Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajamen Keuangan KSM. Komponen Kegiatan DAK SLBM & Sumber Pendanaan Komponen Kegiatan DAK SLBM & Sumber Pendanaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajamen Keuangan KSM. Komponen Kegiatan DAK SLBM & Sumber Pendanaan Komponen Kegiatan DAK SLBM & Sumber Pendanaan."— Transcript presentasi:

1 Manajamen Keuangan KSM

2

3 Komponen Kegiatan DAK SLBM & Sumber Pendanaan Komponen Kegiatan DAK SLBM & Sumber Pendanaan

4

5

6 BAGAN ORGANISASI KSM

7

8  Menerima dan menyimpan uang  Mengeluarkan/membayar tagihan sesuai dengan progres fisik.  Melakukan pengelolaan administrasi keuangan.  Melakukan penarikan kontribusi dari masyarakat berupa uang.

9 Menyusun realisasi pembukuan serta laporan pertanggungjawaban keuangan pada: 1)Tahap Konstruksi. Laporan keuangan mingguan untuk diumumkan (ditempel dipapan pengumuman/tempat strategis) sehingga dapat dilihat dengan mudah oleh masyarakat. Laporan keuangan bulanan yaitu laporan penggunaan dana sesuai format yang ditentukan untuk kemudian diserahkan kepada PPK sanitasi. 2)Pasca Konstruksi (Tahap Operasi dan Pemeliharaan). Laporan mingguan dan laporan bulanan yang diumumkan (ditempel dipapan pengumuman/tempat strategis) sehingga dapat dilihat dengan mudah oleh masyarakat.

10

11 Sumber Pendanaan DANA DAK DANA MASYARAKAT

12 Alur Penerimaan & Pengeluaran Dana Dana DAK Dana Masy. Sumber Dana Penerimaan -BUKU KAS -BUKU BANK Pembayaran Upah - Harian / Mingguan - Tenaga Terampil Pembelian Matrial Sewa Peralatan Penggunaan Dana Pengeluaran -BUKU KAS Pembelian Martrial = Setiap penerimaan dan pengeluaran dana Kas disertai dengan bukti Pembayaran Upah = Daftar Hadir Pekerja Laporan Rekapitulasi Keuangan KSM Rekapitulasi

13 1) Buku Kas Adalah buku yang mencatat transaksi penerimaan & pengeluaran uang. Setiap penerimaan dan pengeluaran dana Kas disertai dengan bukti yang ditanda tangani oleh yang menerima, mengeluarkan dan Ketua. 2) Buku Bank Adalah buku yang berisikan catatan mengenai transaksi melalui bank dan transaksi yang dilakukan oleh pihak bank yang tertulis di Buku Tabungan KSM. 3) Laporan Rekapitulasi Keuangan Dana Adalah laporan keuangan yang merupakan rangkuman/rekap keuangan dana secara menyeluruh yang mencakup Saldo Awal, Pengeluaran, Pemasukan, Pengeluaran dan Saldo Akhir.

14

15

16

17

18 BAGAN ORGANISASI KSM Pengelola/Operasi dan Pemeliharaan:

19 1. Iuran Pengguna:  Membicarakan tentang besarnya iuran pemanfaatan sarana.  Mengumpulkan iuran, membuat perencanaan belanja, membukukan dan melaporkan secara rutin. 2. Pengoperasian & Pemeliharaan  Mengoperasikan dan memelihara sarana fisik Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM).  Mengembangkan mutu pelayanan & jumlah sarana pengguna. 3. Penyuluhan Kesehatan  Melakukan kampanye tentang kesehatan rumah tangga dan lingkungan Tugas KSM Pengelola/Operasi dan Pemeliharaan:

20 Sumber Pendanaan Iuran Anggota (Iuran Wajib dan Iuran Sukarela) Restribusi penggunaan sarana Dana Swasta/Donor (Apabila ada) Sumbangan dari pihak lain yang tidak mengikat seperti bantuan pemda, CSR, sumbangan masyarakat, dll. dll

21 Alur Penerimaan & Pengeluaran Dana Iuran Wajib Iuran Sukarela Retribusi Sumbangan dll Buku Iuran Anggota Buku Kas Buku Bank Dokumen Penarikan Dana Bank - Rencana Penggunaan Dana Seksi O & P Bukti Penerimaan Kas Bukti Pengeluaran Kas Sumber Dana Seksi Usaha DanaBendahara

22 Format Laporan Keuangan 1) Daftar Anggota  buku yang memuat nama-nama (KK) pemanfaat sarana, alamat dan jumlah jiwa pemanfaat. (Format KSM. 1) 2) Buku Iuran Anggota  buku yang memuat nama-nama KK pemanfaat, dan jumlah iuran yang dibayar pada setiap periode tertentu. Dalam hal ini tergantung kesepakatan masyarakat. Pembayaran iuran bisa dilakukan dengan periode mingguan, bulanan atau triwulan, dll. (Format KSM. 2)

23

24

25 1) Buku Kas Adalah buku yang mencatat transaksi penerimaan & pengeluaran uang. Setiap penerimaan dan pengeluaran dana Kas disertai dengan bukti yang ditanda tangani oleh yang menerima, mengeluarkan dan Ketua. 2) Buku Bank Adalah buku yang berisikan catatan mengenai transaksi melalui bank dan transaksi yang dilakukan oleh pihak bank yang tertulis di Buku Tabungan KSM. 3) Laporan Rekapitulasi Keuangan Dana Adalah laporan keuangan yang merupakan rangkuman/rekap keuangan dana secara menyeluruh yang mencakup Saldo Awal, Pengeluaran, Pemasukan, Pengeluaran dan Saldo Akhir.

26

27

28

29 4) Rencana Penggunaan Dana Adalah rincian rencana pengeluaran berkenaan dengan operasional dan pemeliharaan sarana. Rencana penggunaan dana O&P ini dibuat agar ada acuan KPP dalam penggunaan dana O&P. Penyusunan rencana penggunaan dan O&P dibuat setelah adanya jadwal pelaksanaan pemeliharaan.

30


Download ppt "Manajamen Keuangan KSM. Komponen Kegiatan DAK SLBM & Sumber Pendanaan Komponen Kegiatan DAK SLBM & Sumber Pendanaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google