Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul ke: Fakultas Program Studi MANAJEMEN PUSAT DATA Kerangka kerja manajemen (POLC, POAC); Dokumen kebijakan, SOP dan instruksi kerja. 02 ILMU KOMPUTER.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul ke: Fakultas Program Studi MANAJEMEN PUSAT DATA Kerangka kerja manajemen (POLC, POAC); Dokumen kebijakan, SOP dan instruksi kerja. 02 ILMU KOMPUTER."— Transcript presentasi:

1 Modul ke: Fakultas Program Studi MANAJEMEN PUSAT DATA Kerangka kerja manajemen (POLC, POAC); Dokumen kebijakan, SOP dan instruksi kerja. 02 ILMU KOMPUTER Sistem Informasi Ir. Pranto Busono M.Kom.

2 Kompetensi 2 2 Mahasiswa mampu memahami kerangka kerja manajemen (POLC, POAC), praktek manajemen oleh manajer meliputi kebijakan, SOP dan instruksi kerja. Manajemen Pusat Data

3 Kerangka kerja manajemen (POLC, POAC) Manajemen Pusat Data ManajemenManajemen memiliki dasar prinsip POAC yaitu : -Planning -Organizing -Actuating -Controlling.

4 Planning Manajemen Pusat Data Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam planning atau perencanaan, di antaranya sebagai berikut: Perencanaan yang dibuat harus jelas maksud dan tujuanhya Program kerja dalam sebuah perencanaan harus bisa terukur dengan kemampuan. perencanaan tidak dibuat berdasarkan ketakutan yang berlebihan

5 Organizing Manajemen Pusat Data Organizing atau pengorganisasian pada prinsip manajemen adalah pengorganisasian semua sources yang dimiliki untuk mewujudkan rencana yang telah disusun untuk mencapai tujuan serta visi misiyang telah ditetapkan Fungsi pengorganisasian dalam prinsip manajemen, yakni untuk menentukan beberapa jenis komponen komunikasi dalam interaksi pada setiap SDM yang ada di dalamnya.

6 Organizing Manajemen Pusat Data Beberapa sistem pokok dalam jenis komunikasi yang harus dipahami oleh setiap orang yang ada di dalam sebuah organiasi adalah : komunikasi yang memiliki ketersambungan dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing personel dipahaminya peraturan garis-garis komunikasi penghubung antara satu personel dengan personel lain semakin tinggi jabatan yang diemban, semakin besar tanggung jawab yang dipikul

7 Actuating Manajemen Pusat Data -Actuating lebih cenderung kepada man atau people. -Actuating berarti memberi arahan, menggerakkan orang untuk melaksanakan aktivitas organisasi sesuai dengan tujuan yang diharapkan

8 Actuating Manajemen Pusat Data Dalam mengarahkan manusia, salah satu teori yang cukup terkenal adalah teori X dan Y dari Douglas McGregor yang menyatakan bahwa seorang karyawan selalu diasumsikan negatif dan positif

9 Teori X Manajemen Pusat Data -Kebanyakan karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan bekerja sesedikit mungkin dan mereka umumnya menentang perubahan. -Kebanyakan karyawan harus dibujuk, diajak, diberikan penghargaan, dihukum, dan diawasi untuk mengubah kelakuan mereka agar sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan organaisasi. -Kebanyakan karyawan ingin diberikan pengarahan oleh seorang manajer formal, dan di mana ada kesempatan mereka berusaha untuk menghindari tanggung jawab.

10 Teori Y Manajemen Pusat Data -Kebanyakan karyawan memiliki kapasitas untuk menerima tanggung jawab dan potensi untuk pengembangan diri dan perusahaan, tetapi manajemen melalui tindakan-tindakannya harus membuat mereka sadar tentang sifat-sifat tersebut. -Kebanyakan karyawan ingin memenuhi kebutuhan-kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan, dan kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri sendiri.

11 Controlling Manajemen Pusat Data Pelaksanaan kerja berada dalam sebuah mekanisme pengontrolan yang setiap saat bisa menentukan jenis prestasi kerja yang ditunjukkan Perusahaan dapat menjatuhkan sanksi atau imbalan secara objektif

12 Prosedur dan Instruksi Kerja Manajemen Pusat Data Prosedur Kerja adalah : Langkah-langkah (tata urutan) yang harus dilakukan sebagai pedoman bagi siapa saja yang akan melakukan pekerjaan tersebut secara terkendali dan konsiten. Fungsinya untuk menilai secara terus-menerus sehingga dapat diketahui kelemahan suatu sistem apakah disebabkan faktor manusia atau perubahan dalam sistem pelayanan.

13 Prosedur dan Instruksi Kerja Manajemen Pusat Data NoProsedur Instruksi Kerja 1 Menjelaskan urutan kerja suatu aktivitas secara umum Menjelaskan urutan kerja sub-aktivitas dengan lebih terperinci. 2 Menjelaskan WHAT, WHEN, WHERE, WHO, dan HOW Menjelaskan HOW TO DO (how many, how long, how to complete, dll). 3 Umumnya bersifat cross functional team Umumnya bersifat internal departemen atau seksi. 4 Suatu prosedur mewakili satu blok aktivitas yang ada pada business process mapping Blok aktivitas Instruksi Kerja sesuai dengan blok aktivitas prosedurnya. 5Prosedur merupakan referensi untuk membuat Instruksi Kerja Pembuatan Instruksi Kerja harus merujuk pada prosedur terkait.

14 Terima Kasih Ir. Pranto Busono M. Kom.


Download ppt "Modul ke: Fakultas Program Studi MANAJEMEN PUSAT DATA Kerangka kerja manajemen (POLC, POAC); Dokumen kebijakan, SOP dan instruksi kerja. 02 ILMU KOMPUTER."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google