Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Ciri-ciri :  waham dan halusinasi  pembicaraan dan tingkah laku yang kacau  gangguan daya nilai realitas yang berat.  Suatu kumpulan gejala/terdapatnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Ciri-ciri :  waham dan halusinasi  pembicaraan dan tingkah laku yang kacau  gangguan daya nilai realitas yang berat.  Suatu kumpulan gejala/terdapatnya."— Transcript presentasi:

1

2  Ciri-ciri :  waham dan halusinasi  pembicaraan dan tingkah laku yang kacau  gangguan daya nilai realitas yang berat.  Suatu kumpulan gejala/terdapatnya gangguan fungsi mental, respon perasaan, daya nilai realitas, komunikasi dan hubungan antara individu dengan lingkungannya

3 Mengalami disorganisasi proses pikiran Gangguan emosional Disorientasi waktu, ruang

4  Simptom-simptom skizofrenia, antara lain: 1. Gangguan isi pikiran, delusi: kepercayaan yang salah macamnya: Delusi referensi: kepercayaan bahwa tingkah laku orang lain atau obyek tertentu atau kejadian tertentu diacukan kepada dirinya. Delusi persekusi : kepercayaan bahwa ada orang atau orang-orang akan mencelakan dirinya, keluarganya atau kelompoknya. Delusi grandeur : merasa dirinya penting. Delusi kemiskinan : merasa tidak mempunyai hal yang berharga. Delusi menyalahkan diri.

5  Delusi kontrol : merasa dirinya dikontrol oleh orang lain. Delusi nihilisme : merasa dirinya, orang lain mupun dunia tidak ada. Delusi ketidak setiaan : kepercayaan yang salah bahwa orang yang dicintai tidak setia. Delusi lain bahwa pikiran dapat disiarkan, diubah atau ditarik dari pikiran oleh orang atau kekuatan luar. Delusi somatic : kepercayaan yang keliru mengenai kerja badan, percaya otaknya dimakan semut.

6  2. Gangguan gaya berfikir, berbahasa dan komunikasi : Proses kognitif tidak teratur dan tidak fungsional, sehingga tidak ada hubungan dan tidak logis. Pengekspresian ide, piker dan bahasa begitu terganggu hingga tidak dapat dimengerti. Gangguan kognitif : - Inkoherensi : bicara ngawur - Tidak ada asosiasi - Neologisme : membuat kata-kata baru atau pengrusakan kata-kata yang ada. - Bloking : tidak dapat melanjutkan pembicaraan (beberapa detik – beberapa menit) - Isi pembicaran yang sangat kurang. - Apa yang dikatakan atau yang ditulis tidak berarti. - Kadang mereka seperti bisu sampai berhari-hari.

7 3. Gangguan persepsi : halusinasi. Halusinasi : persepsi palsu yang mencakup kelima pancaindera. Bagi orangnya nampak nyata, terjadi secara spontan. 4. Gangguan afek. (afek : keadaan emosi) Keadaan emosi yang berlawanan dengan rangsangnya. 5. Gangguan psikomotor Tingkah laku aneh Menunjukkan gangguan katatonik berupa : - Stupor katatonik : keadaan tidak respponsif terhadap rangsang luar. - Kekakuan katatonik : sikap badan yang kaku dan menolak usaha untuk dipindahkan. - Excitement yang katatonik : gerakan badan yang tidak ada tujuannya dan diulang-ulang.

8 6. Gangguan hubungan Interpersonal Karena tingkah lakunya, orang tidak berinteraksi denagn penderita – ia tidak mampu berinteraksi dengan cara yang umum – hidup dalam dunia fantasi dan delusi. 7. Gangguan perasaan diri: Bingung mengenai siapa dirinya, percaya bahwa dirinya dikontrol orang atau kekuatan luar. 8. Gangguan motivasi Tidak ada motivasi karena kurang dorongan atau perhatian atau karena kebingungan adanya pilihan-pilihan yang mungkin. Jika gangguan mitivasi dibarengi pikiran lacau dan obsesif maka orang ini tidak akan dapat digerakkan.

9  Kondisi organik terutama medis atau patofisiologi  kondisi fungsional terutama psikiatris atau psikologis.

10  Alcoholic psychosis, terjadi karena fungsi jaringan otak terganggu atau rusak akibat terlalu banyak minum minuman keras.  Drug psychose atau psikosis akibat obat-obat terlarang (mariyuana, LSD, kokain, sabu-sabu, dst).  Traumatic psychosis, yaitu psikosis yang terjadi akibat luka atau trauma pada kepala karena kena pukul, tertembak, kecelakaan, dst.  Dementia paralytica, yaitu psikosis yang terjadi akibat infeksi syphilis yang kemudian menyebabkan kerusakan sel-sel otak.

11  Psikosis fungsional merupakan penyakit jiwa secara fungsional yang bersifat nonorganik, yang ditandai dengan disintegrasi kepribadian dan ketidak mampuan dalam melakukan penyesuaian sosial.  schizophrenia, psikosis mania- depresif, dan psiukosis paranoid

12  Psikoneurosis, adalah ketidakseimbangan mental yang menyebabkan stress,

13


Download ppt " Ciri-ciri :  waham dan halusinasi  pembicaraan dan tingkah laku yang kacau  gangguan daya nilai realitas yang berat.  Suatu kumpulan gejala/terdapatnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google