Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEAMWORK DALAM KEPERAWATAN PALLIATIF. ISI PEMBAHASAN Definis Teamwork Kekhususan Tim Palliatif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEAMWORK DALAM KEPERAWATAN PALLIATIF. ISI PEMBAHASAN Definis Teamwork Kekhususan Tim Palliatif."— Transcript presentasi:

1 TEAMWORK DALAM KEPERAWATAN PALLIATIF

2 ISI PEMBAHASAN Definis Teamwork Kekhususan Tim Palliatif

3 DEFINISI………. Definisi Perawataan Paliatif yang diberikan oleh WHO pada tahun 2005 bahwa perawatan paliatif adalah sistem perawatan terpadu yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup, dengan cara meringankan nyeridan penderitaan lain, memberikan dukungan spiritual dan psikososial mulai saat diagnose ditegakkan sampai akhir hayat dan dukungan terhadap keluarga yang kehilangan/berduka.

4 Hospice care adalah perawatan pasien terminal (stadium akhir) dimana pengobatan terhadap penyakitnya tidak diperlukan lagi. Perawatan ini bertujuan meringankan penderitaan dan rasa tidaknyaman dari pasien, berlandaskan pada aspek bio-psiko-sosial- spiritual.(Hospice Home Care, 2011 )

5 TUJUAN HOSPICE CARE Meringankan pasien dari penderitaannya Memberikan dukungan moril, spirituil maupun pelatihan praktis dalam hal perawatan pasienbagi keluarga pasien dan pelaku rawat. Memberikan dukungan moril bagi keluarga pasien selama masa duka cita.

6 RUANG LINGKUP PELAYANAN HOSPICE CARE Pasien yang tinggal di daerah pedalaman Pasien dengan Ca,heart disease,AIDS,kidney dan lung disease Pasien di nursing home Pasien yg tinggal sendirian

7 DEFINISI TEAMWORK Teamwork atau yang disebut sebagai tim kerja adalah satu kumpulan anggota yang tergabung menjadi satu untuk menjalankan tujuan yang sama. Dalam hal ini teamwork adalah satu kumpilan ahli medis yang bekerja untuk mmberikan perawatan paliatif pada klien yang membutuhkan. Tim paliatif terdiri atas tim terintegrasi, antara lain dokter, perawat, psikolog, ahli fisioterapi, pekerja sosial medis, ahli gizi, rohaniawan dan relawan.

8 Tim tersebut harus berpijak pada pola dasar yang digariskan oleh WHO yaitu: Meningkatkan kualitas hidup dan menganggap kematian sebagai proses yang normal. Tidak mempercepat dan menunda kematian klien Menghilangkan nyeri dan keluhan lain yang mengganggu. Menjaga keseimbangan psikologis dan spiritual. Berusaha agar klien yang sakit tetap sakit sampai akhir hayatnya. Berusaha mambantu mengatasi suasana duka cita keluarga klien.

9 KEKHUSUSAN TIM PALLIATIF Profesi setiap anggota tim telah dikenal cakupan dan lingkup kerjanya. Para profesional ini bergabung dalam satu kelompok kerja. Secara bersama, mereka manyusun dan merancang tujuan akhir perawatan, melakukan langkah tujuan pendek. Bila perlu, kepemimpinan dapat terbagi di antara anggota tim, bergantung pada kondisi yang paling diperlukan oleh pasien lanjut tua. Tim adalah motor penggerak semua kegiatan pasien. Proses interaksi adalah kunci keberhasilan.

10 Tim harus mampu mengupayakan dan menjamin agar pasien lanjut usia mendapat pelayanan seutuhnya yang mencakup bio-psiko-sosio-kultural dan spiritual. Artinya, tidak ada anggota tim yang menjadi primadona. Pemimpin tim dibantu anggotanya harus berusaha keras untuk mencapai tujuan perawatan.Kerjasama yang erat antara anggota tim perawatan paliatif dengan keluarga pasien dirasakan sebagai kebutuhan utama yang saling mendukung kelancaran perawatan, Dukungan keluarga saat masa sulit sangat penting yaitu: Pada saat perawatan Pada saat mendekati kematian Pada saat kematian Pada saat masa duka

11


Download ppt "TEAMWORK DALAM KEPERAWATAN PALLIATIF. ISI PEMBAHASAN Definis Teamwork Kekhususan Tim Palliatif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google