Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALTERNATIF PEMBIAYAAN DAN RESTRUKTURISASI PERUSAHAAN Sesi-10…. STIE Dewantara By Dewi Sri Wulandari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALTERNATIF PEMBIAYAAN DAN RESTRUKTURISASI PERUSAHAAN Sesi-10…. STIE Dewantara By Dewi Sri Wulandari."— Transcript presentasi:

1 ALTERNATIF PEMBIAYAAN DAN RESTRUKTURISASI PERUSAHAAN Sesi-10…. STIE Dewantara By Dewi Sri Wulandari

2 LEASING (KONTRAK SEWA/SEWA GUNA USAHA) LEASING adalah suatu cara dimana perusahaan dapat menggunakan suatu aktiva tanpa harus membelinya.  Pihak-pihak dan istilah yang ada di leasing adalah: 1. Lessor adalah pemilik aktiva 2. Lessee adalah pihak yang menyewa 3. Lease adalah kontrak sewa menyewa

3 LANJUTAN …  Saat ini, banyak masyarakat lebih memilih leasing dibandingkan dengan membeli tunai. Hal ini disebabkan oleh faktor kualitatif atau keunggulan yang dimiliki leasing, yaitu: 1. waktu lebih cepat 2. tanpa jaminan 3. terhindar dari risiko keusangan karena barang bisa ditukar 4. pembayaran lebih fleksibel yang dapat dipilih, yaitu: a. bayar dimuka dengan hak opsi b. bayar dimuka tanpa hak opsi c. bayar dibelakang tanpa hak opsi, atau d. bayar dibelakang dengan hak opsi

4 JENIS-JENIS LEASING  Sales and Leaseback adalah bentuk sewa yang pemilik aktiva (lessor) menjual aktivanya kepada perusahaan leasing dan bersamaan dengan itu dibuat kontrak sewa untuk menggunakan aktiva tersebut selama periode tertentu dengan syarat-syarat tertentu.  Operating/Service Leases adalah bentuk sewa yang memberikan jasa dibidang keuangan dan dibidang pemeliharaannya (biaya perawatan/pemeliharaan ditanggung lessor), bisa dibatalkan/ditukar dan tidak diamortisasi sepenuhnya.

5 LANJUTAN…  Financial/Capital Leases adalah suatu bentuk sewa yang tidak memberikan jasa pemeliharaan, tidak dapat dibatalkan dan harus diangsur penuh. Financial lease mirip dengan sale and leaseback, bedanya adalah dalam financial lease peralatan yang disewakan adalah baru dan lessor membelinya dari pabrik/distributor, bukan dari lessor.

6 ILLUSTRASI MEMBELIMENYEWA atau Cost of owning/borrowingCost of leasing Tingkat bunga PV cost of owning/borrowing PV cost of leasing Pilih cost yang lebih kecil

7 LANJUTAN…  NAL=net advantage to leasing =selisih antara PV cost of owning dengan PV cost of leasing =PV cost of owning – PV cost of leasing  Jika NAL > 0 = pilih leasing.

8 CONTOH SOAL 1 Sebuah perusahaan membutuhkan sebuah mesin seharga Rp ,- untuk itu dapat dipilih 2 alternatif, yaitu:  Membeli mesin tersebut dengan dana yang berasal dari pinjaman dengan jumlah Rp ,- dan biaya bunga 10%. Pinjaman tersebut akan dilunasi dalam waktu 5 tahun dengan jumlah angsuran yang sama besarnya setiap tahunnya. Umur mesin tersebut 5 tahun dan disusutkan dengan metode garis lurus  Menyewa mesin tersebut dengan biaya sewa Rp ,- per tahun. Diketahui pajak perseroan 40%

9 LANJUTAN…  Discount factor tahun 1 sampai ke 5 adalah sebagai berikut: 1. 0, , , , ,7473 PERTANYAAN: Mana yang lebih menguntungkan, membeli atau menyewa mesin tersebut?

10 10 AKHIR TAHUN Sisa Pokok Pinjaman Jumlah Pembayaran (Angsuran+Bunga) Bunga 10% (2) Angsuran (3) – (4) (1)(2)(3)(4)(5) JAWABAN: Membeli/memiliki – cost of borrowing A=Rp /PVIF 5 tahun 10% =Rp /3,7910 =Rp 5.276,- Schedule pembayaran utang adalah sebagai berikut:

11 11 Akhir Tahun Pembayaran Pinjaman Bunga*Depresiasi Taxshield {(3) +(4)} x 40% CF After Tax Discount Factor PV Cost of Borrowing (6)*(7) (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8) , ,9434 0,8900 0,8396 0,7921 0, JAWABAN: Cost of borrowing: *Depresiasi/tahun =Rp =Rp ,- 5

12 12 Akhir Tahun Pembayaran Pinjaman Pembayaran Sewa Setelah Pajak (2)(1-0,4) Discount Factor PV Cost of Leasing (3)*(4) (1)(2)(3)(4)(5) ,9434 0,8900 0,8396 0,7921 0, , LANJUTAN… Menyewa – cost of leasing: PV cost of leasing=pembayaran sewa setelah pajak x DF =Rp (1 – 0,4) x 4,2123 =Rp (0,60) x 4,2123 =Rp x 4,2123 =Rp ,-

