Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh Fathurrahmani, S.Kom Array. Merupakan variabel jamak, variabel yang mempunyai banyak elemen yang diacu dengan satu nama yang sama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh Fathurrahmani, S.Kom Array. Merupakan variabel jamak, variabel yang mempunyai banyak elemen yang diacu dengan satu nama yang sama."— Transcript presentasi:

1 Oleh Fathurrahmani, S.Kom Array

2 Merupakan variabel jamak, variabel yang mempunyai banyak elemen yang diacu dengan satu nama yang sama

3 Jenis Array Array berindex Array asosiatif Array multidimensi

4 Jenis Array Array berindex yaitu variabel yang array setiap elemennya diacu dengan menggunakan nomor elemen

5 Jenis Array Array asosiatif yaitu variabel yang array setiap elemennya diacu dengan menggunakan nama, berupa string atau pun nomor.

6 Nama Array, Index, dan Ukuran Array Array dapat dikatakan sebagai kumpulan kotak yang menulis satu nama, dengan setiap kotak memiliki nomer.

7 Nama Array Digunakan untuk mengacu array, Aturan penamaan array sama seperti penamaan variabel.

8 Index array dan ukuran array Index adalah nomer elemen suatu array Ukuran array adalah jumlah elemen yang dimiliki oleh setiap array Ukuran array dapat diperoleh dengan menggunakan fungsi count ($namaarray) atau sizeof($namaarray)

9 Deklarasi Array Pada php, array dan ukurannya tidak harus dideklarasikan terlebih dahulu.

10 Assigment Array Merupakan proses pengisian data kedalam array. Memasukkan data ke dalam array dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu 1. Assignment array dengan nomer elemen yang disebutkan 2. Assignment array dengan nomer elemen tidak perlu dituliskan 3. Assignment array dengan menyatakan elemen sebagai sebuah himpunan data

11 Assignment array dengan nomer elemen yang disebutkan

12 Assignment array dengan nomer elemen tidak perlu dituliskan

13 Menyatakan elemen sebagai sebuah himpunan data

14 Manipulasi Array Manipulasi array berarti melakukan proses pada isi array, seperti melakukan perubahan atau penukaran isi.

15 Menampilkan Array Menampilkan isi array sama dengan cara menampilkan isi variabel, akan tetapi untuk menampilkan isi array harus disertai dengan nomor elemen mana yang akan ditampilkan.

16 Array Asosiatif Array yang setiap elemennya tidak menggunakan nomer elemen tetapi menggunakan string.

17 Assignment Array Asosiatif Assignment Array Asosiatif ada dua cara yakni :

18 Array sebagai Himpunan Array dalam php dapat dianggap pula sebagai himpunan sehingga dapat memberikan operasi himpunan kepada array php.

19 Array sebagai Himpunan Operasi himpunan yang dapat dilakukan : 1. Union 2. Irisan 3. selisih

20 Union/Penggabungan Fungsi yang dapat digunakan adalah array_union() atau array_merge()

21 Irisan/Intersect Irisan dari dua buah himpunan digunakan untuk mengetahui isi yang sama dari dua buah himpunan Fungsi yang digunakan adalah array_intersect()

22 Selisih Mendapatkan isi satu himpunan yang tidak dimiliki oleh himpunan lain yang diselisihkan kepada himpunan pertama. Fungsi untuk melakukan operasi selisih adalah array_diff()


Download ppt "Oleh Fathurrahmani, S.Kom Array. Merupakan variabel jamak, variabel yang mempunyai banyak elemen yang diacu dengan satu nama yang sama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google