Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Leni Handayani, S.Pi, MP Blog : leniunda.wordpress.com lenihandayani

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Leni Handayani, S.Pi, MP Blog : leniunda.wordpress.com lenihandayani"— Transcript presentasi:

1 Oleh: Leni Handayani, S.Pi, MP Blog : leniunda.wordpress.com lenihandayani

2 PENDAHULUAN 1. Ruang Lingkup Fisiologi  Fisiologi : Ilmu yang mempelajari fungsi, mekanisme, dan cara kerja dari organ, jaringan, dan sel-sel organisme.  Fisiologi mencoba menerangkan faktor-faktor fisika dan kimia yang mempengaruhi seluruh proses kehidupan.  Bidang fisiologi : fisiologi virus, fisiologi bakteri, fisiologi tumbuhan, fisiologi ikan dan sebagainya.

3 2. Sel sebagai Unit Hidup Tubuh  Sel merupakan unit dasar dari tubuh.  Setiap sel memiliki perbedaan dan juga persamaan. Misalnya tiap-tiap sel memerlukan nutrisi untuk mempertahankan kehidupan, dan hampir seluruhnya mempunyai nutrien yang sama jenisnya.  Semua sel menggunakan oksigen sebagai salah satu zat utama untuk membentuk energi.  Sel mampu untuk hidup, tumbuh dan melakukan fungsi-fungsi khususnya selama oksigen, glukosa, berbagai ion, asam aminodan asam lemak yan sesuai dalam lingkungan internal sel.

4 • Bagian utama sel : 1. Inti 2. Sitoplasma.

5 Halaman lanjutan  Inti dipisahkan dari sitoplasma oleh membran inti  Sitoplasma dipisahkan dari cairan sekitarnya oleh membran sel.  Substansi yang menyusun sel secara bersama-sama disebut protoplasma.  Zat dasar penyusun protoplasma : 1. Air 2.Elektrolit 3. Protein 4.Lipid 5.Karbohidrat

6 Inti Sel  Merupakan pusat pengawasan sel, mengawasi reaksi- reaksi kimia yang terjadi dalam sel dan reproduksi sel.  Inti mengandung asam deoksiribonukleat (ADN) yang umum disebut gen dan kromosom.  Gen ini menentukan sifat-sifat protein enzim sitoplasma yang berfungsi untuk mengawasi aktivitas sitoplasma.

7 Halaman lanjutan

8 Halaman Lanjutan  ADN inti mengawasi aktivitas sitoplasma dengan cara mensintesis asam ribonukleat (ARN) dari salah satu utas molekul ADN kemudian ditranspor kedalam sitoplasma tempat sintesis protein.  Jenis ARN yang penting dalam sintesis protein : 1. ARN kurir (mRNA) membawa kode genetik kesitoplasma untuk pembentukan protein. 2.ARN pemindah (tRNA) memindahkan molekul asam amino ke molekul protein saat sintesis protein. 3.ARN ribosom (rRNA) membawa asam amino yang dibutuhkan untuk sintesis protein tertentu.

9 Sitoplasma  Sitoplasma terisi oleh partikel-partikel dan organel kecil dan besar.  Bagian cairan yang jernih dimana partikel-partikel tersebar disebut hialoplasma. Kandungan Hialoplasma: protein yang terlarut, elektrolit, glukosa, dalam jumlah sedikit fosfolipid, kolesterol, dan asam lemak terseterifikasi.  Korteks atau ektoplasma : bagian sitoplasma yang berada tepat di bawah membran sel dan sering mengalami gelatinasi menjadi setengah padat.  Endoplasma : sitoplasma yang terdapat antara korteks dan membran inti yang berbentuk encer.

10 Halaman lanjutan  partikel-partikel besar yang tersebar dalam sitoplasma adalah buti-butir lemak netral, granula glikogen, ribosom, granula sekresi dan dua organel yang penting, mitokondria dan lisosom. Yang lainnya yaitu retikulum endoplasma dan kompleks golgi. Manfaat mempelajari Fisiologi dapat mengetahui fungsi, mekanisme dan faktor- faktor yang dapat merangsang maupun menghambat kerja suatu organ.


Download ppt "Oleh: Leni Handayani, S.Pi, MP Blog : leniunda.wordpress.com lenihandayani"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google