13 CONTOH SOAL 2 Sebuah perusahaan membutuhkan dua mesin seharga Rp ,- Perusahaan tersebut dapat memilih satu diantara dua alternatif berikut:  Meminjam sebesar Rp ,- dengan tingkat bunga 5%/tahun yang harus dibayar selama 10 tahun yang besarnya pembayarannya per tahun sama, umur mesin tersebut 10 tahun, taksir punya nilai sisa Rp ,- biaya pemeliharaan Rp ,- per tahun. Depresiasi dengan metode garis lurus.  Menyewa mesin tersebut dengan biaya sewa Rp pertahun. PERTANYAAN: Mana yang lebih menguntungkan, memiliki mesin tersebut sendiri atau menyewa? Diketahui pajak perseroan 40% dan COC = 10%

14 JAWABAN:  Membeli/memiliki sendiri Besarnya pembayaran=PVat/PVIFA, 5% 10 tahun =Rp /,7217 =Rp Depresiasi=[(Rp )-( )]/10 =Rp

15 15 Akhir Tahun Sisa Pokok Pinjaman Jumlah Pembayaran Bunga 5% (2) Angsuran (3)-(4) (1)(2)(3)(4)(5) LANJUTAN… Schedule Pembayaran Utang (dalam Jutaan)

16 16 Akhir Tahun Pembayaran Pinjaman BungaDpr Biaya Pemeliha aan Tax Savi g [ ] x CF after Tax (3+5+6) Discount Factor PV Cost\ (7)(8) (1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)(9) ,9709 0,9426 0,9151 0,8885 0,8626 0,8375 0,8131 0,7894 0,7664 0, PV dari nilai sisa = 100*PVIF,10%, 10tahun = 100*0,3855(∑ 9) 760 JAWABAN:

17  Cost of Leasing PV cost of leasing=after tax payment [PVIFA, 3%, 10 tahun] =Rp (1 – 0,4)(9,5302) =Rp ,-  Simpulan: PV cost of borrowing > PV cost of leasing, sebaiknya perusahaan membeli/memiliki mesin tersebut.

18 OPTION OPTION adalah Kontrak atau perjanjian yang memberi hak kepada pemegangnya untuk membeli/menjual sesuatu aktiva dengan harga yang ditentukan terlebih dahulu untuk suatu jangka waktu tertentu.  Opsi digunakan perusahaan untuk menambah daya tarik dari penawaran surat utang.  Apabila membeli saham dengan memanfaatkan opsi maka harga yang dibayarkan atas selembar saham biasa tersebut disebut dengan istilah

19 LANJUTAN… Jenis-jenis opsi yang digunakan adalah sebagai berikut:  Call option/opsi beli, adalah opsi untuk membeli saham dengan harga tertentu dan selama jangka waktu tertentu.  Put option/opsi jual, adalah opsi untuk menjual selembar saham dengan harga tertentu dalam jangka waktu tertentu.

20 WARRANT WARRANT adalah Opsi yang diterbitkan perusahaan yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sejumlah tertentu saham perusahaan tersebut dengan harga yang telah ditentukan.  Umumnya warrant diberikan bersama-sama dengan obligasi dan hal itu digunakan untuk mendorong investor membeli obligasi jangka waktu panjang perusahaan dengan bunga yang lebih rendah dari seharusnya.

21 LANJUTAN…  Warrant akan digunakan jika akan jatuh tempo dan harga saham yang bersangkutan berada di atas harga penggunaan warrant (exercise price).

22 CONVERTIBLES CONVERTIBLES adalah Obligasi/saham preferen yang dapat ditukarkan dengan saham biasa sekehendak pemegang sekuritas tersebut.  Convertibles tidak memberikan tambahan dana dari perusahaan.  Convertibles tidak menghasilkan tambahan modal, hanya penggantian utang/saham preferen dengan saham biasa.

23 LEVERAGE BUYOUTS (LBOs) LEVERAGE BUYOUTS adalah Transaksi dimana saham perusahaan dimiliki publik (masyarakat luas) dibeli dengan menggunakan dana yang sebagian besar berasal dari utang sehingga mengakibatkan perusahaan tersebut menjadi milik perseorangan dan leverage sangat tinggi.  Seringkali manajemen perusahaan itu sendirilah yang melakukan LBO, caranya: para manajer perusahaan mendirikan suatu perusahaan baru yang equitynya dari manajer itu sendiri ditambah equity dari yayasan dana pensiun dan lembaga lainnya.

24 LANJUTAN…  Setelah dana tersedia, group management tersebut melakukan tawaran pengambilalihan (tender offer) untuk membeli saham publik (masyarakat umum).

25 MERGER MERGER adalah Penggabungan 2 (dua) perusahaan atau lebih menjadi 1 perusahaan. Merger dilakukan dengan lima dasar pemikiran, yaitu:  Sinergi  Pertimbangan pajak  Pembelian aktiva di bawah biaya penggantian  Diversifikasi  Mempertahankan pengendalian

26 LANJUTAN…  Merger defensif adalah merger yang dimaksudkan untuk membuat perusahaan lebih sulit. JENIS-JENIS MERGER:  Horizontal Merger adalah penggabungan dua perusahaan yang menghasilkan jenis produk/jasa yang sama.  Vertical Merger adalah penggabungan dua perusahaan antara industri hulu dan hilir.

27 LANJUTAN…  Congeneric Merger adalah penggabungan perusahaan yang bergerak pada industri yang sama, tetapi tidak ada hubungan pelanggan dan pemasok diantara keduanya.  Conlomerate Merger adalah penggabungan perusahaan dengan industri yang benar-benar berbeda.

28 THANK YOU See U Next Week….


Download ppt "ALTERNATIF PEMBIAYAAN DAN RESTRUKTURISASI PERUSAHAAN Sesi-10…. STIE Dewantara By Dewi Sri Wulandari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google