Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VISI DAN MISI VISI  Menjawab ingin menjadi apakah kita? Pernyataan Visi harus dibuat pertama dan paling utama. Pernyataan Visi haruslah singkat sebaiknya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VISI DAN MISI VISI  Menjawab ingin menjadi apakah kita? Pernyataan Visi harus dibuat pertama dan paling utama. Pernyataan Visi haruslah singkat sebaiknya."— Transcript presentasi:

1 VISI DAN MISI VISI  Menjawab ingin menjadi apakah kita? Pernyataan Visi harus dibuat pertama dan paling utama. Pernyataan Visi haruslah singkat sebaiknya dalam satu kalimat, dibuat berdasarkan masukan dari sebanyak mungkin manajer.

2 CONTOH PERYATAAN VISI US Geological Survey (USGS) Menjadi pelopor dunia dalam berbagai ilmu pengetahuan alam melalui keunggulan ilmiah dan ketanggapan kami terhadap kebutuhan – kebutuhan masyarakat.

3 MISI Menjawab apakah bisnis kita ? Pernyataan misi yang efektif memiliki kriteria sebagai berikut : 1. Tidak terlalu panjang (kurang dari 200 kata) 2. Membangkitkan perasaan dan emosi yang positif terhadap organsisasi. 3. Menimbulkan semangat bagi pembacanya untuk bertindak 4. Menimbulkan kesan perusahaan tersebut sukses 5. Mencerminkan arah dan strategi pertumbuhan di masa depan

4 KOMPONEN PERNYATAAN MISI 1. Pelanggan ; siapakah para pelanggan perusahan? 2. Produk atau jasa ; Apakah produk atau jasa utama perusahaan? 3. Pasar ; Secara geografis dimanakah perusahan bersaing? 4. Teknologi ; Apakah perusahaan memiliki teknologi terkini? 5. Perhatian terhadap keberlangsungan hidup, pertumbuhan dan keuntungan ; Apakah perusahaan berkomitmen terhadap pertumbuhan dan keuangan yang sehat ?

5 KOMPONEN PERNYATAAN MISI 6. Filsafat ; Apakah keyakinan, nilai-nilai, cita-cita, dan prioritas etis dasar perusahaan? 7. Konsep Diri ; Apakah kompentensi perusahaan yang mencolok atau keunggulan kompetitif utamanya? 8. Perhatian terhadap citra publik ; Apakah perusahaan tanggap terhadap persoaln-persolan sosial, komunitas, dan lingkungan? 9. Perhatian terhadap karyawan ; Apakah para karyawan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan ?

6 CONTOH 9 KOMPONEN MISI 1. PELANGGAN  Kami yakin bahwa tanggung jawab utama kami adalah terhadap para dokter, perawat, pasien, ibu dan semua yang menggunakan produk dan jasa kami ( Johnson & Johnson ). 2. PRODUK ATAU JASA  Produk – produk utama AMAX adalah molibdenum,batu bara,biji besi, tembaga, timbal,seng, minyak bumi, dan gas alam, kalium, fosfat, nikel, tungsten,perak, emas dan magnesium (AMAX Engineering Company ). 3. PASAR  Fokus kami adalah pada pasar Amerika utara, walaupun peluang – peluang global akan terus dijajaki (Blockway ).

7 LANJUTAN 9 KOMPENEN MISI 4. TEKNOLOGI  Kami terus – menerus berusaha untuk memenuhi pilihan – pilihan dari para perokok dewasa dengan mengembangkan teknologi yang mempunyai potensi untuk mengurangi resiko kesehatan yang terkait dengan merokok ( RJ Reynold ). 5. PERHATIAN TERHADAP KEBERLANGSUNGAN HIDUP, PERTUMBUHAN DAN KEUNTUNGAN.  Dalam hal ini, perusahaan akan menjalankan usahanya secara hati – hati dan akan memberikan keuntungan dan pertumbuhan yang akan menjamin keberhasilan hoover yang tertinggi (Hoover Universal ).

8 LANJUTAN 6. FILSAFAT  Keterdepanan kami di dunia ditujukan bagi filsafat manajemen yang lebih mementingkan manusia daripada keuntungan ( Kellogg ). 7. KONSEP DIRI  Crown Zellerbach berkomitmen untuk melampaui persaingan yang berlangsung sekarang ini dalam waktu 1000 hari dengan mendorong kemampuan konstruktif dan kreatif serta energi setiap karyawannya ( Crown Zellerbach ).

9 LANJUTAN 8. PERHATIAN TERHADAP CITRA PUBLIK  Untuk turut berkewajiban melindungi lingkungan ( Dow Chemical ). 9. PERHATIAN TERHADAP KARYAWAN  Untuk mengkompensasi para karyawan dengan gaji dan tunjangan tambahan yang kompetitif dibandingkan dengan peluang – peluang pekerjaan di daerah tersebut serta sepadan dengan kontribusi mereka terhadap efisiensi operasi perusahaan ( Public service electric & gas Company ).

10 VISI DAN MISI UNIJA VISI  TERWUJUDNYA UNIVERSITAS WIRARAJA SEBAGAI UNIVERSITAS YANG UNIVERSAL, BERKARYA ILMIAH DAN BERBASIS RISET. MISI 1. MELAKSANAKAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN YANG BERKUALITAS 2. MELAKSANAKAN PENELITIAN DAN PUBLIKASI YANG PROFESIONAL UNTUK MENGEMBANGKAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI 3. MELAKSANAKAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SESUAI KEBUTUHAN PEMBANGUNAN KABUPATEN SUMENEP

11 FALSAFAH PERUSAHAAN (COMPANY PHILOSOPHY) Menentukan perusahaan dalam menyelesaikan setiap masalah yang timbul serta menjadi bimbingan dalam beraktifitas sehari-hari Falsafah perusahaan sering juga disebut Kredo Contoh : - Falsafah perusahaan merk Nasional dan Panasonic  Pohon Pisang Falsafah perusahaan Matsushita  Air Falsafah perusahaan Mc Donald’s  Kualitas, pelayanan, kebersihan, dan nilai


Download ppt "VISI DAN MISI VISI  Menjawab ingin menjadi apakah kita? Pernyataan Visi harus dibuat pertama dan paling utama. Pernyataan Visi haruslah singkat sebaiknya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google