Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Akutagawa dan Karyanya Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: 2007 - Pertemuan ke 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Akutagawa dan Karyanya Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: 2007 - Pertemuan ke 5."— Transcript presentasi:

1 Akutagawa dan Karyanya Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: Pertemuan ke 5

2 Bina Nusantara Akutagawa Ryunosuke  Penulis Jepang era Taisho ( ), yang meraih pembaca di luar Jepang sangat banyak.  Hingga akhir hayatnya menulis lebih dari seratus cerpen.  Lahir dengan nama Ryunosuke di Irifunecho, Tokyo pada tanggal 1 Maret 1892 sebagai anak bungsu dari 3 bersaudara.

3 Bina Nusantara  Ayahnya, Nihara Toshizo.  Ibunya, Fuku.  Sekitar sembilan bulan setelah Akutagawa lahir, ibunya menjadi gila hingga kematiannya pada  Ryunosuke kemudian diadopsi oleh kakak ibunya, Akutagawa Michiaki.

4 Bina Nusantara  Pada bulan Juli 1927, di usia 35 tahun, Akutagawa tidak kuat lagi menanggung kelelahan mental dan fisik yang dipikulnya, sehingga nekat bunuh diri dengan menelan obat tidur secara overdosis.  Foto terakhirnya menunjukkan wajahnya yang kurus, mata sayu, dahi keriput, menunjukkan ekspresi putus asa.

5 Bina Nusantara  Tanda-tanda ia mengalami putus asa sebenarnya sudah terlihat jelas dalam Kappa, yang ditulis beberapa bulan sebelum kematiannya.  Narator ceritanya adalah seorang pasien sebuah rumah sakit jiwa yang berkeinginan menyingkirkan ketakutannya terhadap penyakit gila turunan, dan tokohnya yang bernama Tok, seorang pujangga depresif yang akhirnya melakukan bunuh diri.  Kedua tokoh ini dianggap oleh kritikus sastra sebagai potret diri Akutagawa.

6 Bina Nusantara Yabu no Naka  Menceritakan tentang kebohongan yang dilakukan oleh para tokoh cerita.  Semua kesaksian pelaku dalam cerita saling bertentangan satu dengan yang lainnya, sehingga sampai akhir cerita, tidak terungkap siapa pelaku pembunuhan tersebut.

7 Bina Nusantara Tokoh Dalam Yabu no Naka  Kanazawa Takehiro  Istri Takehiro  Tajomaru

8 Bina Nusantara Kumo no Ito  Menceritakan seorang penjahat besar bernama Kandata.  Sang Budha ingin menolong Kandata keluar dari neraka karena dalam hidupnya Kandata pernah berbuat satu kebaikan, yaitu dengan tidak menginjak seekor laba-laba di tengah jalan yang dilaluinya.  Sang Budha menulurkan benang laba-laba untuk Kandata, akan tetapi karena keserakahannya akhirnya ia kembali ke dalam neraka.


Download ppt "Akutagawa dan Karyanya Matakuliah: N0662 / Kesusastraan Jepang Kontemporer Tahun: 2007 - Pertemuan ke 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google