Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 10 MARKETING PUBLIC RELATIONS PROGRAM PAMERAN A. PROGRAM PAMERAN 1.Pameran Dalam Ruangan Pameran umum dalam ruangan (public indoor exhibition)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 10 MARKETING PUBLIC RELATIONS PROGRAM PAMERAN A. PROGRAM PAMERAN 1.Pameran Dalam Ruangan Pameran umum dalam ruangan (public indoor exhibition)"— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 10 MARKETING PUBLIC RELATIONS PROGRAM PAMERAN A. PROGRAM PAMERAN 1.Pameran Dalam Ruangan Pameran umum dalam ruangan (public indoor exhibition) lazimnya diselenggarakan di gedung- gedung khusus, dan biasanya mengambl tema yang bersifat umum. Seperti pameran makanan, alat-alat reparas, perlengkapan berkebun, lokasi liburan atau wisata. Pameran dagang dalam ruangan (indoor trade exhibition) atau pameran bisnis (indoor business exhibition) memiliki cakupan lebih khusus. Seperti produk kawan lama.

2 Gabungan pameran dagang. Sejumlah kegiatan pameran, seperti pameran mobil, elektronik dan produk industri lainnya merupakan pameran umum sekaligus pameran bisnis (joint trade and public exhibition) pengunjung dari kalangan dunia usaha dan masyarakat umum. 2.Pameran Dalam Ruangan Beberapa produk tertentu yang lebih cocok dipamerkan di luar ruangan, seperti mesin-mesin dan alat penerbangan (mulai dari pesaat terbang hingga berbagai perlengkapannya), alat pertanian (pameran agrikultural) atau peralatan konstruksi yang berukuran berat.

3 B.KARAKTERISTIK PAMERAN Pameran adalah bentuk media iklan yang lain daripada yang lain, karena media pameran bisa merangsang terjadinya penjualan secara langsung oleh para pengunjung stand-stand pameran yang bersangkutan. 1.Mudah menarik perhatian Kelebihan utama pameran terletak pada kemampuannya dalam membangkitkan dan menarahkan perhatian khalayak/konsumen kepada subyek yang dipamerkan. 2.Memerlukan waktu lebih Segenap tindakan persiapan penyelenggara sebuah pameran, termasuk para personil pelaksana, membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

4 3.Pertemuan tatap muka Kepercayaan kredibilitas, dan nama baik suatu perusahaan bisa diwujudkan dengan bertatap muka secara langsung dengan para pengunjung pameran baik pengunjung biasa maupun pebisnis. 4.Demonstrasi dan pembagian sampel Perusahaan-perusahaan lebih berpeluang untuk menampilkan produknya secara lebih leluasa. Informasi yang disajikan lebih jelas dan menarik dibandingkan hanya dengan melalui berbagai iklan dan katalog. 5.Membuat suasana akrab Suasana akrab dan rekreatif dalam sebuah pameran membuat para pengunjung merasa kerasan dan menikmati kunjungannya, meskipun berungkali mereka lelah berjalan kaki mengelilingi seluruh arena pameran.

5 C.PEMANFAATAN PAMERAN 1.Informasi tentang berbagai pameran. Hampir semua jurnal dan koran perdagangan memberitakan tanggal penyelenggaraan berbagai pameran. 2.Daftar persiapan calon peserta pameran Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh setiap perusahaan yang akan mengikuti suatu pameran, sebelum mengambil keputusan untuk memesan tempat salah satu stand di pameran. a. Penyelenggara  Apakah pameran diselenggarakan oleh perusahaan yang cukup bonafid dan terpercaya?

6  Apakah perusahaan itu juga merupakan anggota organisasi penyelenggara pameran (association of exhibition organisers) yang kredibilitasnya telah teruji?  Apakah perusahaan (EO) sebelumnya pernah menyelenggarakan pameran semacam ini atau pameran jenis lain? b. Tanggal Tanggal berapa pameran diselenggarakan, apakah tidak berbenturan dengan kegiatan lain yang tidak kalah pentingnya? c. Tempat Apakah tempat pameran cukup bagus dan bisa menarik pengunjung yang relevan dalam jumlah cukup banyak? Pengunjung yang relevan dapat berarti bahwa pameran itu dikunjungi oleh orang-orang yang tepat.

7 d.Biaya stand Berapa tarif permeter persegi dan adakah kemungkinan untuk memperoleh harga yang lebih ringan! e. Sarana dan prasarana Apakah sarana atau fasilitas yang tersedia cukup memadai. f. Publikasi Bagaimana cara dan sejauhmana pameran tersebut menarik pengunjung? g.Bongkar pasang Apakah tersedia waktu yang cukup untuk memasang dan membongkar stand sebelum dan sesudah pameran berlangsung?

8 h.Kegiatan yang terkait Apakah ada kegiatan lain yang bersifat mendukung dan berkaitan dengan pameran tersebut. Seperti konferensi pers, pemutaran film/video? i.Apakah biaya sepadan?  Apakah ongkos merancang dan mendirikan stand, sewa tempat, biaya mencetak literatur penjualan, biaya menyambut pengunjung dan biaya tidak langsung karena menggunakan tenaga sebagian staf sehingga mereka terpaksa meninggalkan pekerjaan sehari-hari untuk mengurus pameran, semuanya sepadan dengan hasil yang akan diperoleh dari keikutsertaan dalam pameran tersebut?

9  Apakah ada hal-hal baru yang memang perlu dipamerkan perusahaan?  Apakah perusahaan memang perlu bertemu muka dengan para penyalur atau pelanggan?  Apakah perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lain?  Apa dan sejauhmanakah manfaat yang akan diperoleh sebagai imbalan atas berbagai biaya yang harus dikeluarkan.  Apakah manfaat itu dalam bentuk nama baik perusahaan, kenaikan penjualan produk atau munculnya agen atau penyalur baru yang potensial.

10 DAFTAR PUSTAKA Black Sam, Exhibitions and Conferences From A to Z Modino Press, Jefkins rank, Periklanan, Edisi Ketiga Bisnis, Erlangga, Jakarta, Nicholas Ind. Great Advertising Compaign, London: Kogan Page, A Guides to Sals Promotion, London: ISBA, 1992.


Download ppt "PERTEMUAN 10 MARKETING PUBLIC RELATIONS PROGRAM PAMERAN A. PROGRAM PAMERAN 1.Pameran Dalam Ruangan Pameran umum dalam ruangan (public indoor exhibition)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google