Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Diakronik Sejarah DISUSUN OLEH: KELOMPOK 4 Anggota: BELLA AMELIA Syifa Ramadhani IZZATUL MUNA Tara Dalila.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Diakronik Sejarah DISUSUN OLEH: KELOMPOK 4 Anggota: BELLA AMELIA Syifa Ramadhani IZZATUL MUNA Tara Dalila."— Transcript presentasi:

1 Diakronik Sejarah DISUSUN OLEH: KELOMPOK 4 Anggota: BELLA AMELIA Syifa Ramadhani IZZATUL MUNA Tara Dalila

2 Menurut Galtung, sejarah adalah ilmu diakronis berasal dari kata diachronich; ( dia dalam bahasa latin artinya melalui/ melampaui dan chronicus artinya waktu ). Diakronis artinya memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang. Sinkronis artinya meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu. Kronologi Kronologi adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Kronologi dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat, selain itu dapat juga membantu untuk membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat berbeda yang terkait peristiwanya. Pengertian Diakronik Sejarah

3 Cara berfikir diakronik Sejarah itu diakronis maksudnya me­manjang dalam waktu, sedangkan ilmu-ilmu sosial itu sinkronis maksudnya melebar dalam ruang. Sejarah mementingkan proses, sejarah akan membicarakan satu peristiwa tertentu dengan tempat tertentu, dari waktu A sampai waktu B. Sejarah berupaya melihat segala sesuatu dari sudut rentang waktu Pendekatan diakronis adalah salah satu yang menganalisis evolusi/perubahan sesuatu dari waktu ke waktu, yang memungkinkan seseorang untuk menilai bagaimana bahwa sesuatu perubahanitu terjadi sepanjang masa.

4 Contoh : Perkembangan Sarekat Islam di Solo, Terjadinya Perang Diponegaro, ; Revolusi Fisik di Indonesia, ; Gerakan Zionisme dan sebagainya.

5 Mendeskripsikan konsep ruang dan waktu Konsep Ruang Ruang adalah konsep yang paling melekat dengan waktu. Ruang merupakan tempat terjadinya berbagai peristiwa - peristiwa sejarah dalam perjalanan waktu. Penelaahan suatu peristiwa berdasarkan dimensi waktunya tidak dapat terlepaskan dari ruang waktu terjadinya peristiwa tersebut. Jika waktu menitik beratkan pada aspek kapan peristiwa itu terjadi, maka konsep ruang menitikberatkan pada aspek tempat, dimana peristiwa itu terjadi.

6 Konsep waktu Masa lampau itu sendiri merupakan sebuah masa yang sudah terlewati. Tetapi, masa lampau bukan merupakan suatu masa yang final, terhenti, dan tertutup. Masa lampau itu bersifat terbuka dan berkesinambungan. Sehingga, dalam sejarah, masa lampau manusia bukan demi masa lampau itu sendiri dan dilupakan begitu saja, sebab sejarah itu berkesinambungan apa yang terjadi dimasa lampau dapat dijadikan gambaran bagi kita untuk bertindak dimasa sekarang dan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Sejarah dapat digunakan sebagai modal bertindak di masa kini dan menjadi acuan untuk perencanaan masa yang akan datang

7 Keterkaitan Konsep Ruang dan Waktu dalam sejarah Konsep ruang dan waktu merupakan unsur penting yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu peristiwa dan perubahannya dalam kehidupan manusia sebagai subyek atau pelaku sejarah Segala aktivitas manusia pasti berlangsung bersamaan dengan tempat dan waktu kejadian 3. Manusia selama hidupnya tidak bisa dilepaskan dari unsur tempat dan waktu karena perjalanan manusia sama dengan perjalanan waktu itu sendiri pada suatu tempat dimana manusia hidup ( beraktivitas )

8 Selesai


Download ppt "Diakronik Sejarah DISUSUN OLEH: KELOMPOK 4 Anggota: BELLA AMELIA Syifa Ramadhani IZZATUL MUNA Tara Dalila."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google