Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB1-5. Istilah komputer berasal dari kata compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB1-5. Istilah komputer berasal dari kata compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika."— Transcript presentasi:

1 BAB1-5

2 Istilah komputer berasal dari kata compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika hitungan. Jadi, segala sesuatu yang dilakukan oleh komputer, baik yang ditampilkan pada layar monitor, suara, gambar, dan lain-lain diolah sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik. Komputer berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi, dan untuk kontrol peralatan. Awalnya, komputer merupakan peralatan yang mahal dan berukuran besar. Akhirnya, muncullah suatu komputer yang lebih kecil dan dirancang untuk digunakan oleh satu userdengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Komputer seperti ini yang disebut dengan Personal Computeratau disingkat dengan PC. Akhir-akhir ini telah diciptakan pula mobile PC yang sering dikenal dengan notebookatau laptop. Komputer ini mudah dibawa dan dipindahkan (mobile).

3 Laptop merupakan mikrokomputer yang mempunyai fungsi dan proses kerja hampir sama dengan komputer rumahan atau Desktop PC. Perbedaan yang paling mendasar adalah laptop dapat digunakan di mana saja, sedangkan Desktop PC harus digunakan pada tempat yang memungkinkan adanya arus listrik. Kedua jenis komputer ini merupakan sarana teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah informasi atau melakukan komunikasi. Dengan adanya teknologi komputer memungkinkan seseorang melakukan komunikasi jarak jauh dengan orang lain atau biasa disebut telekomunikasi. Saat ini teknologi penyampaian informasi tidak hanya melalui bahasa saja, namun sudah berkembang menjadi informasi yang berupa gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar tersebut dapat dibawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu, informasi yang ada akan ber-tahan lebih lama. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi.

4 Etika adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab (Kamus Besar Bahasa Indonesia, WJS Poerwodarminto: 2003). Etika berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu “ethikos”, yang berarti “timbul dari kebiasaan”. Etika merupakan satu set kepercayaan, standar atau pemi- 132 Teknologi Informasi dan Komunikasi 1 kiran yang mengisi suatu individu, kelompok, atau masyarakat. Etika dan moral sangat diperlukan dalam menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Moral adalah tradisi kepercayaan mengenai perilaku benar atau salah. Moral menjadi institusi sosial dengan suatu sejarah dan daftar peraturan. Aspek benar dan salah berhubungan sangat erat dan terangkum dalam jenis norma hukum yang ada dalam masyarakat. Moral dalam penggunaan teknologi komputer menuntun kepada tindakan yang tidak merugikan orang lain, misalnya tidak menjiplak karya cipta baik secara langsung maupun tidak langsung.

5 Sistem Operasi Komputer

6

7 Setting peripheral adalah suatu cara untuk mensetting atau mendesain peralatan-peralatan tambahan, misalnya printer, monitor, dekstop, screen saver, dan setting regional.


Download ppt "BAB1-5. Istilah komputer berasal dari kata compute, yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google