Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS SEJARAH NAMA KELOMPOK: GUNNA CAHYA W IBADUROHMAN IBNU WIDIASMORO ISTIQ MAKHMUDAH KLARISTA AYU R SMAN 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS SEJARAH NAMA KELOMPOK: GUNNA CAHYA W IBADUROHMAN IBNU WIDIASMORO ISTIQ MAKHMUDAH KLARISTA AYU R SMAN 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015."— Transcript presentasi:

1 TUGAS SEJARAH NAMA KELOMPOK: GUNNA CAHYA W IBADUROHMAN IBNU WIDIASMORO ISTIQ MAKHMUDAH KLARISTA AYU R SMAN 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN

2 Megalitik berasal dari kata mega yang berarti besar, dan lithos yang berarti batu. Zaman Megalitikum biasa disebut dengan zaman batu besar, karena pada zaman ini manusia sudah dapat membuat dan meningkatkan kebudayaan yang terbuat dan batu-batu besar. Kebudayaan ini berkembang dari zaman Neolitikum sampai zaman Perunggu. Pada zaman ini manusia sudah mengenal kepercayaan. Walaupun kepercayaan mereka masih dalam tingkat awal, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang.

3 Menurut Von Heine Geldern, kebudayaan Megalithikum menyebar ke Indonesia melalui 2 gelombang yaitu : 1.Megalith Tua menyebar ke Indonesia pada zaman Neolithikum ( SM) dibawa oleh pendukung Kebudayaan Kapak Persegi (Proto Melayu). Contoh bangunan Megalithikum adalah menhir, punden berundak-undak, Arca-arca Statis.

4 2.Megalith Muda menyebar ke Indonesia pada zaman perunggu ( SM) dibawa oleh pendukung Kebudayaan Dongson (Deutro Melayu). Contoh bangunan megalithnya adalah peti kubur batu, dolmen, waruga Sarkofagus dan arca-arca dinamis.

5 Peninggalan kebudayaan megalithikum ternyata masih dapat Anda lihat sampai sekarang, karena pada beberapa suku-suku bangsa di Indonesia masih memanfaatkan kebudayaan megalithikum tersebut. Contohnya seperti suku Nias.

6

7

8

9

10

11

12 7. Kubur Batu Bentuknya mirip seperti bangunan kuburan seperti yang dapat kita lihat saat ini, umumnya tersusun dari batu yang terdiri dari dua sisi panjang dan dua sisi lebar. Sebagian besar kubur batu yang di temukan terletak membujur dari arah timur ke barat. 7. Kubur Batu Bentuknya mirip seperti bangunan kuburan seperti yang dapat kita lihat saat ini, umumnya tersusun dari batu yang terdiri dari dua sisi panjang dan dua sisi lebar. Sebagian besar kubur batu yang di temukan terletak membujur dari arah timur ke barat.

13


Download ppt "TUGAS SEJARAH NAMA KELOMPOK: GUNNA CAHYA W IBADUROHMAN IBNU WIDIASMORO ISTIQ MAKHMUDAH KLARISTA AYU R SMAN 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014 - 2015."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google