Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CREATED BY NOFRIL ZENDRIADI. PENGERTIAN WINDOWS EXPLORER Windows Explorer merupakan suatu program aplikasi windows yang digunakan untuk mengoperasikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CREATED BY NOFRIL ZENDRIADI. PENGERTIAN WINDOWS EXPLORER Windows Explorer merupakan suatu program aplikasi windows yang digunakan untuk mengoperasikan."— Transcript presentasi:

1 CREATED BY NOFRIL ZENDRIADI

2 PENGERTIAN WINDOWS EXPLORER Windows Explorer merupakan suatu program aplikasi windows yang digunakan untuk mengoperasikan dan mengatur suatu driver, folder, maupun file. Dengan menggunakan Windows Explorer, Anda dapat melihat secara lengkap isi dan hirarki dari suatu drive, folder, dan seluruh file yang ada pada setiap folder.

3 CARA MENGGUNAKAN WINDOWS EXPLORER  Klik Start.  Kemudian pilih dan klik pada All Program.  Selanjutnya klik pada Accessories.  Berikutnya klik pada pilihan Windows Explorer.

4 MEMBUAT FOLDER 1. Melalui desktop, klik kanan pilih New Folder. 2. Melalui Windows Explorer, caranya adalah sebagai berikut. 1) Klik menu File kemudian pilih New. 2) Kemudian, arahkan pointer ke Folder dan klik.

5 MENGUBAH TAMPILAN FOLDER  Langkah – langkah mengubah tampilan folder : Pada jendela Explore klik menu View. Kemudian, pilih dan klik salah satu perintah berikut. Large icon Small icon List Details Thumbnails

6 MENGUBAH URUTAN TAMPILAN FOLDER  Klik menu View.  Klik dan pilih Arrange Icon by.  Klik pada pilihan ),

7 MEMILIH FILE Untuk memilih beberapa file dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. File yang letaknya berurutan dapat dipilih dengan mengklik file awal dan selanjutnya Anda tekan tombol Shift pada keyboard dan tahan, kemudian klik file akhir yang Anda pilih. Selanjutnya, file-file yang telah Anda pilih akan terblok dengan warna hitam.

8 MEMANGGIL FILE File yang sudah dibuat dan disimpan di hardisk dapat dipanggil dengan cara klik Start, kemudian pilih Explore. Cari folder yang akan dibuka pada drive di mana file tersebut disimpan dan klik dua kali pada file tersebut.

9 MENGEDIT FILE Mengedit adalah mengubah atau membetulkan kesalahan isi file yang pernah dibuat. Untuk mengedit file dapat dilakukan setelah kita masuk pada program aplikasi yang digunakan.

10 MENYIMPAN FILE File yang sudah diedit atau dibuat dapat langsung disimpan, Caranya adalah : Klik menu file lalu pilih save atau bisa juga menggunakan klik dua kali pada ikon disket, atau menggunakan kombinasi tombol ctrl + S padakeyboard. Tentukan tempat atau lokasi penyimpanan, kemudian tulis nama file, setelah selesai klik tombol save.

11 MENGGANTI NAMA FILE Untuk mengganti nama file, lakukan langkah-langkah berikut. 1) Klik kanan pada ikon Start > pilih Explore. 2) Cari file pada drive di mana file tersebut disimpan. Setelah itu, lakukan klik kanan satu kali pada file tersebut kemudian pilih Rename. 3) Selanjutnya, tulis atau ganti dengan nama yang dikehendaki. Setelah itu, tekan tombol Enter pada keyboard.

12 MENGHAPUS FILE 1) Klik kanan pada nama file yang akan dihapus. 2) Klik pada pilihan Delete, di layar muncul kotak dialog sebagai berikut. 3) Klik tombol Yes untuk menghapus, klik pada pilihan No apabila menggagalkan.

13 MENAMPILKAN PROPERTI FILE Cara untuk menampilkan property file adalah sebagai berikut : 1) Aktifkan Windows Explorer, pilih ke folder di mana file berada. 2) Klik kanan pada file tersebut atau klik menu File 3) Pilih Property.

14 MEMFORMAT DISKET / FLASHDISK Langkah-langkah memformat disket/flash disk adalah sebagai berikut. a. Masukkan disket dalam floppy disk dan flash disk ke dalam USB. b. Klik kanan Start lalu pilih Explore. c. Cari drive A (untuk disket) dan removable (untuk flash disk). d. Klik kanan pada drive A (untuk disket) dan Removable (untuk flash disk) lalu klik Start untuk memulai pemformatan disk.

15 THANK YOU


Download ppt "CREATED BY NOFRIL ZENDRIADI. PENGERTIAN WINDOWS EXPLORER Windows Explorer merupakan suatu program aplikasi windows yang digunakan untuk mengoperasikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google