Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Membuat Form Pertemuan 04 Matakuliah: F0712 / Lab MS Access Tahun: 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Membuat Form Pertemuan 04 Matakuliah: F0712 / Lab MS Access Tahun: 2007."— Transcript presentasi:

1 1 Membuat Form Pertemuan 04 Matakuliah: F0712 / Lab MS Access Tahun: 2007

2 2 Membuat Form dengan Autoform (1) Pada jendela Database, klik tipe objek Forms. Klik tombol New. Kotak dialog New Form akan muncul. Pilih model Form yang diinginkan : –AutoForm Columnar, –AutoForm Tabular, atau –AutoForm Datasheet. AutoForm : Columnar untuk membuat form yang berisi field dalam satu kolom tunggal, dari atas ke bawah. AutoForm Tabular untuk form yang menyerupai sebuah tabel. AutoForm Datasheet untuk form yang menyerupai datasheet

3 3 Membuat Form dengan Autoform (2) Buka daftar drop-down dibagian bawah kotak dialog dan pilih tabel atau query yang digunakan sebagai sumber data form. Klik OK.Form akan muncul dan siap untuk entry data.

4 4 Membuat Form dengan Form Wizard (1) 1.Dari jendela Database, klik tipe objek Forms. 2.Klik dua kali Create Form by Using Wizard. Form Wizard akan terbuka.

5 5 Membuat Form dengan Form Wizard (2) 3.Dari daftar drop-down Tables/Queries, pilih tabel untuk memilih field (secara default tabel pertama dalam urutan alpabetik akan dipilih). 4.Klik satu field dalam daftar Available Field yang ingin dimasukkan dalam form, kemudian klik tombol > untuk memindahkannya ke daftar Selected Fields. 5.Ulangi langkah 4 sampai semua field yang ingin dimasukkan sudah dipilih. Jika user ingin memasukkan field dari tabel atau query lain, kembali ke langkah 3.

6 6 Membuat Form dengan Form Wizard (3) 6.Klik Next untuk melanjutkan. Pilih layout yang diinginkan; Columnar, Tabular, Datasheet atau Justified. Klik salah satu yang diinginkan, kemudian klik OK. 7.User akan diminta memilih sebuah style. Klik masing-masing style pada daftar untuk melihat bentuk style. Klik Next setelah dipilih salah satu. 8.Ketik judul Form pada kotak teks di bagian atas kotak dialog. 9.Klik tombol Finish. Form akan muncul, siap untuk di entry data.

7 7 Membuat Form dengan Design View (1) 1.Dari jendela Database, klik objek Forms. 2.Klik tombol New. Kotak dialog Form akan muncul. 3.Klik Design View 4.Pilih tabel/query dari kotak daftar drop- down. 5.Klik OK. Jendela Form Design akan muncul. Pilih Design View Pilih tabel / query yang akan dijadikan Forms

8 8 Membuat Form dengan Design View (2) Layar Design Form Field List Toolbox Pada pelajaran berikutnya, kita akan belajar menambahkan area di samping Detaill


Download ppt "1 Membuat Form Pertemuan 04 Matakuliah: F0712 / Lab MS Access Tahun: 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google