Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sel Tumbuhan Sel tersusun dari empat unsur utama : C, H, O, N dan mengandung berbagai zat lain dalam jumlah lebih sedikit, seperti Na, K, P, S, Mg, Ca,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sel Tumbuhan Sel tersusun dari empat unsur utama : C, H, O, N dan mengandung berbagai zat lain dalam jumlah lebih sedikit, seperti Na, K, P, S, Mg, Ca,"— Transcript presentasi:

1 Sel Tumbuhan Sel tersusun dari empat unsur utama : C, H, O, N dan mengandung berbagai zat lain dalam jumlah lebih sedikit, seperti Na, K, P, S, Mg, Ca, Fe dan Zn. Unsur- unsur ini semua di dalam sel membentuk karbohidrat, lemak, protein dan asam nukleat. Biomolekul tersebut terdapat pada unsur sel tumbuhan yang terdiri dari: -Dinding sel- Anak inti (nucleolus) -Membran plasma- Komplek golgi -Sitoplasma- Retikulum endoplasma -Plastida- Peroksisome -Mitokondria- Ribosom -Inti (nukleus)- Vacuola

2

3 Perbandingan Anatomi Sel Hewan & Sel Tumbuhan

4 Perbandingan Anatomi Sel Hewan, Sel Tumbuhan & Sel Bakteri

5 1. Dinding sel Berfungsi sebagai kulit pelindung yang kaku, relatif tebal, berpori dan amat kuat, umumnya dianggap sekresi protoplas. Terdiri dari dinding sel primer yang plastis-fleksibel dan dinding sel sekunder yang lebih masif dan merupakan bagian terbesar dari dinding sel.

6 Dinding sel

7 2. Membran Plasma Membran plasma mengelilingi bagian luar sel dan terdiri atas lipid (40%) dan protein (60%). Pada tempat tertentu di bagian luar terdapat struktur yang mengandung karbohidrat serta tempat yang berfungsi sebagai reseptor. Dibagian tengah terutama terdiri dari lipid (65% fosfolipid, 25% kolesterol, 10% lipid lain). Protein berada di salah satu atau kedua sisi lapisan membran plasma atau terbenam di dalamnya, dikenal bersifat hidrofil, artinya molekul air dapat menempel di lapisan membran. Membran terdapat pori-pori dengan diameter 7 Angstrom.

8 Membran Plasma

9 Fungsi membran plasma: 1. Mengatur lingkungan dalam sel walaupun lingkungan luar sel mengalami perubahan. Misalnya, dalam menggunakan energi utk mempertahankan lingkungan dalam sel. 2. Sebagai pembatas perpindahan zat-zat yang terlibat dalam reaksi di dalam sel maupun masuknya zat-zat dari luar sel. 3. Dapat memilih/seleksi selektif zat-zat yg boleh masuk dan keluar dari sel, dikenal selektif permeabilitas (imbibisi, difusi, osmosis).

10 3. Sitoplasma Sitoplasma mencakup segala sesuatu yang ada di sebelah dalam dari membran plasma kecuali inti sel atau nukleus. Sitoplasma mengandung berbagai garam, enzim dan beranekaragam substrat atau metabolit (contoh, glukosa).

11 4. Plastida Plastida adalah organel khusus dalam sitoplasma, organel ini dikelilingi oleh dua membran. Plastida yang khas dalam sel tumbuhan adalah khloroplas yang mengandung sejumlah besar pigmen khlorofil. Khloroplas menyerap energi matahari pada proses fotosintesis. Khloroplas mengandung DNA, RNA dan ribosom.

12 5. Mitokondria Terdapat dalam semua sel, dengan jumlah bervariasi, ratus – ribu. Mitokondria adalah organel yang memegang peranan dalam langkah terakhir dari oksidasi karbohidrat dan sintesis ATP (energi yg terjadi dalam proses oksidasi digunakan untuk membentuk ATP sebagai sumber energi dalam tanaman). Mengandung DNA, RNA dan ribosom.

13 Mitokondria TEM of mitochondria

14 6. Inti (Nukleus) Organel terbesar di dalam sel ialah nukleus. Di dalam inti terdapat DNA, RNA dan protein, namun hanya DNA dan RNA saja yang disintesis. Merupakan pusat dari sel mengatur reaksi-reaksi dalam sel dan reproduksi sel. Memiliki membran yg berpori ukuran Angstrom, sehingga dapat dilalui oleh molekul protein dari dalam inti kesitoplasma (cth, sintesis RNA di inti dan dibawa ke ribosom). Membran inti ada hubungan dengan retikulum endoplasma.

15 Inti Sel (Nukleus)

16 7. Anak Inti (Nukleolus) Anak inti adalah suatu struktur bulat di dalam inti dan tidak terbungkus oleh suatu membran. Anak inti sel merupakan tempat sintesis RNA ribosom dan merupakan kumpulan ribosom yang strukturnya dibentuk oleh protein.

17 8. Komplek Golgi Komplek golgi berfungsi mengubah protein sehingga siap disekresikan. Struktur kompleks golgi tersusun dari vesikel membran yang tersusun sejajar satu sama lain yang rapat dan berkesinambungan dengan retikulum endoplasma.

18 Komplek Golgi

19 9. Retikulum Endoplasma Retikulum endoplasma merupakan suatu struktur kelanjutan membran inti dan suatu sistem membran intrasel yang menyimpan memisahkan dan memindahkan berbagai zat di dalam sel (sebagai saluran zat-zat dari inti sel keseluruh bagian sitoplasma). Retikulum Endoplasma berfungsi dalam sintesa protein, steroid dan karbohidrat. Pada dinding RE terdapat partikel yg disebut ribosom.

20 Retikulum Endoplasma

21 10. Peroksisome Dibentuk di dalam retikulim endoplasma. Penghasil enzim katalase Mengandung berbagai macam enzim oksidatif yang terlibat dalam produksi peroksida hidrogen (H2O2)

22 11. Ribosom Ribosom dapat berbentuk tunggal sebagai monosom maupun dalam bentuk polisom yaitu agregat dari sejumlah ribosom dapat mencapai 30 buah yang ambil bagian dalam sintesa protein. Oleh karena itu sel yang memproduksi protein dalam jumlah yg besar, mengandungi ribosom yg banyak pula. Memiliki susunan kimia 50% RNA dan 50% protein.

23

24 TERIMA KASIH


Download ppt "Sel Tumbuhan Sel tersusun dari empat unsur utama : C, H, O, N dan mengandung berbagai zat lain dalam jumlah lebih sedikit, seperti Na, K, P, S, Mg, Ca,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google