Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KD 3.1. Menganalisis perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KD 3.1. Menganalisis perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia."— Transcript presentasi:

1

2 KD 3.1. Menganalisis perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia.

3 Masuknya bangsa Eropa ke Nusantara

4 Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu: Memahami perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia Memahami latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia

5 PETA KONSEP

6 Panduan Pertanyaan Kelompok Kel. 1: mendiskusikan dan merumuskan materi tentang latar belakang datangnya bangsa Barat ke Indonesia. Kel. 2: berdiskusi dan merumuskan tentang tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia. Kel. 3: mendiskusikan dan merumuskan tentang beberapa faktor yang menyebabkan Nusantara yang kaya dan indah, tetapi akhirnya terpaksa jatuh menjadi kekuasaan bangsa asing.

7 Kayu Manis: memiliki rasa yang unik yaitu sedikit manis dan pedas. Memiliki manfaat untuk menyehatkan pencernaan, mengurangi gula darah dan kolesterol dalam tubuh. Kapulaga: mencegah bau mulut, juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan nafsu makan.

8 Cengkeh: memiliki banyak sifat anti bakteri di dalamnya. Oleh karena itu cengkeh mampu menyembuhkan sakit gigi secara alami. Lada Hitam: selain menambah rasa pedas di dalam masakan, lada hitam juga digunakan sebagai pembangkit nafsu makan dan tonik yang bagus untuk menenangkan saraf. Sumber: m.merdeka.com/sehat/ketahui-manfaat-kesehatan-dari-jenis-rempah-rempah-ini.html

9 TUJUAN KEDATANGAN BANGSA BARAT Sebab dan tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Asia adalah: Mencari kekayaan termasuk berdagang (gold). Menyebarkan agama (gospel) Mencari kemuliaan bangsa (glory).

10 Latar Belakang yang Mendorong Penjelajahan Eropa Semangat reconquesta (balas dendam terhadap Islam) Teori yang mengatakan bahwa bumi bulat dan matahari sebagai pusat tata surya (heliosentris) yang didukung oleh Galileo dan Copernicus Kisah perjalanan Marcopolo ke dunia timur Jatuhnya Konstatinopel ke tangan Turki Utsmani (1453)

11 PENJELAJAHAN BANGSA EROPA Orang Portugis yang pertama kali mencari jalan baru adalah Bartholomeus Diaz yang menyusuri pantai Barat Afrika hingga tiba di Tanjung Harapan. Pelopor pelayaran bangsa Spanyol adalah Christopher Columbus. Pelaut Spanyol lainnya adalah Ferdinand Magelans yang mencapai Kepulauan Filipina. Pelaut Inggris dirintis oleh Francis Drake dan Thomas Cavendish. Pengalaman dua pelaut tersebut mendorong Ratu Elizabeth I meningkatkan pelayaran internasionalnya. Ratu Elizabeth I memberikan hak istimewa pada EIC (East Indian Company) dalam menjalankan perdagangan di Asia pada 31 Desember Pelaut Belanda yang berhasil mendarat di Banten adalah Cornelis de Houtman. Untuk mengatasi persaingan antarpedagang Belanda dan terutama pedagang dari bangsa barat lainnya, Belanda mendirikan VOC (Vereenigde Oost-indische Compagnie) pada tahun 1602.

12 Penjelajahan Bangsa Eropa Penjelajahan Bangsa Spanyol CChristopher Colombus Menyusuri Barat spanyol dan tiba di benua Amerika (1492) FFerdinand Magellan Menyusuri selatan Amerika dan tiba di Filipina (1520) SSebastian D’Elcano Setelah dari Filipina D’Elcano mendarat di Tidore Penjelajahan Bangsa Portugal Bartholomeus Diaz mencapai Tanjung Harapan (1488) Vasco Da Gama melanjutkan ekspedisi Diaz dan mencapai Calicut, India (1498) Alfonso d’Alburqueque tiba di Malaka (1511)

13 Penjelajahan Belanda dan Inggris Cornelis De Houtman tiba di pelabuhan Banten (1596) berdasarkan buku Van Linschosten “Iterario” Sir James Lancaster tiba di Aceh (1602) kemudian dilanjutkan ke Banten sebagai armada yang ditunjuk oleh Ratu Elizabeth I. Sir Henry Midleton melanjutkan ekspedisi ke Ternate, Tidore (1604)


Download ppt "KD 3.1. Menganalisis perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaan Indonesia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google