan oleh para profesional untuk menyimpan, menampilkan, dan memanipulasi/ mengoreksi data geografis/spasial (Ozemoy et al in Maguire, 1986)

10 Definisi Berdasarkan Fokus (2) PENDEKATAN KEGUNAAN ALAT (toolbox approach); seperangkat peralatan yang dipergunakan untuk mengoleksi, menyimpan, membuka, mentransformasi dan menampilkan data spasial dari sebuah kondisi geografis yang sebenarnya (real world). PENDEKATAN DATABASE (data base approach); sebuah sistim basis data (database) dimana sebagian besar data diindex secara spatial/geografis dan dioperasikan dengan menggunakan seperangkat prosedur yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan data spasial/geografi.

11 Definisi SIG (1) Definisi yang terakhir (Pendekatan Database) yang umumnya digunakan dalam menjelaskan tentang pengertian SIG. Dalam berbagai definisi di atas jelas selalu ditegaskan berkenaan data/informasi spatial/geografis. Jadi kata kunci dalam SIG adalah data yang dikaitkan dengan letak geografis di permukaan bumi, atau dapat dikatakan keterkaitan antara data geografis dengan data atributnya.

12 Definisi SIG (2) Dengan demikian secara umum dapat dikatakan pengertian dari SIG sebagai berikut: ” Suatu satuan/unit komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis ”.

13 Konsep SIG (1) Dari definisi dapat dikatakan bahwa SIG merupakan sistem yang dikembangkan dan secara khusus dibuat untuk mengangani masalah informasi yang bereferensi geografis dalam berbagai cara dan bentuk. Masalah yang dimaksud diatas mencakup: – Pengorganisasian data dan informasi. – Menempatkan informasi pada lokasi tertentu. – Melakukan komputasi, memberikan ilustrasi keterhubungan satu sama lainnya, beserta analisa- analisa spasial lainnya

14 Konsep SIG (2) SIG membantu manusia untuk memahami “dunia nyata” dengan melakukan proses-proses manipulasi dan presentasi data yang direalisasikan dengan lokasi-lokasi geografi di permukaan bumi

15 KARAKTERISTIK SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

16 Karakteristik SIG (1) Merupakan hasil pengembangan perangkat keras dan lunak untuk tujuan pemetaan, sehingga fakta wilayah dapat disajikan dalam satu sistem berbasis komputer. Melibatkan ahli geografi, informatika dan komputer, serta aplikasi terkait. Masalah dalam pengembangan meliputi: cakupan, kualitas dan standar data, struktur, model dan visualisasi data, koordinasi kelembagaan dan etika, pendidikan, expert system dan decision support system serta penerapannya

17 Karakteristik SIG (2) Perbedaannya dengan Sistem Informasi lainnya: data dikaitkan dengan letak geografis, dan terdiri dari data tekstual maupun grafik Bukan hanya sekedar pengubahan peta konvensional (tradisional) ke bentuk peta dijital untuk kemudian disajikan (dicetak / diperbanyak) kembali. Tetapi mampu mengumpulkan, menyimpan, mentrans- formasikan, menampilkan, memanipulasi, memadukan dan menganalisis data spasial dari fenomena geografis suatu wilayah.

18 Karakteristik SIG (3) Mampu menyimpan data dasar yang dibutuhkan untuk penyelesaian suatu masalah. Contoh: penyelesaian masalah perubahan iklim memerlukan informasi dasar seperti curah hujan, suhu, angin, kondisi awan. Data dasar biasanya dikumpulkan secara berkala dalam jangka yang cukup panjang.

19 KEMAMPUAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

20 Dari Definisi Kemampuan SIG: Memasukan dan mengumpulkan data geografi (spasial & atributnya) Mengintegrasikan data geografi Memeriksa, men-update data geografi Menyimpan dan memanggil kembali Menampilkan (merepresentasi) Mengelola Memanipulasi Menganalisa Menghasilkan output (peta tematik, tabel, grafik, report, dll)

21 Kemampuan SIG Kemampuan SIG dapat dilihat dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan konseptual dibawah: – What is at... ? – Where is it? – What has changed since... ? – What spatial patterns exist... ? – What if... ?

