Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KAMI DARI KELOMPOK 1 KLIK DISINI PORIFERA Porifera adalah hewan multiseluler yang paling sederhana.Karena hewan ini memiliki ciri yaitu tubuhnya berpori.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KAMI DARI KELOMPOK 1 KLIK DISINI PORIFERA Porifera adalah hewan multiseluler yang paling sederhana.Karena hewan ini memiliki ciri yaitu tubuhnya berpori."— Transcript presentasi:

1

2 KAMI DARI KELOMPOK 1 KLIK DISINI

3 PORIFERA Porifera adalah hewan multiseluler yang paling sederhana.Karena hewan ini memiliki ciri yaitu tubuhnya berpori seperti busa atau spons sehingga porifera disebut juga sebagai hewan spons.porifera termasuk salah satu hewan avertebrata, yaitu hewan tidak bertulang belakang.

4 Gambar hewan porifera

5 Ciri – ciri porifera ukuran tubuhnya kecil dan berwarna warni. ada yang sebesar biji beras. tapi ada jenis yang lainnya bisa memiliki tinggi dan diameter hingga 2 meter. Tubuh porifera pada umumnya tidak beraturan meskipun ada beberapa yang simetris radial (teratur) Tubuhnya memiliki lubang-lubang kecil atau pori(ostium).

6 Struktur tubuh porifera Terdiri dari 2 lapisan yaitu : 1. lapisan epidermis, berbentuk pipih, tersusun atas sel-sel pinakosit yang berfungsi sebagai pelindung. 2. Lapisan endodermis, berbentuk cekung yang tersusun atas sel-sel koanosit.yang berfungsi untuk membentuk aliran air satu arah sehingga air yang mengandung makanan dan oksigen masuk melalui pori ke spongosol.

7 Stuktur Tubuh porifera

8 Reproduksi porifera Porifera melakukan reproduksi secara aseksual maupun seksual a.. Reproduksi secara aseksual terjadi dengan pembentukan tunas dan gemmule.Gemmule disebut juga tunas internal.Gemmule dihasilkan hanya menjelang musim dingin di dalam tubuh porifera yang hidup di air tawar.Porifera dapat membentuk individu baru dengan regenerasi b. reproduksi secara seksual dilakukan dengan pembentukan gamet (sperma dan ovum).

9 Sistem pencernaan Porifera hidup secara heterotof.Makananya adalah bakteri dan plankton.Makanan yang masuk kedalam tubuhnya berbentuk cairan.Pencernaan dilakukan secara intraseluler di dalam koanosit dan amoebosit.

10 Klasifikasi porifera Berdasarkan tipe saluran air, porifera di bagi menjadi 3 kelas, yaitu 1. kelas hexactinellida (hyalospongiae) memiliki spikula yang tersusun dari silika.Ujung spikula berjumlah enam seperti bintang.Tubuhnya kebanyakan berwarna pucat dengan bentuk vas bunga atau mangkuk.Tinggi tubuhnya rata-rata cm dengan saluran tipe sikonoid.Hewan ini hidup soliter di laut pada kedalaman 200 – m.Contoh Hexactinellida adalah Euplectella.

11 Contoh hexactinellida adalah euplectella aspergillum

12 2. calcarea memiliki rangka yang tersusun dari kalsium karbonat.Tubuhnya kebanyakan berwarna pucat dengan bentuk seperti vas bunga, dompet, kendi, atau silinder.Tinggi tubuh kurang dari 10 cm.Struktur tubuh ada yang memiliki saluran air askonoid, sikonoid, atau leukonoid. Contohnya : Leucettusa lancifer

13 Leucettusa lancifer

14 3. Demospongiae Seluruh Demospongiae memiliki saluran air tipe Leukonoid.Habitat Demospongiae umumnya di laut dalam maupun dangkal, meskipun ada yang di air tawar.Demospongiae adalah satu-satunya kelompok porifera yang anggotanya ada yang hidup di air tawar.Demospongiae merupakan kelas terbesar yang mencakup 90% dari seluruh jenis porifera. Contohnya : Niphates digitalis.

15 Niphates digitalis

16 ADA YANG MAU BERTANYA ???

17 KAMI MOHON MAAF BILA DALAM PRESENTASI ADA KESALAHAN KATA ATAUPUN TEKHNIS KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA !

18


Download ppt "KAMI DARI KELOMPOK 1 KLIK DISINI PORIFERA Porifera adalah hewan multiseluler yang paling sederhana.Karena hewan ini memiliki ciri yaitu tubuhnya berpori."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google