Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR KEPEMIMPINAN ISLAM Pertemuan 2. PENGERTIAN KEPEMIMPINAN Mumford: keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses mengontrol.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR KEPEMIMPINAN ISLAM Pertemuan 2. PENGERTIAN KEPEMIMPINAN Mumford: keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses mengontrol."— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR KEPEMIMPINAN ISLAM Pertemuan 2

2 PENGERTIAN KEPEMIMPINAN Mumford: keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses mengontrol gejala-gejala sosial; Ordway Tead: perpaduan dari barbagai sifat yang memungkinkan individu mempengaruhi orang lain untuk mengerjakan beberapa tugas tertentu; Stuart: kemampuan memberi kesan tentang keinginan pemimpin, sehingga dapat menimbulkan kepatuhan, rasa hormat, loyalitas dan kerjasama; Bass: usaha individu untuk mengubah tingkah laku orang lain; Shartle: tingkah laku yang akan menghasilkan tindakan orang lain searah dengan keinginannya; Merton: hubungan interpersonal yang berdasarkan keinginan dan buan berdasarkan keharusan

3 Unsur Pokok 1.Kemampuan mempengaruhi orang lain (kelompok/ bawahan) 2.Kemampuan mengarahkan atau memotivasi tingkah laku orang lain atau kelompok 3.Ada kerjasama untuk mencapai tujuan yang bersama yang diinginkan Menurut Locke: (1) konsep relasi; (2) konsep proses; (3) Pengaruh pada orang lain;

4 Unsur-unsur Pokok Kepemimpinan PEMIMPINPengaruhPengikut Tujuan bersama Keinginan/ niat Tgg jawabperubahan

5 Kepemimpinan Islam Kepemimpinan Islam adalah suatu proses atau kemampuan untuk mengarahkan dan memotivasi tingkah laku orang lain, serta ada usaha kerjasama sesuai dengan al Qur’an dan Hadits untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama;

6 ISTILAH2 KEPEMIMPINAN DLM ISLAM Khilafah: kepala negara atau pemerintahan atau sultan; Wakil Tuhan ((1) jabatan sultan/kepada negara atau (2) fungsi manusia di muka bumi, sebagai pengelola dan pemimpin alam semesta). Imamah: imam, sering digunakan untuk pemimpin dalam bidang keagamaan yang dipatuhi oleh para jamaahnya. Ulil Amri: orang-orang cerdik pandai yang dikenal oleh umat sebagai orang yang ahli dalam berbagai bidang serta mengerti kepentingan ummatnya. (Syaltut) Ro’in: penggembala, pengelola, pemimpin.

7 Kepemimpinan Islam adalah dalam rangka menjalankan fungsi-fungsi manusia sebagai khalifah di bumi berdasarkan al Qur’an dan Sunnah; Kepemimpinan dalam Islam hakekatnya adalah berhidmat atau menjadi pelayan ummat; Sistem khilafah atau imamah adalah adalah sebuah kewajiban, namun bukan doga yang fundamental, menjadi wajib untuk menjamin kesejahteraan umum dalam rangka menegakkan hukum illahi, dan kepaduan ummat.

8 DASAR-DASAR KONSEPTUAL KEPEMIMPINAN Inisiatif- kebaruan Inquiry- menyelidiki Advocacy- dukungan/dorongan Conflict solving- memecahkan masalah Decision making- pengambilan keputusan Critique- kritik/evaluasi

9 URGENSI KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM Kepemimpinan Islam berdasarkan amanah dari Allah sebagai khalifah shg harus sesuai dengan keridhaan Allah Kepemimpinan Islam adalah konsekuensi dari ajaran Islam Nilai Islam hanya dapat diimplementasikan secara sempurna dengan adanya sarana kekuasaan (kepemimpinan) Memilih pemimpin hukumnya wajib (ijma’) Tanpa pemimpin hidup akan kacau; Ibnu Taymiyah: “Enam puluh tahun di bawah tirani penguasa lebih baik daripada semalam tanpa pemerintahan”

10 Pertanyaan Adakah kepemimpinan Islam di Indonesia? Jika ada di wilayah atau bidang mana ada kepemimpinan Islam tersebut?


Download ppt "PENGANTAR KEPEMIMPINAN ISLAM Pertemuan 2. PENGERTIAN KEPEMIMPINAN Mumford: keunggulan seseorang atau beberapa individu dalam kelompok, dalam proses mengontrol."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google