22 1. What is at... ? Mencari keterangan (atribut-atribut) atau deskripsi mengenai unsur dalam peta yang terdapat pada lokasi tertentu. Lokasi bisa ditentukan dengan beberapa cara seperti: nama lokasi, kode lokasi (kode pos), koordinatnya Pada koordinat Lat ° Lon ° Gedung I Kantor Fakultas Teknologi Informasi Kantor Fakultas Biologi Kantor Fakultas Pertanian

23 2. Where is it? Kebalikan dari pertanyaan pertama Untuk menjawab ini memerlukan analisi spasial Pertanyaan ini akan menyelidiki unsur peta yang ditentukan deskripsinya (atributnya) Dengan pertanyaan ini SIG dapat menentukan lokasi-lokasi yang memenuhi syarat sesuai kriteria atau deskripsi diatas Contoh: Mencari lokasi yang sesuai untuk pengembangan lokasi pemukiman penduduk yang memenuhi syarat.

24 3. What has changed since... ? Pertanyaan ketiga ini dapat melibatkan pertanyaan pertama maupun kedua. Untuk menjawab pertanyaan ini diperlukan beberapa layer data spasial yang didapat dari minimal dua kali pengamatan/pengukuran secara periodik (time series) Unsur-unsur dalam tiap layer yang kemudian akan dibandingkan untuk melihat kecenderungan perubahan spasial (spatial trends) dan atributnya.

25 4. What spatial patterns exist... ? Pertanyaan yang keempat ini juga melibatkan pertanyaan yang pertama dan kedua, dan hampir mirip dengan pertanyaan ketiga tetapi lebih rumit. Pertanyaan ini lebih menekan pada keberadaan pola-pola yang terdapat dalam data spasial (atributnya juga). SIG juga dapat merepresentasikan pemyimpangan/anomali data aktual terhadapa pola yang sudah dikenali.

26 5. What if... ? Pertanyaan yang kelima berkenaan dengan masalah pemodelan di dalam SIG. Secara konsepsi, pemodelan SIG dapat diartikansebagai penggunaan funsi dasar manipulasi (misalnya trasformasi) dan analisis (misalnya overlay) untuk menyelesaikan persoalan yang cukup kompleks.

27 Pertanyaan Tambahan Representasi? – akurasi repesentasi, akurasi prediksi Relasi representasi dengan pengguna? – bagaimana konsep orang berfikir mengenai bumi dan isinya Model dan struktur data? – penyimpanan yang efektif dan efisien, data mining Tampilan data geografis? – sistem digital Analytical tools? – intuisi manusia untuk memanfaatkan tools SIG

28 PENERAPAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

29 Penerapan SIG GIS dapat diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan antara lain: – Analisis penyakit epidemik – Analisis kejahatan – Navigasi dan vehicle routing – Analisis bisnis (sistem stock dan distribusi) – Urban (tata kota) dan regional planning (tata ruang – Peneliti: spatial data exploration – Utility (listrik, PAM, telpon) inventory and management) – Pertahanan (military simulation), dll

30 Contoh Aplikasi SIG (1) Environmental What are the effects of Global Warming? Land cover and temperature relationships are made clear when the data are seen at once using Geotechnology.

31 Contoh Aplikasi SIG (2) Public Utilities Is it safe to dig here? A proposed excavation, identified by address, is compared to pipelines in the area using Geotechnology.

32 Contoh Aplikasi SIG (3) Agriculture How can I improve food production? Geotechnology is used in making crop management decisions to maximize yields and minimize fertilizer input.

33 Contoh Aplikasi SIG (4) Marketing How can I optimize my Marketing Campaign? Geotechnology can query a database and identify only those areas with the highest household income within a specified distance of a store.

34 Contoh Aplikasi SIG (5) Park Management Will the new building spoil the Park Scenery? Park planners use Geotechnology to determine if a new Visitor Centre can be seen from the peak.

35 Contoh Aplikasi SIG (6) Health Care What Communities are at risk from Disease? Geotechnology identifies communities at risk of River Blindness and helps determine the impact of treatment.

36 Contoh Aplikasi SIG (7) Real Estate Where is my Dream Home? With Geotechnology, an agent can show a map of a neighborhood and a picture or video of the actual properties.

37 Contoh Aplikasi SIG (8) Emergency What is the fastest route to the Hospital? Geotechnology can choose the fastest route to a hospital. The GIS can take into account traffic and other impediments.

38 PENUTUP GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

39 Sistem Informasi Geografis SIG merupakan sebuah sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memangggil kembali, mengolah, menganalisis dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya


Download ppt "GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM Pertemuan 1. Tujuan Perkuliahan Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu memahami dan menjelaskan: – Konsep."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google