Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS Perangkat keras computer Peralatan masukan Peralatan keluaran Perangkat lunak komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS Perangkat keras computer Peralatan masukan Peralatan keluaran Perangkat lunak komputer."— Transcript presentasi:

1 TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS Perangkat keras computer Peralatan masukan Peralatan keluaran Perangkat lunak komputer

2 SEKILAS TENTANG TEKNOLOGI KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan Sistem Komputer yang elemennya terdiri dari Hardware, Software dan Brainware Ketiga elemen sistem komputer tersebut saling berhubungan dan membentuk kesatuan Hardware : peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah Software : program yang berisi instruksi untuk melakukan pengolahan data Brainware : manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer

3 Penggolongan Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah 1.Komputer Analog 2.Komputer Digital 3.Komputer Hybrid Berdasarkan Penggunaannya 1.Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) 2.Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

4 Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya 1.Komputer Mikro (Micro Computer) 2.Komputer Mini (Mini Computer) 3.Komputer Kecil (Small Computer) 4.Komputer Menengah (Medium Computer) 5.Komputer Besar (Large Computer) 6.Komputer Super (Super Computer) Berdasarkan Generasinya : 1.Komputer Generasi Pertama ( ) 2.Komputer Generasi Kedua ( ) 3.Komputer Generasi Ketiga ( ) 4.Komputer Generasi Keempat (1979 – sekarang)

5 Komponen Perangkat Keras Input Device : perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data. Contoh : keyboard, mouse, Scanner, digital camera etc Output Device : perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Contoh : printer, plotter, monitor etc. I/O Ports : untuk menerima / mengirim data keluar sistem Central Processing Unit : otak sistem komputer dan memiliki dua bagian fungsi operasional yaitu Arithmatical Logical Unit sebagai pusat pengolah data dan Control Unit sebagai pengontrol kerja komputer

6 Memori, terbagi menjadi dua yaitu memori internal berupa Random Access Memory yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu dan Read Only Memory yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalahkan Data Bus : jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer Address Bus : untuk menandakan lokasi sumber / tujuan pada proses transfer data. Control Bus : untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.

7 Klasifikasi Perangkat Lunak Perangkat lunak secara umum dapat dibagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi Perangkat Lunak sistem terbagi menjadi 3 yaitu : a. Bahasa Pemrograman : perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang ke dalam format yang dapat dijalankan komputer misalnya : Visual Basic, Cobol etc b. Sistem Operasi : mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian misalnya : Dos, Linux, Windows etc c. Utility: Sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu. Contoh : pemeriksaan perangkat keras, memeriksa disket yang rusak Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang misalnya : Microsoft Office(Word, Excel, Access, Power point), Dac Easy Accounting etc


Download ppt "TEKNOLOGI KOMPUTER : TINJAUAN SEKILAS Perangkat keras computer Peralatan masukan Peralatan keluaran Perangkat lunak komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google