Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perilaku Kesehatan dan perubahannya. Menurut Blum, H.L. (1974) 4 Faktor yang berpengaruh pada kesehatan Keturunan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Kesehatan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perilaku Kesehatan dan perubahannya. Menurut Blum, H.L. (1974) 4 Faktor yang berpengaruh pada kesehatan Keturunan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Kesehatan."— Transcript presentasi:

1 Perilaku Kesehatan dan perubahannya

2 Menurut Blum, H.L. (1974) 4 Faktor yang berpengaruh pada kesehatan Keturunan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Kesehatan Hidup Perilaku Kesehatan Keterangan : makin banyak panah, makin kuat peranannya.

3 Perilaku ( Behaviour) A. Pengertian : Perilaku Manusia Hasil segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan sikap dan tindakan. Interaksi dengan lingkungan sosial

4 Perilaku menurut Benyamin Bloom (1908) Membagi perilaku ke dalam 3 kawasan (domain / ranah). 1. Kognitif(Cognitif Domain) → Pengetahuan. 2. Afektif (Affective Domain) → Sikap. 3. Psikomotor ( Phycomotor Domain) → Tindakan.

5

6 1.Pengetahuan Pengetahuan Merupakan hasil penginderaan terhadap sesuatu obyek tertentu. Terjadi melalui panca indera manusia. (Penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa, dan raba). Pengetahuan sebagian besar diperoleh dari/ melalui mata dan telinga (bersifat Covert Behaviour).

7 2. Sikap Merupakan reaksi/ respon yang masih tertutup dari seseorang terhadap suatu stimulus atau obyek. Manifestasi sikap tidak langsung dapat dilihat, tetapi hanya dapat ditafsirkan terlebih dahulu. Dari perilaku yang tertutup. Sikap merupakan kesediaan untuk bertindak, belum merupakan tindakan/ aktivitas. (konatif). Sikap merupakan kesiapan untuk berinteraksi terhadap obyek di lingkungan tertentu sebagai suatu penghayatan terhdap obyek. (bersifat Covert Behaviour).

8 Tindakan Merupakan Manifestasi dari pengetahuan dan sikap dalam kegiatan yang terlihat. (bersifat Overt Behaviour). Tindakan melibatkan aktivitas fisik

9 PERILAKU KESEHATAN Merupakan hasil dari segala macam pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya, khususnya yang menyangkut pengetahuan, sikap dan tindkannya yang berhubungan dengan kesehatan.

10 Mengubah perilaku manusia bukan suatu yang diturunkan begitu saja, melainkan harus dilakukan dengan : pendidikan atau penyuluhan sepanjang masa pendidikan atau penyuluhan sepanjang masa

11 Dalam usaha mengubah perilaku seseorang : agar orang tersebut perilakunya berubah secara benar, maka ia harus meliliki dulu suatu konsep yang dimengerti secara benar

12 Disinilah penyuluhan berperan penting dalam memberi pengetahuan atau menanamkan suatu konsep. Penyuluhan ini mengubah domain pengetahuan dan sikap, sehingga pada akhirnya seseorang dapat melakukan tindakan perubahan dengan benar.

13 Suatu contoh : Seorang ibu yang telah memperoleh penyuluhan dari Petugas Kesehatan tentang manfaat kapsul vitamin A bagi kesehatan mata anaknya, maka : pengetahuan ini akan membawa ibu untuk berfikir dan berusaha agar anaknya tidak menderita penyakit mata akibat kekurangan vitamin A. Dalam berfikir ini, komponen keyakinan, emosi mempengaruhi kehendak ibu untuk membawa anaknya ke Posyandu agar mendapat kapsul Vit.A.

14 TUGAS Buatlah contoh kasus dari permasalahan yang dihadapi di dalam masyarakat!


Download ppt "Perilaku Kesehatan dan perubahannya. Menurut Blum, H.L. (1974) 4 Faktor yang berpengaruh pada kesehatan Keturunan Pelayanan Kesehatan Lingkungan Kesehatan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google