Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Film Fungsi Dan Perubahannya oleh Nia Dinata. Kilas Balik Sinema -Pita film untuk merekam gambar bergerak ditemukan pada abad ke-19. -Sang penemu kaka.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Film Fungsi Dan Perubahannya oleh Nia Dinata. Kilas Balik Sinema -Pita film untuk merekam gambar bergerak ditemukan pada abad ke-19. -Sang penemu kaka."— Transcript presentasi:

1 Film Fungsi Dan Perubahannya oleh Nia Dinata

2 Kilas Balik Sinema -Pita film untuk merekam gambar bergerak ditemukan pada abad ke-19. -Sang penemu kaka beradik Lumiere mendokumentasikan kegiatan karyawan pabrik saat selesai berkerja. Lalu mereka memutarkan hasil positifnya di ruang gelap tertutup pada publik. Kemudian publik berbondong-bondong melihat dan menikmati gerak gerik antar sesama manusia

3 Sinema Kemudian Semakin Berkembang -Sinema semakin berpengaruh terhadap kehidupan sosial. -Suara ditemukan di awal abad ke-20 -Film berkembang struktur ceritanya. Dari hanya sekedar dokumenter menjadi bentuk drama, komedi, science fiction dsb.

4 Fungsi Film -Hiburan (escapism)

5 Fungsi Film -Medium pencatat sejarah

6 Fungsi Film -Alat propaganda politik

7 Fungsi Film -Sumber inspirasi

8 Fungsi Film -Alat perubahan sosial

9 Film Mengalami Perubahan Format -Layar lebar (sinema indoor) & layar tancap (sinema outdoor)

10 Film Mengalami Perubahan Format -Format TV (di rumah & alat-alat transportasi) -Format home video (Betamax, VHS, Laser Disc, VCD, DVD)

11 Film Mengalami Perubahan Format -Format menonton online (online TV, youtube, etc) yang dapat ditonton di komputer & gadget

12 Perubahan Format Berakibat -Pendistribusian film menjadi lebih luas -Film menjadi lebih mudah dijangkau masyarakat -Masyarakat dapat memilih format apa yang cocok, sesuai dengan waktu, dan ekonomi -Masyarakat dihadapkan dengan sangat banyak pilihan tontonan

13 Pengaruh Film Pada Kehidupan Masyarakat Di Dunia -Walaupun penemu film pertama kakak beradik Lumiere berasal dari Perancis dan sinema Perancis sangat kuat keberadaannya, Amerika lewat Hollywood menyadari kekuatan film dan dengan cepat mengembangkan teknologi, artistik dan kontennya. -Hollywood menjadi sebuah industri raksasa yang menguasai dunia dalam mengembangkan cerita visual lewat film.

14 Pengaruh Film Pada Kehidupan Masyarakat Di Dunia -Seluruh kebudayaan, patriotisme dan heroisme Amerika diterima oleh masyarakat dunia. -Tak dipungkiri Hollywood pun dikuasai oleh patriarki. Pengambilan keputusan tertinggi dari sinema dari mulai produser, sutradara, penulis dan aktor utama didominasi oleh pria. -Secara strategis dan terstruktur kaum minoritas di Amerika menyadari hal ini lalu mengedukasi diri mereka untuk bisa ikut mempengaruhi, menginspirasi dan merubah paradigma tentang hal-hal yang selama ini terepresi oleh kebudayaan patriarki.

15 Pengaruh Film Pada Kehidupan Masyarakat Di Dunia -Walaupun perjuangan mereka belum selesai, tapi masyarakat dunia bisa melihat dari Academy Awards dimana film-film yang mendapatkan penghargaan dari kaum-kaum minoritas yang menyuarakan kisah-kisah yang berhubungan dengan keadilan sosial, keadilan gender, keadilan RAS dsb.

16 Bagaimana di Indonesia? -Pendidikan film belum jadi fokus utama Pemerintah terutama di sekolah-sekolah dan universitas seni – budaya. -Kuliah film formal masih terbatas hanya ada di Jakarta saja. Hanya ada satu IKJ yang dimiliki Pemerintah Pemda DKI yang memiliki jurusan film dalam kurun waktu 3 tahun belakangan ini mulai dibuka universitas film seperti Binus, UMN dan SAE. -Jumlah fasilitas pendidikan film masih sangat minim bila dibanding populasi masyarakat.

17 Siasat Masyarakat Sipil / Masyarakat Film -Melakukan aktifitas yang dapat meningkatkan budaya menonton film yang baik bagi masyarakat seperti, roadshow keliling kampus dan sekolah-sekolah menonton film dan diskusi. Pemutaran Film “Tanah Mama” di acara Insomnia SMA 60 di SAE Institute yang disertai diskusi

18 Siasat Masyarakat Sipil / Masyarakat Film -Membuat festival film lokal maupun internasional dengan kurasi film yang berpihak pada kaum-kaum minoritas.

19 Siasat Masyarakat Sipil / Masyarakat Film Workshop Acting KidsFfest Workshop Dubbing KidsFfest -Melakukan aktifitas yang dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat seperti, membuat latihan film non formal yang melibatkan anak-anak dari umur 12 tahun sampai 18 tahun dan mahasiswa maupun peserta dewasa.

20 Siasat Masyarakat Sipil / Masyarakat Film -Membuat workshop bagi profesional muda yang memang sudah terjun ke dunia film baik secara langsung maupun tidak langsung. Kid Dok Workshop

21 Tantangan Yang Masih Harus Dihadapi -Kebiasaan menonton film yang baik dan pengetahuan yang diberikan pada pelatihan-pelatihan film belum menjamin bahwa kesadaran akan sosial justice, gender justice, dan racial justice akan tumbuh pada masing-masing individu pembuat film. -Pembuat film masih kesulitan dalam pendanaan terutama bagi cerita-cerita yang sifatnya tidak mainstream, kurang menghibur dan mengajak masyarakat Indonesia untuk berpikir.

22 Yang Sudah Pernah Dilakukan: -Pendistribusian film yang masih terbatas bagi film-film jenis ini. -Melalui Program Masterclass Project Change untuk pembuat film muda, selain pembekalan teknis membuat film kami juga memberikan pengetahuan mengenai gender equality dan social justice.

23 Yang Sudah Pernah Dilakukan: -Kami mengundang seluruh pembuat film di Indonesia untuk berkumpul melalui seleksi yang sangat ketat dan memberikan kesempatan untuk menceritakan tentang kekerasan dan ketidakadilan dari daerah masing-masing.

24 Yang Sudah Pernah Dilakukan: -Mereka dididik oleh pembuat film profesional baik dari Indonesia maupun luar negeri yang karya-karyanya fokus pada isue-isue tersebut.

25 Yang Sudah Pernah Dilakukan: -Mereka diberikan waktu untuk kembali ke daerah masing-masing untuk melakukan riset yang lebih dalam. -Setelah melakukan riset selama sebulan mereka diberikan kesempatan untuk kembali dan mempresentasikan ceritanya masing-masing. -Hasil riset dan cerita terbaik dipilih sebanyak tiga sampai lima untuk dibayari dan diproduseri seluruh pembuatannya.

26 Yang Sudah Pernah Dilakukan: -Mereka diberikan kesempatan untuk mengatur pendistribusian film melalui bioskop (bila memungkinkan) dan jalur-jalur ditribusi alternatif lainnya.


Download ppt "Film Fungsi Dan Perubahannya oleh Nia Dinata. Kilas Balik Sinema -Pita film untuk merekam gambar bergerak ditemukan pada abad ke-19. -Sang penemu kaka."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google