Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelas: XI IPA 3 Guru Pembimbing: Ibu Asmarni SMAN 13 JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelas: XI IPA 3 Guru Pembimbing: Ibu Asmarni SMAN 13 JAKARTA."— Transcript presentasi:

1

2 Kelas: XI IPA 3 Guru Pembimbing: Ibu Asmarni SMAN 13 JAKARTA

3 PERSAMAAN SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN NoPersamaanSel HewanSel Tumbuhan 1.Nukleus ( Inti Sel )Ada 2.Membran Plasma ( Membran Sel ) Ada 3.SitoplasmaAda 4.MitokondriaAda 5.RibosomAda 6.Badan GolgiAda 7.Retikulum Endoplasma ( RE )Ada

4 1. Nukleus ( Inti Sel )  Nukleus ( inti sel ) sebagai pusat pengatur kegiatan sel.  Terdapat DNA yang berisi informasi untuk menjalankan aktivitas sel  Chromosomes dibentuk dari benang chromatin.  Nuclear membrane melindungi nukleus.  Nucleolus menstimuli RNA untuk melakukan protein synthesis.

5

6 2. Membran Plasma

7  Membran plasma ( membran sel ) merupakan bagian paling luar yang membatasi isi sel dengan sekitarnya, kecuali pada sel tumbuhan, bagian luarnya masih terdapat dinding sel.  Tebal membran sel kira-kira 8 nm.  Lipid dan protein merupakan bahan penyusun utama, meskipun karbohidrat juga merupakan unsur penting.  Fungsi membran sel: 1. Membran sel bersifat semi permeable atau selektif permeable yang berfungsi mengatur masuk dan keluarnya zat dari sel. 2. Melindungi sitoplasma dan isi sel. 3. Sebagai reseptor rangsangan dari luar.

8 3. Sitoplasma

9  Sitoplasma merupakan cairan kental yang berada di antara membran sel dan inti sel. Namun khusus untuk cairan yang berada dalam inti sel dinamakan nukleoplasma.  Penyusun utama adalah air (90%) sebagai pelarut zat- zat kimia serta sebagai media terjadinya reaksi kimia sel.  Fungsi: 1. Tempat penyimpanan bahan-bahan kimia saat proses metabolisme sel. 2. Tempat berlangsungnya reaksi metabolisme. 3. Tempat organel-organel bekerja sesuai fungsinya.

10 4. Mitokondria  Tempat respirasi sel untuk menghasilkan energi.  Mengubah glukosa menjadi ATP untuk energi sel.  Tersusun atas 2 lapis membran: 1. Membran Dalam (Krista) 2. Membran Luar

11 Proses Respirasi Seluler Dalam Mitokondria

12 5. Ribosom Ribosom, memiliki 2 sub unit besar dan kecil Sub unit kecil dan besar bersatu

13  Ribosom berupa organel kecil berdiameter antara µm yang mengandung ARN.  Ribosom merupakan tempat sel membuat atau mensintesis protein.  Ribosom ada yang terdapat bebas di sitoplasma ( ribosom bebas ) atau melekat pada retikulum endoplasma( rebosom terikat ).  Ribosom bebas berperan dalam proses sintesis enzim.  Ribosom terikat berperan dalam proses sintesis protein.

14 6. Badan Golgi Tempat menampung hasil sintesa protein.

15  Badan golgi adalah suatu struktur seperti kantong berlipat-lipat yang dikelilingi oleh membran.  Organel ini banyak dijumpai pada organ tubuh yang melaksanakan fungsi ekskresi, misalnya ginjal.  Golgi pada tumbuhan biasanya disebut diktiosom.

16 Fungsi badan golgi: 1. Tempat menampung hasil sintesa protein. 2. Membentuk kantung (vesikula) untuk sekresi. 3. Membentuk membran plasma. Kantung yang dilepaskan dapat menjadi bagian dari membran plasma. 4. Membentuk dinding sel tumbuhan 5. Dapat membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur dan pembentukan lisosom.

17

18 7. Retikulum Endoplasma ( RE )

19  RE merupakan perluasan membran yang saling berhubungan yang membentuk saluran pipih atau lubang seperti tabung di dalam sitoplasma.  Terbagi atas 2 macam, yakni RE halus dan RE kasar. RE halus tidak mempunyai ribosom pada permukaan sitoplasmiknya. Sedangkan RE kasar tampak kasar melalui mikroskop elektron karena ribosom menonjol di permukaan sitoplasmik membran.

20  Fungsi RE halus: Mensintesis lemak dan kolesterol, berperan dalam berbagai macam proses metabolisme, termasuk sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, serta menawarkan obat dan racun.  Fungsi RE kasar: Menampung protein yang disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel.  Fungsi RE kasar dan RE halus: Sebagai alat transpor molekul dari satu sel ke sel lain, memproduksi antibodi dan berperan dalam proses glikolasi, yakni penambahan gula pada molekul protein.

21 Thank You


Download ppt "Kelas: XI IPA 3 Guru Pembimbing: Ibu Asmarni SMAN 13 JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google